Kelas : 1
Tema : 8 Peristiwa Alam
Subtema : 2 Kemarau
Pembelajaran : 3-4
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran:
· Dengan membaca teks, siswa dapat menemukan ungkapan pemberian pujian lisan atau tulisan dengan tepat.
· Dengan bermain peran, siswa dapat memerankan ungkapan pujian lisan atau tulis dengan tepat.
· Dengan berlatih, siswa dapat mengidentifikasi persamaan/perbedaan berat benda dengan menggunakan alat ukur tidak baku berupa benda/ situasi konkret.
· Setelah berlatih, siswa dapat menentukan urutan berat benda berdasarkan hasil pengukuran menggunakan alat ukur tidak baku berupa benda/situasi konkret.
· Dengan presentasi, siswa dapat menyebutkan aturan dan mempresentasikan kegiatan di rumah yang berkaitan dengan aturan penggunaan air dan bersih.
Ayo Mendengarkan
Berbagi Air Saat Musim Kemarau
Saat musim kemarau air susah didapat
Sumur-sumur menjadi kering
Begitu pula dengan sumur pak Sabri
Sumur pak Sabri kekeringan
Pak Sabri mengambil air jauh ke hutan
Pak Kirun tetangga pak Sabri merasa iba
Pak Kirun izinkan pak Sabri ambil air di rumahnya
Pak Sabri ucapkan terima kasih
Pak Kirun adalah tetangga yang baik
Ayo Belajar
Sikap yang ditunjukkan Pak Kirun sesuai dengan sila kelima Pancasila
Sila kelima mengajarkan kita untuk mau menolong orang lain.
Ayo Mengamati Gambar
cara membuat timbangan (alat ukur berat) dari bahan sederhana yang ada di rumah
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran:
· Dengan berjalan di dalam sumber air/kolam, siswa dapat mempraktikkan pengenalan aktivitas dalam air.
· Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengungkapkan kalimat ajakan dan menuliskannya.
· Melalui tarian, siswa dapat mengidentifikasi dan memeragakan kombinasi gerak anggota tubuh sesuai dengan iringan musik.
Tugas
Bukalah buku cetak Tema 8 halaman 78. Kerjakan soal nomor 1-3 (tabel tidak usah ditulis) !
Kelas : 1
Tema : 8 Peristiwa Alam
Subtema : 2 Kemarau
Pembelajaran : 3-4
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran:
· Dengan membaca teks, siswa dapat menemukan ungkapan pemberian pujian lisan atau tulisan dengan tepat.
· Dengan bermain peran, siswa dapat memerankan ungkapan pujian lisan atau tulis dengan tepat.
· Dengan berlatih, siswa dapat mengidentifikasi persamaan/perbedaan berat benda dengan menggunakan alat ukur tidak baku berupa benda/ situasi konkret.
· Setelah berlatih, siswa dapat menentukan urutan berat benda berdasarkan hasil pengukuran menggunakan alat ukur tidak baku berupa benda/situasi konkret.
· Dengan presentasi, siswa dapat menyebutkan aturan dan mempresentasikan kegiatan di rumah yang berkaitan dengan aturan penggunaan air dan bersih.
Ayo Mendengarkan
Berbagi Air Saat Musim Kemarau
Saat musim kemarau air susah didapat
Sumur-sumur menjadi kering
Begitu pula dengan sumur pak Sabri
Sumur pak Sabri kekeringan
Pak Sabri mengambil air jauh ke hutan
Pak Kirun tetangga pak Sabri merasa iba
Pak Kirun izinkan pak Sabri ambil air di rumahnya
Pak Sabri ucapkan terima kasih
Pak Kirun adalah tetangga yang baik
Ayo Belajar
Sikap yang ditunjukkan Pak Kirun sesuai dengan sila kelima Pancasila
Sila kelima mengajarkan kita untuk mau menolong orang lain.
Ayo Mengamati Gambar
cara membuat timbangan (alat ukur berat) dari bahan sederhana yang ada di rumah
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran:
· Dengan berjalan di dalam sumber air/kolam, siswa dapat mempraktikkan pengenalan aktivitas dalam air.
· Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengungkapkan kalimat ajakan dan menuliskannya.
· Melalui tarian, siswa dapat mengidentifikasi dan memeragakan kombinasi gerak anggota tubuh sesuai dengan iringan musik.
Tugas
Bukalah buku cetak Tema 8 halaman 78. Kerjakan soal nomor 1-3 (tabel tidak usah ditulis) !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar