Tema 7 sub 1 5-6

Rabu, 26 Februari 2020

Hari/Tanggal :
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran :
1.      Setelah membaca, siswa dapat menunjukkan kosakata tentang perkembangbiakan benda hidup dengan tepat.
2.      Setelah mengamati teks, siswa dapat menggunakan kosakata tentang perkembangbiakan benda hidup secara tertulis dengan tepat.
3.      Dengan menggunakan gambar pada buku siswa, siswa dapat menentukan nilai tempat (satuan dan puluhan) bilangan terdiri atas dua angka dengan bantuan benda konkret  dengan benar.
4.      Setelah mengamati, siswa dapat menuliskan bilangan terdiri atas dua  angka sesuai nilai tempat dengan benar.
Materi Ajar :
1.      Mengenal ciri makhluk hidup dapat berkembang biak
2.       Membuat kalimat berdasarkan kosa- kata yang ditentukan
3.      Menentukan banyaknya benda
4.      Menentukan nilai tempat suatu benda

      Ayo Mengamati

Perhatikan gambar berikut ini.
Benda hidup dapat berkembang biak.
Benda hidup tidak dapat berkembang biak.
Berkembang biak untuk mendapatkan keturunan.
Berkembang biak juga untuk memperbanyak jumlahnya.
Tujuan berkembang biak agar benda hidup terjaga kelestariannya

Ayo Berlatih

Ayam biasanya bertelur sehari hanya satu butir.
Banyaknya telur adalah 47.
Telur diletakkan di dalam keranjang besar dan keranjang kecil.
Ada 4 keranjang besar dan 7 keranjang kecil.
Keranjang besar dianggap sebagai keranjang puluhan.
Keranjang kecil dianggap sebagai keranjang satuan.
            Jadi, 47 = 40 + 7
                        47 = 4 puluhan + 7 satuan
                                    4 menempati tempat puluhan
                                    7 menempati tempat satuan
Jika dituliskan dalam nilai tempat adalah seperti berikut.
Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar.

Hari/Tanggal :
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :
1.      Setelah mengamati contoh, siswa dapat menuliskan simbol sila keempat Pancasila dengan benar.
2.      Setelah mengamati contoh, siswa dapat menggambar simbol sila kelima Pancasila dengan cara menebalkan garis dengan benar.
3.      Setelah membaca, siswa dapat menunjukkan kosakata tentang ciri-ciri benda hidup  dengan tepat.
4.      Setelah mengamati teks, siswa dapat menggunakan kosakata tentang ciri-ciri benda hidup secara tertulis dengan tepat.
5.      Melalui kegiatan permainan, siswa dapat menentukan nilai tempat (satuan dan puluhan) bilangan terdiri atas dua angka dengan bantuan benda konkret  dengan benar.
6.      Melalui kegiatan permainan, siswa dapat menuliskan bilangan terdiri dari  dua  angka sesuai nilai tempat dengan benar.
Materi Ajar :
1.      Menggambar lambang sila ke 4 pancasila
2.      Mengidentifikasi ciri-ciri benda hidup berdasarkan kosakata yang ditentukan
3.      Menentukan nilai tempat suatu bilangan

Ayo Berlatih

Aneka jenis permainan termasuk benda tak hidup.
Boneka, mobil-mobilan dan kartu adalah benda tak hidup.
Dadu pun termasuk benda tak hidup.
Mari mencoba membuat dadu.
Kegiatan membuat dadu untuk berlatih menentukan nilai tempat suatu bilangan.
Pertama-tama guntinglah pola dadu berikut.









Setelah membuat dadu, lakukan kegiatan berikut.
1.      Buatlah kelompok dengan anggota 4-5 orang.
2.      Siapkan dua buah dadu bilangan puluhan dan satuan.
3.      Tentukan pemain pertama yang akan menggulirkan dadu.
4.      Lemparlah kedua dadu secara bersamaan.
5.      Tuliskan banyaknya bilangan satuan dan puluhan sesuai kolom yang tersedia.

Tuliskan nama dan bilangan pada tabel-tabel berikut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS