Hari/tanggal : Selasa, 22-07-2025
Kelas : 2 C
Selamat pagi sholih sholiha bu guru kelas 2C. bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat ya😊
Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah.
Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
Media ajar: Video pembelajaran, Papan Nilai Tempat
CP :
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100. Peserta didik dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak (pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat).
Materi Matematika
Pengertian Bilangan Cacah
Bilangan cacah adalah bilangan yang dimulai dari nol (0) dan terus bertambah satu per satu (1, 2, 3, 4, ...). Dalam materi ini kita akan belajar sampai bilangan 500.
Menulis Bilangan dalam Bentuk Angka dan Kata
Angka | Kata |
12 | dua belas |
25 | dua puluh lima |
137 | seratus tiga puluh tujuh |
405 | empat ratus lima |
500 | lima ratus |
Contoh latihan:
- Tulis angka:
a. Dua ratus lima → 205
b. Empat ratus tiga puluh satu → 431 - Tulis kata:
a. 56 → lima puluh enam
b. 189 → seratus delapan puluh sembila
LKPD Matematika
Materi: Bilangan Cacah 100–500 dan Nilai Tempat
Petunjuk Pengerjaan:
- Amati daftar bilangan di bawah ini.
- Ubah setiap bilangan menjadi bentuk kata.
- Tentukan nilai tempat ratusan, puluhan, dan satuan dari setiap bilangan.
- Diskusikan bersama teman kelompokmu.
- Tulis hasil diskusi ke dalam tabel berikut.
Daftar Bilangan:
- 127
- 384
- 209
- 451
- 316
- 298
Tidak ada komentar:
Posting Komentar