Materi Ajar Kamis, 14-08-2025 Matematika

Rabu, 13 Agustus 2025

 

Hari/tanggal       : Kamis, 14-08-2025

Kelas : 2 C


Good morning my students 2C. bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat dan semangat ya😊

Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah.

Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning

Media ajar: Video pembelajaran, buku cetak LKPD


Capaian Pembelajaran (CP):

Pada akhir Fase A, peserta didik dapat menunjukan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar. Contoh: Peserta didik dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, suara)

Tujuan Pembelajaran:

Murid mampu melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.

Materi Ajar 

Materi 1: Mengenal Konsep Penjumlahan

🟦 A. Apa Itu Penjumlahan?

Penjumlahan adalah menambahkan dua atau lebih bilangan untuk mendapatkan jumlah keseluruhan.

Contoh:

🍎 Rani punya 3 apel. Ibunya memberi 2 apel lagi.

Berapa total apel Rani sekarang?

Jawaban: 3 + 2 = 5

Rani sekarang punya 5 apel.


🟩 B. Penjumlahan dengan Benda Konkret

Kamu bisa belajar penjumlahan dengan benda-benda nyata seperti:

Kancing

Pensil

Balok

Batu kecil

🧮 Contoh:

Letakkan 4 kancing di meja. Tambahkan lagi 3 kancing.

Hitung semuanya: 4 + 3 = 7


🟥 C. Penjumlahan Menggunakan Gambar

Gunakan gambar untuk membantu menghitung.

Contoh:

Ada 2 🐱 kucing dan 4 🐶 anjing.

Total hewan:

2 + 4 = 6


🟨 D. Penjumlahan dengan Garis Bilangan

Contoh:

Hitung 5 + 2

Gunakan garis bilangan:

Mulai dari angka 5, lompat 2 langkah ke kanan ➡️

5 + 2 = 7


🟦 E. Latihan Soal

6 + 3 = ___

2 + 4 = ___

Ibu memberi 4 kue, lalu ayah memberi 5 kue lagi.

➡️ Total kue: ______

Gambar 2 apel, lalu tambahkan gambar 3 apel.

➡️ Ada berapa apel semua? ______


🟩 F. Ayo Coba Sendiri! (Penjumlahan dalam Kehidupan Nyata)

🔎 Perhatikan sekitarmu!

Berapa jumlah teman sebangkumu dan teman di belakangmu?

Jika kamu punya 5 pensil dan meminjam 2 dari temanmu, berapa jumlah pensilmu sekarang?

Refleksi :

Berdasarkan pembelajaran hari ini diketahui bahwa seluruh peserta didik telah mampu mengetahui penjumlahan dengan berbagai cara.

Dokumentasi ;
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS