Materi/tanggal : Selasa, 23-09-2025
Kelas : 2 C
Selamat pagi sholih sholiha bu guru kelas 2C. bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat ya😊
Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah melaksanakan sholat dhuha dan muroja'ah surat pendek.
Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning
Media ajar: Video pembelajaran, buku cetak, gambar
Capaian Pembelajaran (CP):
Murid mengenal bendera negara, lagu kebangsaan, simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila, dan menerapkan nilai- nilai Pancasila di lingkungan keluarga; mengenal para perumus Pancasila.
Peserta didik menunjukkan pemahaman terhadap berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga.
Tujuan Pembelajaran (TP):
- Mengenal simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila
- Mengenali berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):
- Murid didik dapat mendiskusikan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di rumah.
- Murid dapat menceritakan kembali nilai-nilai Pancasila yang telah diterapkannya dalam bentuk cerita pendek (di sekolah)
- Murid dapat membuat karya sederhana (gambar, poster) tentang nilai-nilai Pancasila.
- Murid dapat mengenali berbagai nilai antikorupsi, seperti sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, dan peduli dalam lingkungan keluarga.
Materi Pendidikan Pancasila
Menceritakan Kembali Nilai-Nilai Pancasila dalam Bentuk Cerita Pendek (Di Sekolah)
Nilai Pancasila di Sekolah
Sila 1 (Ketuhanan Yang Maha Esa): Berdoa sebelum belajar, menghormati teman yang berbeda agama.
Sila 2 (Kemanusiaan yang Adil dan Beradab): Menolong teman yang kesulitan, berbicara dengan sopan.
Sila 3 (Persatuan Indonesia): Bermain bersama tanpa membeda-bedakan teman.
Sila 4 (Kerakyatan.../Musyawarah): Bermusyawarah saat memilih ketua kelas.
Sila 5 (Keadilan Sosial...): Membagi tugas piket dengan adil, saling berbagi alat tulis.
Cara Menceritakan Kembali
Gunakan bahasa yang sederhana.
Ceritakan pengalaman nyata di sekolah.
Cerita dibuat singkat tapi jelas (3–5 paragraf pendek).
Tokoh bisa diri sendiri, teman, atau guru.
Contoh Cerita Pendek
Di sekolah, sebelum belajar kami selalu berdoa bersama. Teman-teman berbeda agama tetap saling menghormati. Saat ada teman jatuh, saya segera menolongnya. Kami juga sering bermain bersama tanpa membeda-bedakan. Saat memilih ketua kelas, kami musyawarah dan memilih dengan adil. Itulah cara kami menerapkan nilai-nilai Pancasila di sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar