Tema 6 sub 3 pb 2, 3 dan 4

Kamis, 13 Februari 2020

Hari /Tanggal:
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan menyimak penjelasan dan contoh yang diberikan guru, siswa mampu menunjukkan gerakan berpindah tempat dalam senam lantai dengan tepat.
2. Melalui praktik, siswa mampu melakukan gerakan berpindah tempat pada senam lantai dengan tepat.
3. Melalui kegiatan percakapan, siswa mampu menjelaskan ciri-ciri kalimat ungkapan perintah.
4. Melalui kegiatan melengkapi kalimat, siswa mampu menggunakan kata perintah dengan tepat.

Materi Pembelajaran
• Gerak squat jump dalam senam lantai.
• Melakukan percakapan berisi ungkapan perintah

Sekolah Beni mempunyai lapangan rumput yang hijau.
Siswa-siswa bisa berolahraga dan bermain di sana. Hari ini Beni akan berolahraga di lapangan itu. Udara segar membuat Beni menjadi semangat. Beni dan teman-teman berkumpul di lapangan. Mereka akan berlatih melakukan salah satu gerakan pada senam lantai. Gerakannya isebut squat jump.










Hari/Tanggal
Pembelajaran 3

Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui kegiatan mewarnai siswa mampu mengidentifikasi simbol sila ketiga Pancasila.
2. Melalui penugasan siswa mampu menggambarkan simbol sila ketiga Pancasila.
3. Melalui penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang merupakan tanggapan terhadap ungkapan perintah.
4. Melalui permainan siswa mampu menyusun kalimat tanggapan terhadap ungkapan perintah dengan benar.
5. Melalui pengamatan cara menimbang siswa mampu menentukan berat benda dengan alat ukur tidak baku menggunakan benda-benda konkret dengan benar.
6. Melalui pengamatan berat benda siswa mampu menggunakan hasil pengukuran berat dengan alat ukur tidak baku untuk membandingkan berat dua benda dengan benar.

Materi Pembelajaran
• Mendiskusikan sikap-sikap terhadap lingkungan sekolah yang sesuai sila ke-3 Pancasila.
• Bermain menyusun kalimat perintah dari kumpulan kartu kata dan menulis tanggapannya
• Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan proses pengukuran berat benda dengan alat ukur tidak baku







Kebersihan lingkungan sekolah bukan hanya tanggung jawab petugas kebersihan.
Kebersihan lingkungan sekolah tanggung jawab semua warga sekolah.
Semua warga sekolah harus memiliki rasa persatuan dalam menjaga lingkungan sekolah.
Memiliki rasa persatuan adalah sikap yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila.

Perhatikan gambar di dalam lingkaran di bawah ini.
Beri warna lingkaran yang di dalamnya terdapat lambang sila ketiga.



Kamu sudah tahu bagaimana cara menanggapi perintah.
Lakukanlah latihan berikut ini.
Susunlah kata-kata berikut menjadi kalimat perintah.
Setelah tersusun, buatlah kalimat tanggapannya.

1.sampah – pada – buanglah- tempatnya - Ani

………………………………………..
2.sapulah-  bersih –sampai-  sekolah - halaman

…………………………………………
3.sepatumu – rak  -letakkan - Beni  -di

…………………………………………
4.rapikan – selesai – mejamu - kembali  -bekerja

………………………………………….


Ayo Mencoba


Guru memerintahkan murid-murid untuk mengumpulkan sampah.
Sampah yang dikumpulkan adalah sampah yang dapat didaur ulang.
Misalnya sampah plastik, kaleng, kertas, atau kardus. Sampah-sampah tersebut mempunyai berat yang berbeda.
Berat sampah dapat diukur menggunakan timbangan sederhana.
Ayo mengukur berat menggunakan timbangan sederhana. Alat-alat yang diperlukan


    
Gantungan baju              Kelereng                  Koin                                  Kantong Pelastik




Hari/Tanggal:
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan menyimak penjelasan dan contoh yang diberikan guru siswa mampu menunjukkan gerak tolakan, melayang, dan mendarat kembali pada senam lantai dengan tepat.
2. Dengan kegiatan praktik siswa mampu melakukan gerak tolakan, melayang, dan mendarat kembali pada senam lantai dengan tepat.
3. Dengan memperhatikan contoh dari guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat ungkapan  erintah
4. Melalui bermain peran siswa mampu menggunakan ungkapan perintah dan tanggapannya dengan tepat.
5. Dengan mengamati contoh dan penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri karya seni tiga dimensi dari bahan lunak, mengidentifikasi alat dan bahan yang digunakan dan cara
penggunaannya, serta langkah-langkah membuatnya dengan tepat
6. Melalui kegiatan praktik siswa mampu membuat karya seni tiga dimensi dari bahan tanah liat

Materi Pembelajaran
• Melakukan gerakan melompati rintangan berupa tali karet
• Bermain peran dengan menggunakan ungkapan perintah dan tanggapannya.
• Membuat karya cetak tiga dimensi (lanjutan): membuat teknik cetakan dengan media tanah liat

Lingkungan sekolah Siti bersih, hijau, dan asri. Di pagi hari udaranya terasa sejuk.
Pagi ini Siti dan teman-teman akan berolahraga. Mereka berkumpul di lapangan sekolah.
Mereka sangat gembira dan bersemangat. Hari ini Pak Guru mengajak berolahraga sambil
bermain. Mereka akan melakukan gerakan melompati rintangan.
Rintangan dibuat dari karet gelang yang dironce jadi tali.



Ayo Berkreasi
Contoh bahan-bahan yang akan digunakan





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS