Bahan
Ajar Dan Materi Pembelajaran
Tema
7 Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku
Sub
1 Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitar Kita
Ada banyak benda di sekitarku.
Ada manusia, hewan, dan tumbuhan.
Ada juga rumah, sepeda, mobil, dan benda lainnya.
Ada benda ciptaan Tuhan.
Ada juga benda buatan manusia.
Ada benda hidup.
Ada benda tak hidup.
Kita memanfaatkannya setiap hari.
Kita wajib bersyukur kepada Tuhan atas ciptaan-Nya.
Kita juga berterima kasih kepada sesama, kita
karya-karya yang dibuatnya.
Gunakan dan peliharalah benda-benda tersebut.
Dengan benda-benda tersebut hidup kita lebih
mudah.
Hari/Tanggal
:
Pembelajaran
1
Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah
menyanyikan lagu, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi dengan benar.
2. Setelah
mengamati contoh, siswa dapat mempraktikkan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu dengan benar.
3. Setelah
membaca teks lagu, siswa dapat menunjukan kosakata tentang berbagai
jenis benda di lingkungan sekitar secara lisan dengan tepat.
4.
Setelah
membaca teks, siswa dapat menujukkan kosakata yang berkaitan dengan benda hidup dan tak hidup dengan benar.
Melalui kegiatan identifikasi gambar
benda, siswa dapat menggunakan kosakata tentang
berbagai jenis benda di lingkungan sekitar secara tertulis dengan
tepat.
Setelah
berdiskusi, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda di lingkungan
sekitar secara tertulis dalam kalimat dengan
tepat.
6. Setelah mengamati gambar lambang
negara Pancasila, siswa dapat menyebutkan
simbol sila keempat Pancasila dengan benar.
7. Setelah mengamati gambar lambang
negara Pancasila, siswa dapat menunjukkan
simbol sila keempat Pancasila dengan benar.
8. Setelah mengamati contoh, siswa
dapat mendeklamasikan bunyi sila keempat
Pancasila.
Materi Ajar
- Bernyanyi Topi Saya Bundar
- Membedakan panjang pendek bunyi
- Membedakan benda hidup dan benda tak hidup
- Mengenal simbol dan bunyi sila ke-4 Pancasila
- Mendeklamasikan bunyi sila ke-4 Pancasila
Udin
dan teman-teman pergi bersama ke sekolah.
Mereka
mengenakan seragam dengan rapi dan lengkap.
Topi
termasuk bagian dari seragam yang harus dikenakan.
Topi
dan seragam merupakan contoh benda tak hidup.
Apakah
kamu suka mengenakan topi?
Tahukah
kamu lagu Topi Saya Bundar?
Coba
nyanyikan lagu Topi Saya Bundar bersama
teman-temanmu.
Ayo Bernyanyi
Topi
Saya Bundar
Ciptaan:
Pak Kasur
| 0
. 5 | 5 . 3 | 1 . 3 | 2 . . | 0 . 2 | 4 . 6 |
to
pi sa ya bun dar bun dar to
| 5
. 4 | 3 . . | 0 . 5 | 5 . 3 | 1 . 5 | 2 . . |
pi
sa ya ka lau ti dak bun dar
| 0
. 1 | 7 . 5 | 6 . 7 | 1 . . |
bu kan to pi sa ya
Ayo Mengamati
Apa saja benda
hidup yang ada di sekitarmu?
Apa saja benda
tak hidup yang ada di sekitarmu?
Coba kelompokkan
benda-benda tersebut
berdasarkan cirinya.
Benda-benda di
kelas harus kita pelihara dengan baik.
Kegiatan
memelihara benda dengan baik termasuk
perbuatan yang
terpuji.
Berikut ini adalah
lambang negara kita yaitu Garuda Pancasila.
Garuda Pancasila.
Lambang negara biasa dipajang pada dinding kelas.
Pada lambang
negara tersebut terdapat sila-sila Pancasila.
Kamu sudah
mengetahui sila ke-1 sampai sila ke-3 pada pembelajaran sebelumnya.
Sekarang, mari kita mengenal simbol dan bunyi sila ke-4 Pancasila.
Simbol sila ke-4 Pancasila adalah kepala banteng.
Bunyi sila ke-4 Pancasila adalah Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat
kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.
Hari/Tanggal
:
Pembelajaran
2
Tujuan
Pembelajaran
1. Setelah
membaca teks, siswa dapat menemukan makna kata benda hidup dan tak hidup saat
membandingkan benda hidup dan tak hidup berdasarkan ciri-ciri yang
ditemui dengan benar.
2. Setelah
mengamati gambar, siswa menggunakan makna kata benda hidup dan tak hidup secara tertulis melalui kegiatan
menulis sambung dengan rapi.
3.
Setelah mengamati teks, siswa dapat menjelaskan gerak dasar berjalan sesuai irama
dengan benar.
Materi Ajar
1. Mengenal
ciri-ciri benda hidup
2. Membedakan
benda hidup dan tak
hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki.
3. Berlatih
menulis
Ayo Mengamati
Bacalah dengan nyaring.
Udin dan Lani
bermain bersama.
Udin membawa
kucing peliharaannya.
Lani membawa
boneka kesayangannya.
Setiap hari Udin
memberi makan kucingnya.
Semakin lama
tubuh kucing tumbuh besar.
Udin sering
mengajak kucingnya berjalan-jalan di taman.
Udin merawat
kucingnya setiap hari.
Lani tidak perlu memberi makan bonekanya.
Lani membersihkan bonekanya setiap hari.
Buatlah kalimat
berdasarkan ciri-ciri benda pada
gambar.
........................................................................................................
....................................................
........................................................
........................................................
........................................................
Ciri benda hidup
di antaranya dapat bergerak dan
berpindah
tempat.
Tumbuhan tidak
dapat berpindah tempat sendiri.
Tumbuhan
bergerak ke arah cahaya matahari.
Benda tak hidup
tidak dapat bergerak dan
berpindah tempat sendiri.
Benda tak hidup
yang bergerak sendiri biasanya
menggunakan
mesin.
Benda hidup
bergerak dan berpindah tempat
dengan cara berjalan, berlari, dan terbang.
Hari/Tanggal :
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah
mengamati teks, siswa menuliskan simbol sila keempat Pancasila melalui kegiatan
menyusun kata dengan benar.
2. Melalui
kegiatan mengamati gambar, siswa dapat menunjukkan simbol sila keempat Pancasila.
3. Setelah
membaca teks, siswa dapat menjelaskan makna kata tentang berbagai jenis benda di lingkungan
sekitar melalui kegiatan pengelompokan benda hidup dan tak hidup dengan benar.
4. Setelah
mengamati teks, siswa dapat menggunakan kosakata tentang berbagai jenis benda
di lingkungan sekitar dengan tepat.
5. Dengan
menggunakan lembar kegiatan pada buku siswa, siswa dapat membilang 41 sampai
dengan 99 dengan benar.
6. Dengan
menggunakan lembar kegiatan pada buku siswa, siswa dapat menuliskan
lambang 41 sampai dengan 99 dengan
benar.
Materi Ajar :
1. Mengidentifikasi
benda hidup dan tak hidup, benda-benda yang ada pada lambang negara Pancasila
2. Mengurutkan
kata sehingga sesuai dengan bunyi sila ke-4 Pancasila
3. Mengenal
ciri benda hidup memerlukan makanan
4. Mengenal
nama dan lambang bilangan 40-99
Ayo Berlatih
Apakah kamu sudah dapat membedakan benda hidup dan
benda tak hidup?
Mari kita amati gambar benda pada simbol sila-sila
Pancasila.
Benda
hidup memerlukan makanan. Manusia membutuhkan makanan agar dapat tumbuh.
Makanan sehat sangat penting untuk kesehatan. Daging, buah-buahan, dan sayuran
termasuk masakan sehat. Apa saja buah yang kamu sukai? Apa saja sayuran yang
kamu sukai?
Ayo Berlatih
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah
membaca, siswa dapat menunjukkan kosakata tentang ukuran berbagai jenis benda di lingkungan sekitar dengan tepat.
2.
Setelah kegiatan mengamati, siswa dapat
menggunakan kosakata tentang ukuran berbagai jenis benda di lingkungan sekitar
pada kalimat dengan tepat.
3.
Setelah mengamati gambar, siswa dapat
menjelaskan gerak dasar berjalan dan berlari sesuai irama (ketukan) tanpa
iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
4.
Setelah mengamati gambar, siswa dapat
mempraktikkan gerak dasar berjalan dan berlari sesuai irama (ketukan) tanpa
iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
5.
Setelah kegiatan bernyanyi, siswa dapat
membedakan panjang pendek bunyi dengan benar.
6. Setelah
kegiatan bernyanyi, siswa dapat mempraktikkan panjang pendek bunyi dalam sebuah
lagu dengan benar.
Materi Ajar :
1. Mengenal
ciri benda dapat tumbuh dan berkembang
2. Membandingkan
3. Praktik
gerak berjalan
4. Identifikasi
panjang pendek bunyi pada lagu
Ayo Mengamati
Amati
perubahan benda pada gambar berikut ini.
Benda
hidup dapat tumbuh besar.
Benda
hidup dapat bertambah berat dan tinggi.
Tinggi
badan kita bertambah sejak bayi hingga sekarang.
Hewan
dan tumbuhan juga dapat bertambah tinggi. Benda tak hidup tidak dapat tumbuh
besar. Benda-benda dapat memiliki tinggi yang berbeda-beda.
Perbedaan panjang pendek juga ada
pada bunyi.
Ada bunyi panjang dan ada bunyi
pendek.
Cobalah perhatikan kembali lagu Topi
Saya Bundar berikut ini.
Hari/Tanggal :
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah
membaca, siswa dapat menunjukkan kosakata tentang perkembangbiakan benda hidup
dengan tepat.
2. Setelah
mengamati teks, siswa dapat menggunakan kosakata tentang perkembangbiakan benda
hidup secara tertulis dengan tepat.
3. Dengan
menggunakan gambar pada buku siswa, siswa dapat menentukan nilai tempat (satuan
dan puluhan) bilangan terdiri atas dua angka dengan bantuan benda konkret dengan benar.
4. Setelah
mengamati, siswa dapat menuliskan bilangan terdiri atas dua angka sesuai nilai tempat dengan benar.
Materi Ajar :
1. Mengenal
ciri makhluk hidup dapat berkembang biak
2. Membuat kalimat berdasarkan kosa- kata yang
ditentukan
3. Menentukan
banyaknya benda
4. Menentukan
nilai tempat suatu benda
Ayo Mengamati
Perhatikan
gambar berikut ini.
Benda
hidup dapat berkembang biak.
Benda
hidup tidak dapat berkembang biak.
Berkembang
biak untuk mendapatkan keturunan.
Berkembang
biak juga untuk memperbanyak jumlahnya.
Tujuan berkembang biak
agar benda hidup terjaga kelestariannya
Ayo Berlatih
Ayam
biasanya bertelur sehari hanya satu butir.
Banyaknya
telur adalah 47.
Telur
diletakkan di dalam keranjang besar dan keranjang kecil.
Ada
4 keranjang besar dan 7 keranjang kecil.
Keranjang
besar dianggap sebagai keranjang puluhan.
Keranjang
kecil dianggap sebagai keranjang satuan.
Jadi, 47 = 40 + 7
47 = 4 puluhan + 7
satuan
4 menempati
tempat puluhan
7 menempati
tempat satuan
Jika
dituliskan dalam nilai tempat adalah seperti berikut.
Isilah titik-titik di bawah ini
dengan benar.
Hari/Tanggal :
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah
mengamati contoh, siswa dapat menuliskan simbol sila keempat Pancasila dengan
benar.
2.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menggambar simbol sila kelima Pancasila dengan cara menebalkan garis dengan
benar.
3.
Setelah membaca, siswa dapat menunjukkan
kosakata tentang ciri-ciri benda hidup
dengan tepat.
4.
Setelah mengamati teks, siswa dapat
menggunakan kosakata tentang ciri-ciri benda hidup secara tertulis dengan
tepat.
5.
Melalui kegiatan permainan, siswa dapat
menentukan nilai tempat (satuan dan puluhan) bilangan terdiri atas dua angka
dengan bantuan benda konkret dengan
benar.
6. Melalui
kegiatan permainan, siswa dapat menuliskan bilangan terdiri dari dua
angka sesuai nilai tempat dengan benar.
Materi Ajar :
1. Menggambar
lambang sila ke 4 pancasila
2. Mengidentifikasi
ciri-ciri benda hidup berdasarkan kosakata yang ditentukan
3. Menentukan
nilai tempat suatu bilangan
Ayo Berlatih
Aneka
jenis permainan termasuk benda tak hidup.
Boneka,
mobil-mobilan dan kartu adalah benda tak hidup.
Dadu
pun termasuk benda tak hidup.
Mari
mencoba membuat dadu.
Kegiatan
membuat dadu untuk berlatih menentukan nilai tempat suatu bilangan.
Pertama-tama
guntinglah pola dadu berikut.
Setelah
membuat dadu, lakukan kegiatan berikut.
1. Buatlah
kelompok dengan anggota 4-5 orang.
2. Siapkan
dua buah dadu bilangan puluhan dan satuan.
3. Tentukan
pemain pertama yang akan menggulirkan dadu.
4. Lemparlah
kedua dadu secara bersamaan.
5. Tuliskan
banyaknya bilangan satuan dan puluhan sesuai kolom yang tersedia.
Tuliskan
nama dan bilangan pada tabel-tabel berikut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar