Materi B.I & Matematika

Minggu, 09 Februari 2025

 

Hari/tanggal       : Senin, 10-02-2025

Kelas : 2 A


Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2A 🙏 bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat dan semangat dalam belajar serta beribadah.

Alhamdulillah hari ini kita berjumpa kembali di hari Senin dalam keadaan sehat.

Pada pertemuan sebelumnya, Bahasa Indonesia kita telah belajar menyesuaikan rima pada pantun dan matematika kita telah belajar pecahan 1/2, 1/3, 1/4 melalui melipat dan menggunting kertas origami. Hari ini kita akan belajar untuk mengarsir gambar sesuai pecahan.

 BAHASA INDONESIA


TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat menjelaskan pesan penulis pantun melalui membaca pantun dengan tepat.

Peserta didik dapat melengkapi pantun melalui menulis pantun dengan tepat.

Metode Pembelajaran :

Metode Tanya jawab, diskusi, latihan

Media / Alat peraga

Buku Cetak B.Indonesia Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.

Video pembelajaran 👇
Peribahasa adalah kelompok kata atau kalimat yang memiliki arti tertentu.
Contoh :
1. Ada udang di balik batu artinya ada maksud yang tersembunyi.


Pantun adalah bentuk puisi lama Indonesia.
Setiap bait biasanya terdiri atas empat baris.
Keempat baris itu memiliki rima yang berpola a-b-a-b.
Bacalah contoh pantun berikut !


Untuk dapat membuat pantun, kita harus mengetahui kesamaan suku kata terakhir pada dua kata yang berbeda yang disebut dengan rima akhir sempurna seperti contoh berikut :

Latihan :

Matematika 

Elemen : Bilangan

Tujuan : Peserta didik dapat mengetahui pecahan 1/2, 1/3 dan 1/4 melalui mengarsir gambar.

Metode Pembelajaran :

Metode Gambar, Diskusi, Tanya jawab, latihan soal

Media / Alat peraga

Tv, laptop, Video dan gambar 

Sumber Belajar :

Buku cetak Matematika Kelas 2 Kemendikbud dan Mediatama serta internet

Video Pembelajaran :


Pecahan adalah bagian dari keseluruhan.
Sebuah benda utuh contohnya seperti kue atau martabak dapat dipotong menjadi dua bagian sama besar.
Setiap potongannya bernilai setengah atau 1/2.


Pecahan setengah dapat dibuat dari kertas origami. Ikuti langkah-langkah di bawah ini !


Jika benda utuh lainnya dipotong menjadi 3 bagian sama besar, maka setiap potongnya bernilai sepertiga atau 1/3 dan begitu pula jika sebuah benda dipotong menjadi empat bagian sama besar maka setiap potongnya bernilai seperempat atau 1/4.

Latihan :

Refleksi :
Berdasarkan pembelajaran hari ini peserta didik telah mampu mengarsir gambar sesuai pecahannya.
Dokumentasi :

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS