Materi Ajar Tema 7 Sub 4 Pb 1&2

Rabu, 12 April 2023

 

Kelas : 1

Tema  : 7 Benda, Hewan, dan Tumbuhan di sekitarku

Subtema :  4 Bentuk, Warna, Ukuran, dan Permukaan Benda

Pembelajaran : 1&2


Manusia tidak hidup sendirian.

Manusia hidup bersama alam.

Ada berbagai benda di alam.

Bentuk dan warna benda berbeda-beda.

Ukuran dan permukaannya pun berbeda.

Setiap benda mempunyai ciri tertentu

Gunakan benda sesuai fungsinya.

Peliharalah benda dengan baik.

Apa saja benda di sekitar yang kamu ketahui?


Tujuan Pembelajaran :

1. Setelah mengamati gambar yang ada pada buku, siswa dapat mengelompokkan benda-benda

sesuai ciri-ciri yang ditentukan dengan benar.

2. Setelah berdiskusi, siswa dapat menemukan makna kata tentang berbagai jenis di lingkungan

sekitar dengan benar.

3. Setelah mewawancarai teman, siswa dapat menjelaskan aturan di rumah berkaitan dengan

benda-benda dengan benar.

4. Setelah mengamati, siswa dapat memeragakan kegiatan berkaitan dengan aturan tentang

benda-benda dengan benar.

5. Setelah mengamati langkah-langkah pembuatan karya, siswa dapat mengidentifikasi

pemanfaatan tanah dan atau batuan dalam membuat karya kerajinan (misalnya dari tanah liat

atau pasir warna) dengan benar.

6. Setelah mengamati, siswa dapat membuat karya kerajinan dengan memanfaatkan bahan-bahan

dari tanah dan atau batuan (misalnya dari tanah liat atau pasir warna) dengan rapi.

Udin dan Siti sedang bermain bersama.

Udin bermain mobil-mobilan.

Mobil-mobilan Udin berwarna merah.

Siti senang bermain boneka.

Boneka Siti berukuran besar dan halus.

Mereka senang bermain bersama.

Ada banyak benda di sekitar kita.

Benda berbeda bentuk warna dan ukurannya.

Kamar Lani bersih dan rapi.

Di kamar Lani ada tempat tidur dan meja belajar.

Alat-alat tulis dan mainan tersusun rapi.

Semua benda disimpan pada tempatnya.

Benda-benda itu disusun berdasarkan

kegunaannya.

Lani senang berada di kamar yang rapi dan bersih.

Mari kita mencoba membuat benda kesukaan menggunakan tanah liat.

Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan penggunaan kosakata tentang berbagai jenis
benda di lingkungan sekitar dalam suatu kalimat dengan tepat.
2. Setelah mengamati, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di
lingkungan sekitar dalam kalimat dengan tepat.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama
(ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat mempraktikkan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama
(ketukan) tanpa/dengan iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.

Benda-benda di sekitar memiliki berbagai ukuran.
Ada benda yang berukuran besar.
Ada benda yang berukuran kecil.
Bola memiliki ukuran yang berbeda-beda.
Bola tenis dan bola pingpong berukuran kecil.
Bola basket dan bola sepak berukuran lebih besar.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS