Hari/tanggal : Jumat, 08-08-2025
Kelas : 2 C
Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2C. bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat ya😊
Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah.
Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
Media ajar: Video pembelajaran, buku cetak LKPD
Capaian Pembelajaran (CP):
Peserta didik mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan
Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa
Tujuan Pembelajaran (TP):
- Menunjukkan sikap mendengarkan secara aktif dan sopan saat orang lain berbicara atau membaca teks.
- Menyimak teks atau cerita pendek yang dibacakan dengan minat dan antusias.
- Memahami unsur rupa (garis dan warna) di lingkungan sekitarnya.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Peserta didik dapat memberi tanggapan sederhana secara sopan terhadap isi bacaan yang dibacakan teman atau guru.
- Peserta didik dapat menyimak teks cerita pendek yang dibacakan guru dengan antusias.
- Peserta didik dapat menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita yang didengarkan.
Murid menggambar benda sederhana di sekitar mereka dengan menonjolkan dua unsur rupa yang telah dipelajari.
Simaklah video pembelajaran di atas dengan seksama!
“Apa judul dari cerita tersebut?"
"Siapa saja tokoh yang ada pada cerita tersebut?"
Menuliskan kembali isi cerita
Menuliskan kembali isi cerita atau disebut juga menulis sinopsis merupakan kegiatan menceritakan kembali sebuah cerita yang sudah dibaca atau didengar dengan menggunakan bahasa kita sendiri.
Tujuan Menulis Kembali Isi Cerita
Melatih Pemahaman
Mengembangkan Kosakata
Melatih Keterampilan Menulis
Mengasah Daya Ingat
Membaca atau Mendengarkan Cerita dengan Seksama: Ini adalah langkah pertama dan paling penting. Fokus pada apa yang terjadi di awal, tengah, dan akhir cerita.
Latar: Menemukan siapa saja tokoh di dalam cerita dan di mana cerita itu terjadi.
Menuliskan Urutan Kejadian: Menuliskan apa yang terjadi pertama, kemudian apa yang terjadi selanjutnya, dan bagaimana cerita itu berakhir. Misalnya dengan membuat poin-poin sederhana terlebih dahulu.
Menggunakan Bahasa Sendiri: Setelah urutan kejadiannya jelas, kita dapat menceritakan kembali kejadian tersebut dengan kalimat-kalimat yang sederhana dan mudah dimengerti.
Menulis Pesan Moral (Jika Ada): Menemukan pelajaran atau pesan baik yang bisa diambil dari cerita tersebut, seperti "Jangan berbohong" atau "Kita harus saling tolong menolong."
Langkah-Langkah Menulis Kembali Isi Cerita
Langkah-langkah sederhana untuk menulis kembali isi cerita yaitu:
Contoh Sederhana
Membaca cerita tentang kelinci dan kura-kura yang lomba lari.
Tokoh: Kelinci dan Kura-kura.
Latar: Di hutan.
Urutan Kejadian:
Kelinci menantang kura-kura lomba lari.
Kelinci merasa sombong dan tidur di tengah jalan.
Kura-kura terus berjalan pelan-pelan.
Kura-kura akhirnya menang lomba.
Pesan Moral: Kita tidak boleh sombong dan harus terus berusaha.
Dengan menggunakan poin-poin ini, kita bisa menuliskan kembali ceritanya dengan kalimat sederhana, misalnya:
"Ada kelinci dan kura-kura yang lomba lari di hutan. Kelinci sombong sekali. Dia tidur saat lomba. Kura-kura tidak menyerah dan terus berjalan. Akhirnya, kura-kura menang. Kita tidak boleh sombong seperti kelinci."
Materi Seni Rupa
“Pernahkah kalian melihat garis-garis seperti ini?”
Mengenal macam-macam Garis
Garis adalah unsur seni rupa yang paling mendasar. Perwujudan seni rupa awalnya diawali dengan coretan garis.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), garis adalah coretan panjang (lurus, bengkok, atau lengkung).Namun, menggunakan ukuran yang bersifat relatif, yang dimaksud dengan ukuran bersifat relatif. Yang dimaksud dengan ukuran relatif meliputi tinggi, rendah, panjang, pendek, besar, tebal, kecil, dan juga tipis. Adapun arah garis ada tiga macam yaitu horizontal, vertikal dan juga diagonal.
Macam - Macam Garis
Refleksi :
Berdasarkan pembelajaran hari ini diketahui bahwa seluruh peserta didik telah mampu menyelesaikan soal terkait warna dan garis sebagai unsur rupa serta menemukan informasi pada teks.
Dokumentasi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar