Materi/tanggal : Senin, 29-09-2025
Kelas : 2 C
Selamat pagi sholih sholiha bu guru kelas 2C. bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat ya😊
Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah melaksanakan sholat dhuha dan muroja'ah surat pendek.
Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
Media ajar: Video pembelajaran, buku cetak, gambar
Capaian Pembelajaran (CP):
Murid mampu bersikap menjadi pendengar yang penuh perhatian. Peserta didik menunjukkan minat pada tuturan yang didengar serta mampu memahami informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), instruksi lisan, dan percakapan yang berkaitan dengan diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Murid mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai- nilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.
Tujuan Pembelajaran (TP):
- Menjawab pertanyaan berdasarkan informasi dari teks aural atau percakapan sederhana tentang diri sendiri.
- Mengenal simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Murid dapat menyimak teks cerita pendek yang dibacakan guru dengan antusias.
- Murid dapat menjawab pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita yang didengarkan.
- Murid dapat mengetahui istilah tempat umum dan contohnya.
Murid dapat mengetahui tentang tanda-tanda peringatan di tempat umum.
- Murid didik dapat mendiskusikan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di rumah.
- Murid dapat menceritakan kembali nilai-nilai Pancasila yang telah diterapkannya dalam bentuk cerita pendek (di sekolah)
- Murid dapat membuat karya sederhana (gambar, poster) tentang nilai-nilai Pancasila.
Tempat Umum
Tanda Peringatan
Tanda segitiga kuning adalah peringatan akan bahaya, sedangkan tanda lingkaran merah dicoret adalah larangan.
Berikut ini adalah makna dari tanda peringatan tersebut.
Jangan mendorong;
Jangan membuka pintu;
Jangan memberi makan hewan;
Hati-hati lantai licin;
Hati-hati ada ayunan;
Hati-hati ombak besar;
Jangan sentuh stop kontak;
Hati-hati ketika melangkah;
Hati-hati barang panas.
Latihan soal :
1. Apa yang dimaksud dengan tempat umum?
2. Tuliskan 2 contoh tempat umum yang pernah kamu kunjungi !
3. Apakah yang dimaksud dengan tanda peringatan?
4. Gambarkan sebuah contoh tanda peringatan dan tuliskan maknanya !
Materi Pendidikan Pancasila
Menceritakan Kembali Nilai-Nilai Pancasila dalam Bentuk Cerita Pendek (Di Sekolah)
Nilai Pancasila di Sekolah
Sila 1 (Ketuhanan Yang Maha Esa): Berdoa sebelum belajar, menghormati teman yang berbeda agama.
Sila 2 (Kemanusiaan yang Adil dan Beradab): Menolong teman yang kesulitan, berbicara dengan sopan.
Sila 3 (Persatuan Indonesia): Bermain bersama tanpa membeda-bedakan teman.
Sila 4 (Kerakyatan.../Musyawarah): Bermusyawarah saat memilih ketua kelas.
Sila 5 (Keadilan Sosial...): Membagi tugas piket dengan adil, saling berbagi alat tulis.
Cara Menceritakan Kembali
Gunakan bahasa yang sederhana.
Ceritakan pengalaman nyata di sekolah.
Cerita dibuat singkat tapi jelas (3–5 paragraf pendek).
Tokoh bisa diri sendiri, teman, atau guru.
Contoh Cerita Pendek
Di sekolah, sebelum belajar kami selalu berdoa bersama. Teman-teman berbeda agama tetap saling menghormati. Saat ada teman jatuh, saya segera menolongnya. Kami juga sering bermain bersama tanpa membeda-bedakan. Saat memilih ketua kelas, kami musyawarah dan memilih dengan adil. Itulah cara kami menerapkan nilai-nilai Pancasila di sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar