Hari/tanggal : Kamis, 14-08-2025
Kelas : 2 C
Good morning my students 2C. bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat ya😊
Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah.
Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
Media ajar: Video pembelajaran, buku cetak LKPD
Capaian Pembelajaran (CP):
Pada akhir Fase A, peserta didik dapat menunjukan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar. Contoh: Peserta didik dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, suara)
Tujuan Pembelajaran:
Murid mampu melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.
Materi Ajar
Materi 1: Mengenal Konsep Penjumlahan
🟦 A. Apa Itu Penjumlahan?
Penjumlahan adalah menambahkan dua atau lebih bilangan untuk mendapatkan jumlah keseluruhan.
Contoh:
🍎 Rani punya 3 apel. Ibunya memberi 2 apel lagi.
Berapa total apel Rani sekarang?
Jawaban: 3 + 2 = 5
Rani sekarang punya 5 apel.
🟩 B. Penjumlahan dengan Benda Konkret
Kamu bisa belajar penjumlahan dengan benda-benda nyata seperti:
Kancing
Pensil
Balok
Batu kecil
🧮 Contoh:
Letakkan 4 kancing di meja. Tambahkan lagi 3 kancing.
Hitung semuanya: 4 + 3 = 7
🟥 C. Penjumlahan Menggunakan Gambar
Gunakan gambar untuk membantu menghitung.
Contoh:
Ada 2 🐱 kucing dan 4 🐶 anjing.
Total hewan:
2 + 4 = 6
🟨 D. Penjumlahan dengan Garis Bilangan
Contoh:
Hitung 5 + 2
Gunakan garis bilangan:
Mulai dari angka 5, lompat 2 langkah ke kanan ➡️
5 + 2 = 7
🟦 E. Latihan Soal
6 + 3 = ___
2 + 4 = ___
Ibu memberi 4 kue, lalu ayah memberi 5 kue lagi.
➡️ Total kue: ______
Gambar 2 apel, lalu tambahkan gambar 3 apel.
➡️ Ada berapa apel semua? ______
🟩 F. Ayo Coba Sendiri! (Penjumlahan dalam Kehidupan Nyata)
🔎 Perhatikan sekitarmu!
Berapa jumlah teman sebangkumu dan teman di belakangmu?
Jika kamu punya 5 pensil dan meminjam 2 dari temanmu, berapa jumlah pensilmu sekarang?
Refleksi :
Berdasarkan pembelajaran hari ini diketahui bahwa seluruh peserta didik telah mampu mengetahui penjumlahan dengan berbagai cara.
Dokumentasi ;
Tidak ada komentar:
Posting Komentar