Kelas : 2
Tema : 1 Hidup Rukun
Subtema : 4 Hidup Rukun di Masyarakat
Pembelajaran : 5-6
KD. : Bahasa Indonesia : 3.1, PPkN : 3.1 dan MTK 3.3
Good morning anak-anak bu guru yang sholih sholihah kelas 2 C serta mama papa 😊 Bagaimana kabarnya hari ini?
Sebelum belajar, jangan lupa sholat dhuha dan muroja'ah ya nak.
Silahkan ananda sekalian mendengarkan tausiyah berikut :
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan diberikan teks tentang hidup rukun di masayarakat, peserta didik dapat menyebutkan menggunakan kalimat penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dalam bentuk kalimat sederhana dengan bahasa yang santun.
2. Dengan diberikan teks cerita bergambar tentang hidup rukun di masyarakat, peserta didik dapat menunjukkan perilaku di masyarakat yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila dengan benar.
3. Dengan diberikan soal cerita, peserta didik dapat menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan dengan benar.
Perhatikan percakapan berikut ini!
Ayo Membaca
Bacalah pengalaman Udin di bawah ini!
Olahraga Bersama
Warga di sekitar rumahku akan berolahraga bersama. Kegiatan tersebut dilakukan di lapangan. Di perjalanan menuju lapangan, aku bertemu Made. Aku mengajak Made untuk ikut berolahraga. Namun, Made tidak bisa ikut. Made akan mengunjungi pamannya.
Tiba di lapangan, sudah banyak anak yang berkumpul. Mereka sedang melakukan pemanasan. Kami berolahraga dengan kompak. Kami senang berolahraga bersama.
Made menolak ajakan Udin dengan sopan. Sikap Made dan Udin menunjukkan kerukunan dan persatuan.
Menjaga persatuan dan kesatuan di masyarakat, sesuai dengan pengamalan sila ketiga Pancasila.
Tuliskan contoh pengamalan sila ketiga di masyarakat!
a. Berteman dengan teman dari berbagai suku
b. Bekerjasama menjaga keamanan lingkungan sekitar.. dan masih banyak lagi
Ayo Mengamati
Simaklah dongeng di bawah ini dengan cermat!
Kisah Jeje si Jerapah
Di padang rumput yang luas hiduplah sekelompok jerapah. Ada jerapah bernama Jeje dan Jojo.
Jeje bersifat sombong karena merasa tubuhnya paling tinggi. Jojo bersifat baik hati, tubuhnya tidak terlalu tinggi.
Pada suatu hari kakek jerapah meminta tolong pada Jeje dan Jojo. Kakek jerapah minta tolong diambilkan daun segar.
Namun, Jeje menolak, “ Tidak mau, Kek. Saya sedang repot.” Jojo dengan sekuat tenaga mengambil daun segar untuk kakek jerapah.
Suatu hari, Jeje mendapat kesulitan. Jeje jatuh, kakinya terjepit bebatuan. Teman-teman hewan lain tidak tega melihat Jeje kesulitan. Mereka menolong Jeje.
Akhirnya, Jeje sadar bahwa saling menolong antar teman itu penting.
Pada teks di atas terdapat kisah dua jerapah bernama jeje dan jojo. Siapakah jerapah yang memiliki sifat sombong ??
untuk menjawab pertanyaan dapat menjawab di kolom komentar postingan hari ini ya nak 👇
Dalam dongeng terdapat sikap gotong royong. Selain itu, terdapat sikap adil dalam menolong orang lain.
Sikap tersebut sesuai dengan pengamalan sila keempat dan kelima Pancasila!
Assalamu'alaikum ibu Winda
BalasHapusNama:Shenta Cahya Anggraini
No.absen:23
Hadir
Jawabannya:
-Hewan yang memiliki sifat sombong adalah Jeje
Assalamu'alaikum bu Winda
BalasHapusDAFFA ARESTIAN RAMADHAN
No.absen:5
Hadir
Jawabannya
-Hewan yang memiliki sifat sombong adalah Jeje
Assalamualaikum Bu
BalasHapusJian Barie Taufiqurrahman
Absen no 9
Hadir
Jerapah yang sombong itu bernama JEJE
Assalamualaikum bu
BalasHapusNama : Pratista Aisyah Azarine
Absen 20
Jawaban :jerapah sombong namanya jeje
Thania aurora malika salsabila
BalasHapusKelas 2c
No absen 26
Hadir
Jerapah yang sombong adalah jeje
Thania aurora malika salsabila
BalasHapusKelas 2c
Hadir
Jerapah yang sombong adalah jeje