Kelas : 2
Tema : 5 Pengalamanku
Subtema : 2 Pengalamanku di Sekolah
Pembelajaran : 1 & 2
Assalamualaikum anak-anak bu guru yang sholih sholihah kelas 2 C Good Morning😊 Bagaimana kabarnya hari ini?
Sebelum belajar, jangan lupa sholat dhuha dan murojaah ya nak.
Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut ini :
Alhamdulillah kemarin kita sudah mempelajari puisi, alat untuk mengukur panjang benda dan perilaku di rumah yang sesuai sila kedua. Perlu bu guru ingatkan kembali bahwa untuk mengukur benda yang berukuran kecil atau pendek seperti bingkai foto kita dapat menggunakan penggaris, namun jika bendanya berukuran besar atau panjang seperti tiang kipas angin atau pintu kita harus menggunakan meteran karena panjang bendanya melebihi panjang sebuah penggaris.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.Siswa dapat mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan benar.
2.Siswa dapat mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta tolong sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia dengan baik.
3.Siswa dapat mempraktikkan ungkapan santun dengan menggunakan kata “tolong” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan baik.
4.Siswa dapat menentukan konversi mengubah satuan panjang dengan tepat.
5.Siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila pertama Pancasila dengan tepat.
VIDEO PEMBELAJARAN :
https://www.youtube.com/watch?v=Itwq_Fgy5OU
https://www.youtube.com/watch?v=JN23jTMda08
Ringkasan Materi
Amatilah gambar berikut!
Sebutkan bahan untuk membuat hiasan vas bunga. Amatilah gambar berikut!
Biji-bijian untuk menghias vas bunga. Sebutkan biji-bijian yang digunakan.
Bahan untuk menghias vas bunga dengan biji bijian diantaranya yaitu : biji jagung, biji bunga matahari, biji padi, biji jeruk, biji kacang hijau. Serta lem dan sarung tangan.
Berikut ciri-ciri hiasan vas bunga
Menggunakan biji-bijian
Hiasan vas bunga mengikuti pola
Hiasan ditempel menggunakan lem
Menggunakan berbagai macam biji-bijian
Perpaduan biji-bijian menjadikan daya tarik
Alat ukur untuk menentukan panjang beda yaitu mistar/ penggaris dan materan.
Contoh untuk ngenghitung sentimeter ke meter ataupun sebaliknya yaitu :
100 cm = 1 m
Jadi 1 m = 100 cm
Beni dan teman-temannya melakukan gotong- royong. Gotong royong ini dilakukan di sekolah. Siti menyapu halaman. Dayu menyiram bunga. Edo mengelap kaca. Beni membantu guru memajang kaligrafi. Beni membantu guru membantu guru memajang kaligrafi
Pernahkah kamu melihat kaligrafi? Kaligrafi dapat mengingatkanmu kepada Tuhan. Mengingat Tuhan dapat juga dilakukan dengan berdoa. Berdoa merupakan perilaku yang sesuai sila pertama Pancasila.
Beni bekerja secara kelompok. Kelompoknya Beni sedang membuat hiasan vas bunga. Beni dan kelompoknya berdiskusi. Diskusi untuk menyelesaikan tugasnya. Dengarkan gurumu membacakan percakapan Beni! Buatlah pertanyaan sesuai teks percakapan!
Beni : “Dayu, adakah lem untuk melekatkan biji-bijiannya?”
Dayu : “Itu ada Beni! Ada di depan Udin” (sambil menunjuk biji-bijian).
Beni : “Udin, tolong ambilkan biji-bijian yang berwarna merah, ya!”
Udin : “Baiklah, Beni!”
Beni : “Terima kasih, Udin!”
Tugas :
Jawablah pertanyaan berikut!
Jawaban berdasarkan percakapan Beni.
1. Apa yang dilakukan Beni bersama teman-temannya?
Jawab: ................................................................
2. Apa yang ditanyakan Beni kepada Dayu?
Jawab: ................................................................
3. Beni telah meminta tolong kepada Dayu. Apa yang dikatakan Beni?
Jawab: ................................................................
4. 300 cm = ..... m
5. 7 m =............cm
Kirimkan foto tugasmu ke nomor whatsapp bu guru winda ya nak.
Hasil Pembelajaran :
Assalamualaikum wrb..🙏
BalasHapusTrimakasih materinya Bu Guru
Azka Maura Safina
Kls 2C no absen 07 hadir
Assalamualaikum terima kasih Bu guru
BalasHapusKei Areta Lova
Kls 2C o.absen 15 hadir