Tema 1 Hidup Rukun
Sub 1 Hidup Rukun di Rumah
Pembelajaran 5 & 6
Tujuan Pembelajaran :
1.Dengan diberikan teks cerita berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat
menceritakan pengalaman menerapkan sila ketiga Pancasila di rumah
dengan bahasa yang santun.
2.Dengan diberikan kalimat yang mengandung ungkapan, siswa dapat
menuliskan makna ungkapan tersebut dalam kalimat yang santun.
3. Dengan diberikan cerita hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa
dapat menunjukkan perilaku di rumah yang sesuai sila keempat Pancasila
di rumah dengan benar.
4. Dengan diberikan cerita hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa
dapat menunjukkan perilaku di rumah yang sesuai sila kelima Pancasila
di rumah dengan benar.
5.Dengan diberikan gambar kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat
menyebutkan nilai tempat ratusan, puluhan, dan satuan bilangan tiga
angka dengan teliti.
Media dan Alat Pembelajaran
Teks cerita tentang hidup rukun
Gambar kubus satuan
Materi Ajar :
Menentukan pengamalan sila Pancasila yang sesuai dengan teks cerita.
Menceritakan pengalaman menerapkan sila ketiga di rumah.
Menjelaskan makna ungkapan dalam teks cerita tentang hidup rukun.
Dalam kehidupan sehari-hari kita sering melakukan kerja sama bersama anggota keluarga kita, seperti memasak bersama, merawat tanaman bersama, dan membersihkan rumah bersama. Kerja sama adalah melakukan suatu pekerjaan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Kerja sama adalah contoh penerapan Sila Ketiga.
Ayo Membaca
Udin dan Mutiara rukun dalam melakukan tugas-tugas di rumah.
Mereka mempunyai tugas membersihkan rumah dan halaman.
Bagaimana agar tugas itu dapat diselesaikan dengan baik?
Ayo Berdiskusi
Bacalah teks berikut!
Kebersihan rumah tempat tinggal Udin selalu terjaga.
Setiap anggota keluarga bertugas menjaga lingkungan rumah.
Udin dan Mutiara bertugas menjaga keindahan
halaman rumah.
Mereka melaksanakan tugas dengan cara bekerja sama.
Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring teks percakapan di bawah ini!
Ayah : Hari Minggu nanti kita akan berwisata.
Kalian ingin pergi ke mana?
Udin : Aku ingin pergi ke kebun binatang.
Mutiara : Bagaimana kalau ke pegunungan saja?
Ibu : Wah, ada dua pendapat nih. Mana yang akan kita pilih?
Udin : Liburan kali ini saya ingin ke kebun binatang.
Ayah : Mari kita ambil jalan tengah. Ada yang mau mengajukan usul?
Mutiara : Begini saja, saya punya usul. Liburan kali
ini kita pergi ke kebun binatang. Liburan
selanjutnya kita pergi ke pegunungan.
Udin : Kakak baik sekali. Maaf ya, Kak. Aku
sudah bicara terlalu keras tadi. Baik, aku
setuju.
Ibu : Itulah manfaatnya kalau persoalan
diselesaikan dengan kepala dingin.
Ayah : Kalian memang anak-anak yang hebat.
Tugas :
1. Ceritakan dengan singkat kebiasaan baik yang kamu lakukan berhubungan dengan sila ketiga Pancasila di rumah!
2. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar