Tema 6 sub 3

Selasa, 11 Februari 2020

Materi Ajar dan Materi Pembelajaran
Tema 6 Lingkungan Bersih,Sehat dan Asri
Sub tema 3 Lingkungan Sekolahku

Sekolah Lani memiliki halaman luas. Banyak pohon di halaman sekolah.
Semua warga sekolah menjaga kebersihannya. Lani bersyukur memiliki sekolah yang bersih,
sehat, dan asri Bagaimana keadaan sekolahmu? Sekolah adalah tempat belajar bersama.
Kita pasti senang belajar di lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman. Kita harus ikut memelihara lingkungan sekolah.
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui kegiatan membaca dan menyimak isi bacaan siswa mampmengidentifikasi dan menyebutkan ungkapan perintah yang terdapat dalam teks dengan tepat
2. Melalui penugasan, siswa dapat menyampaikan ungkapan perintah dengan tepat.
3. Melalui kerja kelompok, siswa mampu mengidentifikasi bunyi sila ketiga.
4. Melalui kegiatan menyusun potongan gambar siswa mampu menunjukkan simbol sila ketiga dengan tepat.
5. Dengan mengamati contoh dan penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri karya seni cetak tiga dimensi dari bahan lunak, mengidentifikasi alat dan bahan yang digunakan dan cara penggunaannya, serta langkah-langkah membuatnya dengan tepat.
6. Melalui kegiatan praktik siswa mampu membuat karya seni cetak tiga dimensi dari bahan tanah liat.

Materi Pembelajaran
• Menyebutkan dan menuliskan ungkapan perintah yang terdapat di dalam teks
tentang lingkungan sekolah
• Diskusi tentang sila ke-3 Pancasila dan simbolnya
• Mengenal seni cetak tiga dimensi menggunakan bahan lunak

Sekolahku Bersih dan Sehat
Aku senang belajar di sekolah.
Sekolahku bersih dan nyaman.
Lingkungannya hijau dan asri.
Banyak pohon ditanam di sekolahku.
Setiap hari tanamannya disiram.
Udara di sekolahku menjadi segar.
Ruang kelas di sekolahku juga bersih.
Guruku mengingatkan, jangan buang sampah
sembarangan. Buanglah sampah di tempatnya.
Kami semua bekerja sama menjaga kebersihan.
Tidak ada yang membuang sampah sembarangan.





 



Manakah dari bunyi sila-sila Pancasila berikut
yang merupakan bunyi sila ketiga?

Kemanusiaan yang adil dan beradap
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksa dalam permusyawaratan perwakilan
Ketuhanan yang maha esa
Keadilan bagi selutuh rakyat indonesia
Persatuan Indonesia













Ayo Berkreasi
Pajangan-pajangan memperindah kelas. Kita bisa memajang hasil-hasil karya kita di kelas.
Di bawah ini beberapa contoh karya yang bisa jadi pajangan kelas.

Kiarya di samping adalah karya tiga dimrnsi
Dari tanah liat
Tanah liat dicetak mengikuti bentuk wadah tertentu
 











Berikut Urutan cara membuatnya
1.Siapkan adonan tanah liat dan cetakan yang diinginkan
 








2.Masukan adonan tanah liat ke dalam cetakan hingga penuh
 






3.Lepaskan tanah liat dari cetakannya
 







4.Keringkan hasil cetakan tersebut dengan cara dijemur atau dibakar


           
















Hari /Tanggal:
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan menyimak penjelasan dan contoh yang diberikan guru, siswa mampu menunjukkan gerakan berpindah tempat dalam senam lantai dengan tepat.
2. Melalui praktik, siswa mampu melakukan gerakan berpindah tempat pada senam lantai dengan tepat.
3. Melalui kegiatan percakapan, siswa mampu menjelaskan ciri-ciri kalimat ungkapan perintah.
4. Melalui kegiatan melengkapi kalimat, siswa mampu menggunakan kata perintah dengan tepat.

Materi Pembelajaran
• Gerak squat jump dalam senam lantai.
• Melakukan percakapan berisi ungkapan perintah

Sekolah Beni mempunyai lapangan rumput yang hijau.
Siswa-siswa bisa berolahraga dan bermain di sana. Hari ini Beni akan berolahraga di lapangan itu. Udara segar membuat Beni menjadi semangat. Beni dan teman-teman berkumpul di lapangan. Mereka akan berlatih melakukan salah satu gerakan pada senam lantai. Gerakannya isebut squat jump.










Hari/Tanggal
Pembelajaran 3

Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui kegiatan mewarnai siswa mampu mengidentifikasi simbol sila ketiga Pancasila.
2. Melalui penugasan siswa mampu menggambarkan simbol sila ketiga Pancasila.
3. Melalui penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat yang merupakan tanggapan terhadap ungkapan perintah.
4. Melalui permainan siswa mampu menyusun kalimat tanggapan terhadap ungkapan perintah dengan benar.
5. Melalui pengamatan cara menimbang siswa mampu menentukan berat benda dengan alat ukur tidak baku menggunakan benda-benda konkret dengan benar.
6. Melalui pengamatan berat benda siswa mampu menggunakan hasil pengukuran berat dengan alat ukur tidak baku untuk membandingkan berat dua benda dengan benar.

Materi Pembelajaran
• Mendiskusikan sikap-sikap terhadap lingkungan sekolah yang sesuai sila ke-3 Pancasila.
• Bermain menyusun kalimat perintah dari kumpulan kartu kata dan menulis tanggapannya
• Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang melibatkan proses pengukuran berat benda dengan alat ukur tidak baku
 







Kebersihan lingkungan sekolah bukan hanya tanggung jawab petugas kebersihan.
Kebersihan lingkungan sekolah tanggung jawab semua warga sekolah.
Semua warga sekolah harus memiliki rasa persatuan dalam menjaga lingkungan sekolah.
Memiliki rasa persatuan adalah sikap yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila.

Perhatikan gambar di dalam lingkaran di bawah ini.
Beri warna lingkaran yang di dalamnya terdapat lambang sila ketiga.



Kamu sudah tahu bagaimana cara menanggapi perintah.
Lakukanlah latihan berikut ini.
Susunlah kata-kata berikut menjadi kalimat perintah.
Setelah tersusun, buatlah kalimat tanggapannya.

1.sampah – pada – buanglah- tempatnya - Ani

………………………………………..
2.sapulah-  bersih –sampai-  sekolah - halaman

…………………………………………
3.sepatumu – rak  -letakkan - Beni  -di

…………………………………………
4.rapikan – selesai – mejamu - kembali  -bekerja

………………………………………….


Ayo Mencoba


Guru memerintahkan murid-murid untuk mengumpulkan sampah.
Sampah yang dikumpulkan adalah sampah yang dapat didaur ulang.
Misalnya sampah plastik, kaleng, kertas, atau kardus. Sampah-sampah tersebut mempunyai berat yang berbeda.
Berat sampah dapat diukur menggunakan timbangan sederhana.
Ayo mengukur berat menggunakan timbangan sederhana. Alat-alat yang diperlukan


    
Gantungan baju              Kelereng                  Koin                                  Kantong Pelastik




Hari/Tanggal:
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan menyimak penjelasan dan contoh yang diberikan guru siswa mampu menunjukkan gerak tolakan, melayang, dan mendarat kembali pada senam lantai dengan tepat.
2. Dengan kegiatan praktik siswa mampu melakukan gerak tolakan, melayang, dan mendarat kembali pada senam lantai dengan tepat.
3. Dengan memperhatikan contoh dari guru siswa mampu mengidentifikasi kalimat ungkapan  erintah
4. Melalui bermain peran siswa mampu menggunakan ungkapan perintah dan tanggapannya dengan tepat.
5. Dengan mengamati contoh dan penjelasan guru siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri karya seni tiga dimensi dari bahan lunak, mengidentifikasi alat dan bahan yang digunakan dan cara
penggunaannya, serta langkah-langkah membuatnya dengan tepat
6. Melalui kegiatan praktik siswa mampu membuat karya seni tiga dimensi dari bahan tanah liat

Materi Pembelajaran
• Melakukan gerakan melompati rintangan berupa tali karet
• Bermain peran dengan menggunakan ungkapan perintah dan tanggapannya.
• Membuat karya cetak tiga dimensi (lanjutan): membuat teknik cetakan dengan media tanah liat

Lingkungan sekolah Siti bersih, hijau, dan asri. Di pagi hari udaranya terasa sejuk.
Pagi ini Siti dan teman-teman akan berolahraga. Mereka berkumpul di lapangan sekolah.
Mereka sangat gembira dan bersemangat. Hari ini Pak Guru mengajak berolahraga sambil
bermain. Mereka akan melakukan gerakan melompati rintangan.
Rintangan dibuat dari karet gelang yang dironce jadi tali.



Ayo Berkreasi
Contoh bahan-bahan yang akan digunakan







Hari /Tanggal:
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran:
1. Melalui penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan ungkapan perintah yang terdapat pada teks/gambar dengan tepat.
2. Melalui pembuatan poster, siswa mampu menggunakan ungkapan perintah dengan tepat.
3. Dengan mengikuti penjelasan guru, siswa mampu menentukan berat benda dengan alat ukur tidak baku menggunakan benda-benda konkret dengan benar.
4. Dengan praktik mengukur, siswa mampu menggunakan hasil pengukuran berat benda dengan menggunakan alat ukur tidak baku untuk membandingkan berat dua benda dengan benar.

Materi Pembelajaran
• Melakukan sosiodrama dengan dialog berisi ungkapan petunjuk
• Menyelesaikan soal-soal pengurangan bilangan 21-40 tanpa teknik meminjam
Hari ini Udin dan kawan-kawan akan berkampanye kepada warga sekolah.
Mereka akan melakukan gerakan sekolah bersih dan sehat. Mereka akan membuat poster.
Melalui poster mereka akan menyampaikan pesan. Poster tersebut akan dibawa keliling sekolah.
Harapan mereka, warga sekolah mau melaksanakan pesan yang ada pada poster.
Berikut ini salah satu contoh posternya.






Melalui poster mereka juga meminta warga sekolah melakukan hal lain.
Misalnya mengumpulkan sampah yang masih bisa dimanfaatkan.
Sebelum dikumpulkan, mereka belajar mengukur berat sampah.
Namun mereka memerlukan bantuanmu untuk menentukan beratnya.


Nah, coba bantu mereka ya. Udin mengukur berat dua benda yang dia
kumpulkan. Hasil pengukuran digambarkan seperti berikut

Botol                                                                              Kaleng





Sesuai hasil pengukuran tersebut, jawablah soalsoal berikut.
1. Benda yang lebih berat adalah ............................
2. Benda yang lebih ringan adalah ..........................
3. Berat botol sebanding dengan ......... bola dan ....... koin.
4. Berat kaleng sebanding dengan.............bola dan ..........koin.           


Hari/Tanggal:
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui penjelasan dan contoh guru , siswa mampu mengidentifikasi ungkapan perintah dengan tepat.
2. Melalui pembuatan cerita gambar berseri, siswa mampu menyusun kalimat ungkapan perintah dalam sebuah cerita bergambar dengan benar.
3. Melalui permainan siswa mampu mengidentifikasi simbol sila ketiga.
4. Melalui penugasan siswa mampu menggambar simbol sila ketiga dengan tepat.
5. Melalui pengamatan pengukuran di lingkungan sekitar, siswa mampu mengidentifikasi masalah sehari-hari terkait dengan pengukuran berat benda dengan alat ukur tidak baku menggunakan benda-benda konkret.
6. Melalui praktik mengukur berat siswa mampu membandingkan hasil pengukuran berat benda dengan alat ukur tidak baku menggunakan benda-benda konkret.

Materi Pembelajaran

• Menyusun cerita berisi ungkapan petunjuk tentang cara-cara menjaga
kebersihan rumah dengan bantuan gambar berseri
• Memeragakan kegiatan di rumah yang berkaitan dengan aturan menjaga
kebersihan
• Menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan pengurangan bilangan 21-40 tanpa teknik meminjam


Murid-murid melakukan kerja bakti membersihkan sekolah.
Murid-murid mengumpulkan sampah yang dapat didaur ulang.
Menurut Bu Guru sampah itu dapat disetorkan ke Bank Sampah.
Sebelum disetor, murid-murid ingin tahu berat sampah.
Mereka segera mengukur beratnya dengan timbangan sederhana.
Sebagai alat ukurnya mereka menggunakan bola tenis.
Inilah hasil pengukuran berat sampah.


           
Sampah pelastik            Sampah kaleng              Sampah kertas

Berdasarkan berat sampah tersebut, dapat
disimpulkan bahwa:
Sampah paling berat yang dibuang siswa adalah
sampah jenis.................................


Kerja bakti sudah selesai. Guru mengajak murid-murid mencari kartu
bergambar. Guru menyembunyikan beberapa kartu bergambar lambang sila ketiga di halaman sekolah. Mereka harus menemukan tiga kartu-kartu bergambar tersebut.
Kelompok yang paling cepat menjadi pemen

.


Dapatkah kamu menemukan kartu-kartu
bergambar tersebut?

Ayo Menulis
Murid-murid menemukan perintah-perintah dalam mencari kartu bergambar.
Selanjutnya murid-murid harus menuliskan perintah-perintah tersebut.



 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS