Kelas 2 Tema 7 sub 2 pb 4

Selasa, 17 Maret 2020

17 Maret 2020
MATERI AJAR
Kelas               : II
Semester          : II
Tema               : 7 / Kebersamaan
Subtema          : II / Kebersamaan di Sekolah
Pembelajaran   : 4
Kompetensi Dasar
PPKn
3.3  Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.

Bahasa Inndonesia
3.8. Menggali informasi daridongeng binatang (fabel)tentang sikap hidup rukun dariteks lisan dan tulis dengantujuan untuk kesenangan

Matematika
3.7 Menjelaskan pecahan dan  menggunakan benda benda konkret dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan bermain peran, siswa mampu menemukan kata sapaan denganbenar.
2.      Dengan bermain peran, siswa mampu menjelaskan penggunaan katasapaan dengan benar.
3.      Dengan bermain peran, siswa mampu menuliskan kata sapaan dengan benar.
4.      Dengan bermain peran, siswa mampu menirukan kata sapaan dengan benar.
5.      Dengan bermain peran, siswa mampu mengoreksi kata sapaan dengan benar.
6.      Dengan bermain peran, siswa mampu membacakan kata sapaan denganbenar.
7.      Dengan berlatih, siswa mampu menggunakan kata sapaan dalam kalimatdengan benar.
8.      Dengan kegiatan berkelompok, siswa mampu mengelompokkankarakteristik teman sekolah berdasarkan suku/asal daerahnya.
9.      Dengan kegiatan berkelompok, siswa mampu membuat daftar kelompokyang heterogen berdasarkan suku/asal daerahnya.
10.  Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyatakan pecahan sebagai½ bagian dari keseluruhan dengan tepat.
11.  Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyatakan pecahan sebagai  1/3bagian dari keseluruhan dengan tepat
12.  Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyatakan pecahan sebagai¼ bagian dari keseluruhan dengan tepat
13.  Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyajIkan pecahan sebagai½ bagian dari keseluruhan dengan tepat.
14.  Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyatakan pecahan sebagai 1/3 bagian dari keseluruhan dengan tepat.
15.  Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyatakan pecahan sebagai ¼bagian dari keseluruhan dengan tepat.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1.        Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2.        Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.        Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.        Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1.      Mendengarkan pembaaan teks percakapan yang tentang bermain peran
2.      Melengkapi kalimat berdasarkan isi teks
3.      Berlatih menggunakan kata sapaan dengan benar
4.      Bermain peran berdasarkan cerita dongeng “Guna Persahabatan”.
5.      Mencocokan gambar sesuai dengan jumlahnya yang benar
6.      Berlatih menghitung nilai pecahan

Penutup
1.        Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.        Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.        Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber Pembelajaran
·           Buku Guru Tema VII Kebersamaan
·           Buku Siswa Tema VII Kebersamaan

Materi Pembelajaran

Belajar di sekolah sangat menyenangkan, banyak kebersamaan dengan teman-teman.
Saat belajar, juga saat bermain.
Saat bersama teman-teman, kita harus menjaga kerukunan.
Selain itu kita juga perlu menjaga kekompakan.
Kekompakan ini dapat kita lakukan dimanapun, baik di dalam kkelas bersama teman satu kelas maupun dengan teman di kelas lain.

Bacalah teks dialog percakapan dongeng “Guna Persahabatan” berikut untuk melihat bagaimana kekompakan dan kebersamaan mereka di hutan.

Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan dongeng diatas!
  1. Mengapa kaki Belo terkilir?
  2. Apa yang membuat Belo iri pada Jeje?
  3. Bagaimana sikap Jeje mendengar penjelasan Belo yang iri padanya?
  4. Apa manfaat kebersamaan dari cerita di atas?
  5. Jika ada temanmu yang terjatuh seperti Belo, apa yang akan kamu lakukan?

Membuat kartu pecahan
Siti dan teman-teman diberi tugas membuat membuat kartu pecahan. Masing-masing siswa membuat tiga kartu pecahan. Siti membuat pecahan setengah, sepertiga, dan seperempat.







Dalam membuat pecahan, membagi gambar harus sama besar.
Perhatikan gambar yang menunjukkan pecahan setengah berikut!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS