Hari/tanggal : Rabu, 27-08-2025
Kelas : 2 C
Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2C. bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat ya😊
Masih ingatkah kalian tentang materi B.Indonesia, Matematika dan Seni Rupa pada pembelajaran sebelumnya?
Ya benar, pada pelajaran B.Indonesia kita telah belajar tentang kalimat tanya, pada pelajaran Matematika kita telah mengenal berbagai cara penjumlahan & pengurangan serta pada Seni Rupa kita telah mengetahui bentuk geometris & organik.
Hari ini pada kita akan mempelajari kembali materi-materi tersebut agar ananda sekalian semakin paham dan dapat menyelesaikan soal dengan baik.
Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah melaksanakan sholat dhuha dan muroja'ah surat pendek.
Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
Media ajar: Video pembelajaran, buku cetak
Capaian Pembelajaran (CP):
Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Murid menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.Murid dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingka mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda benda konkret yang banyaknya sampai20. Murid menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak (pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat).
Murid memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa
Tujuan Pembelajaran (TP)
- Menyimak teks atau cerita pendek yang dibacakan dengan minat dan antusias.
- Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.
Murid mampu mengamati dan mengenal elemen seni rupa (bentuk) di sekitarnya.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Murid dapat menyimak teks cerita pendek yang dibacakan guru dengan antusias.
- Murid dapat menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita yang didengarkan.
- Murid dapat menceritakan kembali isi cerita secara lisan dengan kalimat sederhana.
- Murid dapat mengenal konsep penjumlahan sebagai penggabungan dua kelompok benda konkret.
- Murid dapat melakukan penjumlahan hingga 20 dengan bantuan benda konkret.
- Murid memahami bahwa berbagai jenis bentuk berasal dari garis yang terhubung.
- Murid dapat dapat mengidentifikasi bentuk geometris yang termasuk bangun datar (lingkaran, segitiga, segiempat)
- Murid dapat membuat berbagai bentuk yang lebih kompleks.
- “Kalau kalian melihat gambar ini, pertanyaan apa yang bisa kalian ajukan? Misalnya: Siapa yang ada di gambar? Di mana mereka berada?”
- “Bagaimana caranya kita bisa mendapatkan informasi lebih banyak dari sebuah gambar atau cerita?”
Kata Tanya dalam Kalimat Tanya
Kata tanya yang sering digunakan:
- Apa → untuk menanyakan benda/peristiwa
- Siapa → untuk menanyakan orang
- Kapan → untuk menanyakan waktu
- Di mana → untuk menanyakan tempat
- Mengapa → untuk menanyakan alasan
- Bagaimana → untuk menanyakan cara
Contoh Kalimat:
- Apa makanan kesukaanmu?
- Siapa yang memakai kacamata?
- Kapan kamu berangkat ke sekolah?
- Di mana kamu bermain bola?
- Mengapa Kadek harus memakai kacamata?
- Bagaimana cara menjaga kesehatan mata?
🟦 A. Mengingat Kembali: Apa Itu Penjumlahan?
Penjumlahan adalah menambahkan dua bilangan atau lebih untuk mengetahui jumlah seluruhnya.
Lambang penjumlahan adalah: ➕
Contoh:
5 + 3 = 8
(Dibaca: lima ditambah tiga sama dengan delapan)
🟩 B. Cara Melakukan Penjumlahan
✅ 1. Penjumlahan Langsung
Gunakan jari, benda konkret, atau hitung langsung di kepala.
Contoh:
7 + 2 = 9
✅ 2. Penjumlahan dengan Menyusun ke Bawah (Vertikal)
Contoh:
markdown
SalinEdit
24
13+
37
Langkah:
- Tambahkan satuan: 4 + 3 = 7
- Tambahkan puluhan: 2 + 1 = 3
Hasil: 37
✅ 3. Penjumlahan Menggunakan Garis Bilangan
Contoh:
Hitung 6 + 4
→ Mulai dari angka 6, lompat 4 langkah ke kanan:
Hasil = 10
🟥 C. Contoh Soal
- 15 + 12 = ___
- 43 + 26 = ___
- Rina punya 23 permen. Ibunya memberi 15 permen lagi.
➤ Berapa permen yang Rina punya sekarang?
🟨 D. Penjumlahan Tanpa dan Dengan Mengingat
➕ Tanpa Mengingat
Contoh:
31
24+
55
Karena 1 + 4 = 5 (tidak lebih dari 9)
➕ Dengan Mengingat
Contoh:
27
36 +
63
Langkah:
- 7 + 6 = 13 → tulis 3, simpan 1
- 2 + 3 + 1 (yang disimpan) = 6
Hasil: 63
🧠 E. Strategi Pintar Penjumlahan
- Mulai dari bilangan yang lebih besar, lalu tambahkan bilangan kecil.
Contoh: 3 + 9 = 9 + 3 = 12 - Gunakan angka yang mudah dijumlah (seperti kelipatan 10)
Contoh: 28 + 12 = (28 + 2) + 10 = 30 + 10 = 40
🟩 F. Latihan Soal
- 46 + 23 = ___
- 58 + 17 = ___
- Siti memiliki 39 kelereng. Ia membeli lagi 25 kelereng.
➤ Berapa total kelereng Siti sekarang? - Hitung:
69
28 +
Materi Seni Rupa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar