Materi/tanggal : Selasa, 16-09-2025
Kelas : 2 C
Selamat pagi sholih sholiha bu guru kelas 2C. bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat ya😊
Hari ini kita akan mempelajari pengamalan sila Pancasila di rumah.
Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah melaksanakan sholat dhuha dan muroja'ah surat pendek.
Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
Media ajar: Video pembelajaran, buku cetak, gambar
Capaian Pembelajaran (CP):
Murid mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai- nilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.
Peserta didik menunjukkan pemahaman terhadap berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga.
Tujuan Pembelajaran (TP):
- Mengenal simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
- Mengenali berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Murid didik dapat mendiskusikan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di rumah.
- Murid dapat menceritakan kembali nilai-nilai Pancasila yang telah diterapkannya dalam bentuk cerita pendek (di sekolah)
- Murid dapat membuat karya sederhana (gambar, poster) tentang nilai-nilai Pancasila.
- Murid dapat mengenali berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga.
Materi Pendidikan Pancasila
Penerapan nilai-nilai Pancasila di lingkungan keluarga
Penerapan Nilai-Nilai Pancasila di Lingkungan Keluarga
1. Sila Pertama – Ketuhanan Yang Maha Esa
o Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan.
o Rajin beribadah sesuai agama masing-masing.
o Menghormati anggota keluarga yang berbeda keyakinan.
2. Sila Kedua – Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
o Menyayangi ayah, ibu, kakak, dan adik.
o Membantu pekerjaan rumah sesuai kemampuan.
o Bersikap sopan santun kepada semua anggota keluarga.
3. Sila Ketiga – Persatuan Indonesia
o Hidup rukun dengan semua anggota keluarga.
o Bermusyawarah bila ada masalah kecil di rumah.
o Tidak pilih kasih pada kakak atau adik.
4. Sila Keempat – Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
o Menghargai pendapat ayah, ibu, atau saudara.
o Mendengarkan saat orang lain berbicara.
o Ikut serta membuat keputusan keluarga secara adil, misalnya memilih tempat liburan.
5. Sila Kelima – Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
o Membagi makanan dengan adil pada semua anggota keluarga.
o Bergiliran menggunakan mainan atau barang bersama.
o Mendahulukan kepentingan bersama dibanding kepentingan sendiri.
Latihan :
Soal Menjodohkan
Pasangkan pernyataan di kolom A dengan sila Pancasila yang sesuai di kolom B!
Kolom A (Pernyataan):
Berdoa sebelum dan sesudah makan
Membantu orang tua membersihkan rumah
Rukun dengan kakak dan adik
Membagi kue kepada semua anggota keluarga secara adil
Bermusyawarah menentukan acara keluarga
Kolom B (Sila Pancasila):
A. Sila ke-1: Ketuhanan Yang Maha Esa
B. Sila ke-2: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
C. Sila ke-3: Persatuan Indonesia
D. Sila ke-4: Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
E. Sila ke-5: Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Latihan :
1. Bertanggung jawab artinya...
2. Contoh sikap bertanggung jawab di rumah adalah...
3. Contoh sikap bertanggung jawab di sekolah adalah...
4. Adil artinya...
5. Contoh sikap adil yang pernah kamu lakukan adalah...
Refleksi :
Berdasarkan pembelajaran hari ini diketahui bahwa seluruh peserta didik telah mengetahui penerapan sila Pancasila di rumah dan sikap adil.
Dokumentasi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar