Materi Ajar Senin, 10-11-2025

Minggu, 09 November 2025

 


Hari/tanggal       : Senin, 10-11-2025

Kelas : 2 C


Selamat pagi sholih sholiha bu guru kelas 2C. bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat dan semangat ya😊

Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah melaksanakan sholat dhuha dan muroja'ah surat pendek.

Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning

Media ajar: Video pembelajaran, buku cetak, gambar.



     Capaian Pembelajaran (CP) :

    1.  Murid mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Murid  mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Murid  mampu mengungkapkan perasaan dan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi. Murid  mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.

     2.  Murid mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga ; menceritakan contoh sikap mematuhi aturan di lingkungan keluarga ; dan menunjukkan perilaku mematuhi aturan di lingkungan keluarga.

     Tujuan Pembelajaran (TP)

1.      Murid dapat berbicara dengan santun menggunakan intonasi dan volume suara yang tepat sesuai situasi.

2. Mengenal aturan di lingkungan keluarga

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

1.      Murid dapat dapat menunjukkan sikap santun saat berbicara kepada teman, guru, dan orang dewasa.

2.      Murid dapat mengatur volume suara dan intonasi sesuai tempat dan lawan bicara.

3.      Murid dapat mempraktikkan berbicara santun melalui dialog, permainan peran, atau kegiatan diskusi.

4.      Murid dapat membedakan cara berbicara dalam situasi formal (misalnya : berbicara di kelas) dan informal (misalnya: berbicara dengan teman).

5. Murid dapat mengetahui penggunaan "di" sebagai kata depan dan sebagai awalan.

6. Murid mengenal aturan di rumah.

7. Murid dapat mengenal pentingnya aturan di rumah.

8.Murid dapat mengidentifikasi contoh aturan di lingkungan keluarga.

MATERI BAHASA INDONESIA

🌿 Materi Inti: Mengenal Kata Depan dan Awalan “di”

1. Konsep Dasar Bahasa

Materi ini mengajarkan dua bentuk penggunaan kata “di” yang sering membingungkan siswa, yaitu:

  • Kata depan (preposisi) → menunjukkan tempat atau posisi.
  • Awalan (prefiks) → menunjukkan kata kerja pasif.

Tujuan utama bukan hanya mengenal bentuknya, tetapi memahami makna dan fungsi kata “di” dalam konteks kalimat.

2. Kata Depan “di” (Preposisi)

Ciri-ciri:

  • Menunjukkan tempat, arah, atau posisi.
  • Ditulis terpisah dari kata berikutnya.
  • Tidak bisa diikuti oleh kata kerja.

Contoh dan makna:

Kalimat

Makna

Buku ada di meja

Menunjukkan lokasi buku

Ibu memasak di dapur

Menunjukkan tempat aktivitas

Kucing tidur di bawah kursi

Menunjukkan posisi kucing

🧠 Pemahaman mendalam:
Siswa diajak memahami bahwa “di” pada kalimat tersebut tidak bisa disambung, karena berfungsi sebagai penanda tempat, bukan pembentuk kata kerja.

3. Awalan “di-” (Prefiks)

Ciri-ciri:

  • Digunakan untuk membentuk kata kerja pasif.
  • Ditulis sambung dengan kata dasarnya.
  • Dapat disertai kata “oleh” dalam kalimat pasif.

Contoh dan makna:

Kalimat

Makna

Pintu itu dibuka ayah

Menunjukkan tindakan yang diterima oleh pintu

Surat itu dikirim Dina

Menunjukkan kegiatan yang dilakukan orang lain

Lantai disapu setiap pagi Menunjukkan

Latihan :

Buatlah kalimat sendiri menggunakan kata depan “di”!

(Tulis kalimat dengan rapi dan perhatikan huruf besar serta tanda titik.)

Contoh:

  • Aku belajar di kamar.

Sekarang, buatlah kalimatmu sendiri!







MATERI PENDIDIKAN PANCASILA


🏫 Materi: Aturan di Lingkungan Sekolah

1. Pengertian Aturan Sekolah

Aturan sekolah adalah ketentuan yang dibuat oleh pihak sekolah untuk mengatur perilaku seluruh warga sekolah agar tercipta lingkungan belajar yang tertib, aman, dan nyaman.
Aturan ini biasanya tertulis dalam tata tertib sekolah.

2. Tujuan Adanya Aturan Sekolah

  • Menumbuhkan disiplin dan tanggung jawab siswa.

  • Menciptakan suasana belajar yang kondusif.

  • Mengajarkan nilai-nilai Pancasila seperti gotong royong, keadilan, dan kedisiplinan.

  • Mencegah terjadinya pelanggaran atau tindakan yang merugikan orang lain.

3. Contoh Aturan di Sekolah

  1. Datang ke sekolah tepat waktu.

  2. Menggunakan seragam sekolah sesuai jadwal.

  3. Mengikuti pelajaran dengan tertib.

  4. Menjaga kebersihan kelas dan lingkungan sekolah.

  5. Menghormati guru dan sesama teman.

  6. Tidak membawa barang terlarang ke sekolah.

  7. Tidak melakukan kekerasan atau perundungan (bullying).

4. Nilai Pancasila yang Tercermin

  • Sila ke-1: Menghormati kebebasan beragama setiap warga sekolah.

  • Sila ke-2: Bersikap adil dan tidak semena-mena terhadap teman.

  • Sila ke-3: Menjaga persatuan dan kerja sama di lingkungan sekolah.

  • Sila ke-4: Menghargai pendapat orang lain dalam musyawarah kelas.

  • Sila ke-5: Menjaga keadilan, seperti tidak membeda-bedakan teman.

5. Manfaat Menaati Aturan Sekolah

  • Terbentuk karakter disiplin dan bertanggung jawab.

  • Lingkungan sekolah menjadi aman dan menyenangkan.

  • Siswa dapat belajar dengan tenang tanpa gangguan.

  • Menumbuhkan rasa saling menghargai antarwarga sekolah.

 Refleksi :

Berdasarkan pembelajaran hari ini diketahui bahwa seluruh peserta didik telah mampu mengetahui aturan di rumah dan di sekolah serta membuat kalimat menggunakan 'di' sebagai kata depan dan awalan.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS