Materi B.I & Matematika

Minggu, 12 Januari 2025

 

Hari/tanggal       : Senin, 13-01-2025

Kelas : 2 A


Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2A 🙏 bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat dan semangat dalam belajar serta beribadah.

Alhamdulillah hari ini kita berjumpa kembali di hari Senin dalam keadaan sehat.

Pada pertemuan sebelumnya di pelajaran B.Indonesia kita telah mempelajari dua penggunaan tanda koma, apa sajakah itu?

Ya benar, tanda koma digunakan sebelum kata tetapi dan digunakan juga untuk memerinci beberapa unsur. Pada pertemuan ini anak-anak akan mengerjakan latihan soal tentang tanda koma.

Untuk pelajaran matematika, kita telah mempelajari konsep perkalian dan Bu Guru telah memberikan pekerjaan rumah untuk dikumpulkan dan kita bahas bersama pada pertemuan hari ini serta mengulas kembali konsep penulisan kalimat matematika pada perkalian.

BAHASA INDONESIA


Elemen :
Membaca dan Memirsa

TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menulis kalimat dengan menggunakan tanda baca koma.
Melalui menulis, peserta didik dapat mengategorikan kata kunci dari informasi pada pengatur grafis sederhana.

Metode Pembelajaran :

Metode Tanya jawab

Media / Alat peraga

Buku Cetak B.Indonesia Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.

Video pembelajaran 👇


Perbedaan dapat ditemukan pada banyak hal. Mulai dari bentuk tubuh, nama, kegemaran, hingga pendapat. Amatilah gambar di bawah judul bab. Temukan perbedaan pada masing-masing anak. Sekarang, perhatikan salah satu teman kalian. Apa saja perbedaan di antara kalian?

MEMBACA

Fabel adalah cerita dengan tokoh binatang. Dalam fabel, tokoh binatang berperilaku seperti manusia. Bacalah fabel “Rahasia Kaki Itik” bersama guru. Cerita ini disadur dari buku Rahasia Kaki Itik karya Supriyatin.


Ketika berjalan ke kolam, itik bertemu kawanan bangau. “Itik si kaki pendek dan kasar!” ejek bangau. “Lihatlah kaki kami yang ramping dan bersih!” Itik merasa sedih, tetapi hanya diam. 

Tak lama kemudian, itik bertemu elang.
Elang menggeleng iba.
“Cara jalanmu aneh karena kakimu berselaput.”
Itik melirik kaki elang.
Kaki elang kokoh, kuat, dan berkuku tajam.
Di tepi kolam, itik menatap kakinya.
“Mengapa kakiku tidak indah?” keluhnya sambil menangis.
Beberapa ayam asyik bermain di tepi kolam.
Salah satunya terpeleset dan tercebur.
“Tolong!” teriak ayam itu.

Itik segera melompat ke kolam.
Kakinya mengayuh dengan kuat.
Itik berhasil menyelamatkan ayam.
“Terima kasih, Itik,” ucap ayam.
“Untung saja kamu punya kaki istimewa.” 
Itik sadar kakinya berguna untuk berenang.
Itulah yang paling penting bagi seekor itik.
Itik berenang dengan riang.
Ia berjanji tidak akan lagi merasa minder.

Iba = kasihan /terharu
Minder = Rendah diri
Kawanan=Kumulan hewan sejenis

TANDA KOMA DIPAKAI SETELAH KATA "Tetapi"
TANDA KOMA DIPAKAI UNTUK MEMERINCI BEBERAPA UNSUR."kokoh,kuat"




Latihan :
Kerjakan soal berikut dengan tepat !

Matematika 

Elemen : Bilangan

Tujuan : Peserta didik dapat mengetahui cara penulisan kalimat matematika dalam perkalian

ATP : Peserta didik dapat mengetahui cara penulisan kalimat matematika dalam perkalian melalui latihan soal dengan cermat.

Metode Pembelajaran :

Metode Gambar, Diskusi, Tanya jawab, latihan soal

Media / Alat peraga

Tv, laptop, Video dan gambar 

Sumber Belajar :

Buku cetak Matematika Kelas 2 Kemendikbud dan Mediatama serta internet

Video Pembelajaran :


Hari ini kita akan belajar matematika materi perkalian. Adakah ananda yang sudah tahu tentang perkalian?

Perkalian adalah penjumlahan berulang; yaitu, perkalian dua bilangan sama dengan menjumlahkan sebanyak mungkin salinan salah satunya.

Misalnya, 4 dikalikan 3, ditulis sebagai  dan diucapkan sebagai "3 dikali 4", dapat dihitung dengan menambahkan 3 salinan dari 4 secara bersamaan:

Maka, 3 (pengganda) dan 4 (pengganda) adalah faktor, dan 12 adalah produk.

Salah satu sifat utama dari perkalian adalah sifat komutatif, yang menyatakan dalam hal ini bahwa menambahkan 3 salinan dari 4 memberikan hasil yang sama dengan menambahkan 4 salinan dari 3:

Dengan demikian penunjukan pengali dan pengali tidak mempengaruhi hasil perkalian

Perhatikan contoh berikut !


Banyak tempat ada 3, masing-masing tempat berisi 2 perahu maka bentuk perkaliannya adalah tempat dikali dengan isinya yaitu 3x2 = 6

Bentuk penjumlahannya tulis angka 2 sebanyak 3 kali, jadi 2+2+2 = 6.

Latihan :


Refleksi :
Berdasarkan pembelajaran hari ini dapat diketahui bahwa seluruh peserta didik telah mampu menuliskan kalimat matematika dari perkalian.

Dokumentasi :












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS