Materi Ajar Matematika

Senin, 21 Juli 2025

 

Hari/tanggal       : Selasa, 22-07-2025

Kelas : 2 C


Selamat pagi sholih sholiha bu guru kelas 2C. bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat dan semangat ya😊

Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah.

Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning

Media ajar: Video pembelajaran, Papan Nilai Tempat



CP :

  1. Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi  bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100. Peserta didik dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Mereka dapat melakukan operasi  penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak (pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat).

TP :
Membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.

ATP :
Peserta didik dapat membaca dan menulis bilangan cacah sampai 500 dalam bentuk angka dan kata.
Peserta didik dapat menentukan nilai tempat dari suatu angka dalam bilangan hingga 500.
  • Materi Matematika

  • Pengertian Bilangan Cacah

    Bilangan cacah adalah bilangan yang dimulai dari nol (0) dan terus bertambah satu per satu (1, 2, 3, 4, ...). Dalam materi ini kita akan belajar sampai bilangan 500.

    Menulis Bilangan dalam Bentuk Angka dan Kata

    Angka

    Kata

    12

    dua belas

    25

    dua puluh lima

    137

    seratus tiga puluh tujuh

    405

    empat ratus lima

    500

    lima ratus

    Contoh latihan:

    • Tulis angka:
      a. Dua ratus lima → 205
      b. Empat ratus tiga puluh satu → 431
    • Tulis kata:
      a. 56 → lima puluh enam
      b. 189 → seratus delapan puluh sembila

    LKPD Matematika 

    Materi: Bilangan Cacah 100–500 dan Nilai Tempat

    Petunjuk Pengerjaan:

    1. Amati daftar bilangan di bawah ini.
    2. Ubah setiap bilangan menjadi bentuk kata.
    3. Tentukan nilai tempat ratusan, puluhan, dan satuan dari setiap bilangan.
    4. Diskusikan bersama teman kelompokmu.
    5. Tulis hasil diskusi ke dalam tabel berikut.

    Daftar Bilangan:

    • 127
    • 384
    • 209
    • 451
    • 316
    • 298
    Refleksi :
    Berdasarkan pembelajaran hari ini diketahui bahwa sebagian besar peserta didik telah mampu mengetahui nilai tempat bilangan hingga ratusan namun beberapa masih kesulitan dalam menuliskan nama bilangannya. Oleh karena itu pada pertemuan sebelumnya materi ini akan diulas kembali.
    Dokumentasi :






    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

     
    FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS