Kelas : 1
Tema : 4 Keluargaku
Subtema : 3 Keluarga Besarku
Pembelajaran : 2&3
Good morning anak-anak Bu Guru yang sholih sholihah kelas 1 A serta Ayah Bunda 😊 Bagaimana kabarnya hari ini?
Pembelajarn 2
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan memperkenalkan keluarganya menggunakan pohon silsilah keluarga, siswa dapat memperkenalkan anggota keluarga besarnya dengan kosa kata yang baik dan benar.
2. Dengan memperkenalkan keluarganya menggunakan pohon silsilah keluarga, siswa mampu memperkenalkan anggota keluarga besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel pada buku siswa, serta mampu memperkenalkan anggota keluarga besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel pada buku siswa dengan baik dan benar.
Materi Pembelajaran: Berbicara didepan kelas memperkenalkan keluarga besar
MATERI
Ayo Mengamati
Amatilah dan dengarkan teks yang dibaca gurumu berikut
Keluarga Besar Bela
Keluarga besar bela berkumpul pada hari raya
Ada kakek dan nenek
Ada paman dan bibi
Ada juga sepupu sepupu bela
Semua berkumpul di rumah bela
Keluarga besar bela rukun
Semua saling menghormati
Semua saling menyayangi
Ayo Berlatih
Lengkapi kalimat berdasarkan teks di atas
1. Keluarga bela berhari raya di …………………..
2. Kakek datang dengan …………….
3. Paman dating dengan …………….
4. Keluarga besar bela hidup ……………
5. Semua saling ……………. dan ………………..
Ayo Membaca
Ikutilah guru membaca puisi berikut
Kakekku
Kakekku suka bercerita
Cerita kakek lucu sekali
Aku tertawa mendengar cerita kakek
Kakekku baik hati
Setelah bercerita
Kakek ajak kami bermain di taman
Kami senang berada dekat kakek
Ayo Berlatih
Susunlah kata berikut menjadi kalimat
Mulailah dari huruf yang dicetak tebal
1. Suka – kakek – bercerita
2. Kakek – lucu – cerita
3. Dengan – kakek – kami – di taman – bermain
4. Senang – kakek – dekat – kami
Ayo Bercerita
Apakah kakek dan nenekmu masih hidup?
Apa pekerjaan kakek dan nenek dahulu
Apa kamu sayang pada kakek dan nenek
Ceritakan
Kini Kutahu
Kakek dan nenek adalah kerabatku
Paman dan bibi juga kerabatku
Setiap daerah punya panggilan berbeda untuk keluarga dan kerabat
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca teks mengenai keluarga besar, siswa dapat menceritakan kegiatan bersama keluarga besarnya serta mampu menunjukkan penggunaan kosa kata ungkapan perkenalan keluarga besar dalam suatu kalimat dengan tepat dan percaya diri.
2. Dengan memilih kata yang tepat, siswa dapat menggunakan kosakata perkenalan dengan baik serta memperkenalkan anggota keluarga besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga besar secara tertulis dari gambar/foto anggota keluarga yang ditempel pada buku siswa dengan benar.
3. Dengan mengamati teks, siswa dapat melakukan pendataan kepada kedudukan keluarga besarnya dengan baik.
4. Dengan mengamati teks, siswa dapat menceritakan pengalaman mendata anggota keluarga di rumah berdasarkan kedudukannnya.
Materi Pembelajaran :
1. Bercerita pengalaman bersama keluarga besar
2. Menulis kata perkenalan
MATERI
Ayo Mengamati
Berkumpul Bersama Keluarga Besar
Udin rajin mengunjungi kakek dan nenek
Udin senang berkumpul dengan keluarga besar
Kakek dan nenek sudah tua
Tapi kakek dan nenek sehat
Udin sangat menyayangi kakek dan nenek
Udin bersyukur kepada Tuhan
Udin memiliki keluarga besar yang saling menyayangi
Ayo Mengamati
Udin sedang berkunjung ke rumah kakeknya
Di rumah kakeknya ada sebuah tali karet
Udin ingin tajhu berapa panjangnya
Udin mengukur tali karet dengan jengkal tangannya
Anggota tubuh kita bisa digunakan
untuk mengukur panjang suatu benda
Ayo Belajar
Kakek menginap di rumah bela
Kakek mau menanam bunga
Kakek suruh hadi mengukur taman
Sambil bermain bela dan hadi belajar mengukur
Bela dan hadi mengukur panjang dengan alat ukur berikut
Hadi mengukur jarak pohon ke rumah 7 langkah, dengan menggunakan langkak kaki
Bela mengukur panjang meja 8 jengkal, dengan menggunakan jengkal tangan
Ayo Jawab
1. Apakah alat ukur langkah dan jengkal dapat mengukur panjang sebenarnya?
2. Bila bela juga mengukur jarak pohon ke rumah dengan langkah kaki apakah hasilnya sama dengan hadi?
3. Bagaimana bila diukur dengan penggaris?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar