Kelas : 2 A
Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2A. bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat ya😊
Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.
Bahasa Indonesia
Elemen CP :
Membaca dan Memirsa
Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
Menulis
Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis berbagai teks tentang diri, keluarga, dan/atau lingkungan dengan beberapa kalimat sederhana.
Tujuan Pembelajaran :
Membaca
- Menyebutkan fungsi tanda baca titik.
Menulis
- Menuliskan kalimat dengan tanda baca titik dan huruf kapital.
- Menyimpulkan perasaan tokoh cerita.
- Menyampaikan pendapat terhadap cerita dengan mengaitkan pesan pada cerita dengan pengalaman pribadinya.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat menggunakan tanda baca titik dan huruf kapital dalam menulis kalimat dengan tepat.
Materi Pembelajaran :
PENGERTIAN TANDA BACA
Tanda baca adalah simbol yang nggak ada hubungannya sama suara, kata, atau frasa dalam suatu bahasa. Tanda baca itu sendiri berperan menunjukkan sebuah struktur tulisan, intonasi, dan jeda pada saat pembacaan.
PENGGUNAAN TANDA BACA TITIK (.)
1. Penanda Akhir Kalimat
Fungsi tanda titik yang paling umum dan paling banyak dipahami orang-orang ialah sebagai penanda pada akhir kalimat. Bukan kalimat seruan atau kalimat tanya. Kamu biasa memahaminya sebagai kalimat berita.
Contoh:
- Ayah baru saja berangkat ke Yogyakarta.
- Ida sudah menyelesaikan artikel tentang Ketimpangan Sosial kemarin.
2. Pemisah Angka pada Penanda Waktu (Jam, Menit, dan Detik)
Jarang diketahui, tanda titik juga dapat digunakan sebagai pemisah angka jam, menit, dan detik. Hal ini disebabkan tanda tersebut sering digantikan oleh titik dua (:)
Contoh:
- Pukul 06.05 (Pukul 6 lewat 5 menit)
- Pukul 10.18 (Pukul 10 lewat 18 menit)
Matematika
Elemen CP :
Bilangan
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.
Peserta didik membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat mengetahui susunan bilangan 3 angka, cara membaca, cara menulis dan memahami makna dari nilai tempat ratusan.
Alur Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik mampu mengetahui susunan bilangan 3 angka.
Peserta didik mampu memahami cara merepresentasikan bilangan melalui menuliskan lambang bilangan dengan angka 0 pada nilai tempat puluhan atau satuan.
Materi Pembelajaran :
Nilai tempat bilangan
Pada bilangan 235, angka 2 menempati nilai ratusan, angka 3 menempati nilai puluhan dan angka 5 menempati nilai puluhan.
Jadi bisa ditulis menjadi 200+30+5 = 235.
Lalu bagaimana jika nilai tempat satuan kosong, seperti gambar di bawah ini ?
Nilai tempat ratusan diisi sebanyak 200 buah kubus satuan, nilai tempat puluhan diisi sebanyak 30 buah, sementara nilai tempat satuan kosong. Jika seperti ini maka nilai tempat satuan diisi dengan 0.
Jadi, 200 + 30 + 0 = 230
dua ratus tiga puluh.
Begitu juga jika nilai tempat puluhan kosong dapat diisi seperti berikut:
200+0+5 = 205.
dua ratus lima.
Video Pembelajaran :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar