Materi Ajar Rabu, 10-09-2025

Selasa, 09 September 2025

 

Hari/tanggal       : Rabu, 10-09-2025

Kelas : 2 C


Good morning sholih sholiha bu guru kelas 2C. bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat dan semangat ya😊

Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah melaksanakan sholat dhuha dan muroja'ah surat pendek.

Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning

Media ajar: Video pembelajaran, buku cetak, gambar


    Capaian Pembelajaran (CP):

  1. Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan   yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

  2. Murid menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.Murid dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Mereka dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan bendabenda konkret yang banyaknya sampai20. Murid menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak (pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat).

  3. Murid memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa

    Tujuan Pembelajaran (TP):

  1. Menjawab pertanyaan berdasarkan informasi dari teks aural atau percakapan sederhana tentang diri sendiri.
  2. Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20.

  3. Murid mampu menemukan warna gelap, terang, panas dan dingin di sekitarnya.

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Murid dapat menyimak teks cerita pendek yang dibacakan guru dengan antusias.
  2. Murid dapat menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita yang didengarkan.
  3. Murid dapat menceritakan kembali isi cerita secara lisan dengan kalimat sederhana.
  4. Murid dapat mengenal konsep penjumlahan sebagai penggabungan dua kelompok benda konkret.
  5. Murid dapat melakukan penjumlahan hingga 20 dengan bantuan benda konkret.
  6. Murid dapat menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan dalam soal cerita yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.
  7. Murid mengetahui warna gelap & terang , warna panas &/warna dingin.

Materi Bahasa Indonesia




SubjekPredikat dan Objek

  • Subjek (S): Pelaku dalam kalimat (siapa).
  • Predikat (P): Kata kerja atau kegiatan (apa yang dilakukan).
  • Objek (O): Sasaran kegiatan (apa/siapa yang dikenai).

Contoh Kalimat:

  1. Ayah (S) membaca (P) koran (O).
  2. Kadek (S) memakai (P) kacamata (O).
  3. Ibu (S) memasak (P) sayur (O).

Kombinasi Kalimat SPO

Kalimat SPO bisa digabung menjadi kalimat yang lebih panjang dengan kata hubung.

Contoh 1:

  • Ayah membaca buku.
  • Adik menulis huruf.
    👉 Ayah membaca buku dan adik menulis huruf.

Contoh 2:

  • Budi membeli pensil.
  • Budi membeli buku.
    👉 Budi membeli pensil dan buku.

4. Latihan


Materi Matematika

  • Penjumlahan menyimpan adalah penjumlahan yang jika dijumlahkan pada satuan hasilnya lebih dari 9, maka kita harus “menyimpan” ke puluhan.

  • Contoh sederhana:

    27+15=?27 + 15 = \,?

    Pada satuan: 7 + 5 = 12 → tulis 2, simpan 1 di puluhan.
    Pada puluhan: 2 + 1 + 1 = 4 → hasil 42.

  • Contoh Soal Cerita

    1. Soal 1:
      Dina memiliki 27 kelereng. Ayah memberi lagi 15 kelereng.
      Berapa jumlah kelereng Dina sekarang?

      Langkah Penyelesaian:

      • Tuliskan bilangan: 27 + 15

      • Jumlahkan satuan: 7 + 5 = 12 (tulis 2, simpan 1)

      • Jumlahkan puluhan: 2 + 1 + 1 = 4

      • Jadi, jumlah kelereng Dina = 42 kelereng.

2. Soal 2 :
Di sebuah toko, Ani membeli 27 permen dan Budi membeli 18 permen. Berapa jumlah permen mereka semua?

Penyelesaian:
27 + 18 = 45.
Jadi, jumlah permen Ani dan Budi adalah 45 permen.

3. Soal 3 :
Ibu mempunyai 36 apel. Ayah membeli lagi 27 apel. Berapa banyak apel yang dimiliki keluarga Ani sekarang?

Penyelesaian:
36 + 27 = 63.
Jadi, apel yang dimiliki keluarga Ani adalah 63 apel.

Latihan Soal Cerita Penjumlahan Menyimpan

  1. Ibu membeli 27 jeruk dan Ayah membeli 16 jeruk. Berapa jumlah jeruk semuanya?

  2. Di kelas, ada 38 pensil. Guru membawa lagi 27 pensil. Berapa jumlah pensil sekarang?

  3. Rani memiliki 46 kelereng. Adiknya memberikan 28 kelereng lagi. Berapa jumlah kelereng Rani sekarang?

  4. Pada hari Senin, perpustakaan meminjamkan 35 buku. Pada hari Selasa, perpustakaan meminjamkan 28 buku. Berapa jumlah buku yang dipinjam pada kedua hari itu?

Materi Seni Rupa

  1. Pengertian Warna Gelap dan Terang

    • Warna Gelap: warna yang terlihat redup, dalam, atau tidak cerah. Contohnya: hitam, cokelat tua, biru tua, hijau tua.

    • Warna Terang: warna yang terlihat cerah, berkilau, dan memberi kesan gembira. Contohnya: kuning, putih, merah muda, biru muda.

  2. Fungsi Warna Gelap dan Terang dalam Seni Rupa

    • Warna gelap memberi kesan teduh, tenang, atau serius.

    • Warna terang memberi kesan ceria, segar, dan bersemangat.

    • Perpaduan warna gelap dan terang membuat karya seni menjadi indah dan seimbang.

  3. Contoh Penggunaan
Lukisan matahari terbit menggunakan warna terang (kuning, oranye, merah muda).

Lukisan malam hari menggunakan warna gelap (biru tua, hitam, ungu tua).

Warna panas adalah warna seperti merah, jingga, dan kuning yang membangkitkan sensasi semangat, energi, dan keintiman, sementara warna dingin adalah warna biru, hijau, dan ungu yang memberikan kesan tenang, sejuk, dan luasPenggunaan warna panas membuat ruangan terasa lebih dekat, sedangkan warna dingin memberikan ilusi ruang yang lebih jauh dan lapang. 
Warna Panas (Hangat)
  • Contoh: Merah, jingga, kuning, dan turunannya (misalnya, cokelat dan merah muda). 

Warna Dingin
  • Contoh:
    Biru, hijau, ungu, dan warnanya yang dicampur dengan putih, abu, atau hitam (misalnya, abu-abu). 
Latihan :
1. Warna yang terlihat cerah, segar, dan bersemangat disebut warna __________.
  • 2. Warna yang terlihat redup, dalam, atau tidak cerah disebut warna __________.Contoh warna gelap adalah __________ dan __________.

  • 3. Contoh warna terang adalah __________ dan __________.

  • 4. Lukisan tentang malam hari biasanya menggunakan warna __________.

  • Refleksi :

  • Dokumentasi :







  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

     
    FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS