Materi Ajar Senin, 15-09-2025 (B.I & Pend.Pancasila)

Minggu, 14 September 2025

Materi/tanggal       : Senin, 15-09-2025

Kelas : 2 C


Selamat pagi sholih sholiha bu guru kelas 2C. bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat dan semangat ya😊

Masih ingatkah kalian dengan materi sebelumnya? Ya benar, pada pelajaran B.Indonesia kita telah mempelajari cara membaca grafik dan untuk Pendidikan Pancasila kita telah mempelajari makna bulu burung garuda.

Hari ini kita akan menjawab pertanyaan terkait grafik dan pengamalan sila Pancasila di rumah.

Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah melaksanakan sholat dhuha dan muroja'ah surat pendek.

Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning

Media ajar: Video pembelajaran, buku cetak, gambar


  • Capaian Pembelajaran (CP):

    1. Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan   yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

    2. Murid mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang  negara  Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai- nilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.

    Tujuan Pembelajaran (TP):

    1. Menjawab pertanyaan berdasarkan informasi dari teks aural atau percakapan sederhana tentang diri sendiri.
    2. Mengenal simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang  negara  Garuda Pancasila

    Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

    1. Murid dapat menyimak teks cerita pendek yang dibacakan guru dengan antusias.
    2. Murid dapat menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita yang didengarkan.
    3. Murid dapat membaca grafik sederhana (misalnya grafik jumlah murid, benda, atau kegiatan)
    4. Murid didik dapat mendiskusikan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di rumah.
    5. Murid dapat menceritakan kembali nilai-nilai Pancasila yang telah diterapkannya dalam bentuk cerita pendek (di sekolah)
    6. Murid dapat membuat karya sederhana (gambar, poster) tentang nilai-nilai Pancasila.
    Materi Bahasa Indonesia


    Memahami cara mendapatkan informasi dari sebuah grafik

    • “Anak-anak, kalian pernah melihat grafik? Misalnya grafik jumlah siswa yang suka apel, jeruk, dan mangga. Grafik bisa membantu kita mengetahui informasi dengan cepat. Pernahkah kalian memperhatikan grafik seperti itu?"

    Apa Itu Grafik?

    Grafik adalah gambar yang bisa bercerita. Ada banyak jenis grafik, seperti grafik batang dan grafik lingkaran. Semua grafik punya cerita, tapi ceritanya bukan dengan kata-kata, melainkan dengan gambar dan angka.


    Cara Membaca Grafik

    Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat melihat grafik:

    1. Judul Grafik: Judulnya ada di bagian atas. Judul ini yang memberitahu kita, grafik ini bercerita tentang apa. Misalnya, "Jumlah Mainan Favorit".

    2. Sumbu X dan Y:

      • Sumbu X ada di bawah, mendatar. Sumbu X berisi nama-nama hal yang dihitung, misalnya nama mainan seperti "boneka", "bola", dan "robot".

      • Sumbu Y ada di samping, tegak lurus. Sumbu Y berisi angka-angka, misalnya "1", "2", "3", dan seterusnya. Angka ini yang menunjukkan berapa banyak setiap benda.

    3. Melihat Batang atau Bagian Lainnya: Lihat gambar atau batang pada grafik. Misalnya, pada grafik batang, lihat batang mana yang paling tinggi? Batang yang paling tinggi berarti jumlahnya paling banyak. Batang yang paling pendek berarti jumlahnya paling sedikit.

    Contoh Sederhana

    • Lihat batang untuk rasa cokelat. Batangnya sampai angka 5. Artinya, ada 5 orang yang suka rasa cokelat.

    • Lihat batang untuk rasa vanila. Batangnya sampai angka 3. Artinya, ada 3 orang yang suka rasa vanila.

    • Lihat batang untuk rasa stroberi. Batangnya sampai angka 8. Artinya, ada 8 orang yang suka rasa stroberi.

    Dengan melihat grafik, kita bisa langsung tahu bahwa rasa stroberi adalah yang paling banyak disukai karena batangnya paling tinggi. Jadi, grafik membantu kita melihat dan membandingkan angka dengan lebih mudah dan cepat.

    LKPD



    Materi Pendidikan Pancasila


  • Penerapan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga



  • Penerapan Nilai-Nilai Pancasila di Lingkungan Keluarga

    1.      Sila Pertama – Ketuhanan Yang Maha Esa

    o    Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.

    o    Rajin beribadah sesuai agama masing-masing.

    o    Menghormati anggota keluarga yang berbeda keyakinan.

    2.      Sila Kedua – Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

    o    Menyayangi ayah, ibu, kakak, dan adik.

    o    Membantu pekerjaan rumah sesuai kemampuan.

    o    Bersikap sopan santun kepada semua anggota keluarga.

    3.      Sila Ketiga – Persatuan Indonesia

    o    Hidup rukun dengan semua anggota keluarga.

    o    Bermusyawarah bila ada masalah kecil di rumah.

    o    Tidak pilih kasih pada kakak atau adik.

    4.      Sila Keempat – Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan

    o    Menghargai pendapat ayah, ibu, atau saudara.

    o    Mendengarkan saat orang lain berbicara.

    o    Ikut serta membuat keputusan keluarga secara adil, misalnya memilih tempat liburan.

    5.      Sila Kelima – Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

    o    Membagi makanan dengan adil pada semua anggota keluarga.

    o    Bergiliran menggunakan mainan atau barang bersama.

    o    Mendahulukan kepentingan bersama dibanding kepentingan sendiri.

  • Refleksi :

    Dokumentasi :













    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

     
    FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS