Materi Ajar Kamis, 06-11-2025

Rabu, 05 November 2025

 


Hari/tanggal       : Kamis, 06-11-2025

Kelas : 2 C


Good morning sholih sholiha bu guru kelas 2C. bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat dan semangat ya😊

Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah melaksanakan sholat dhuha dan muroja'ah surat pendek.

Metode/ Model pembelajaran: Discovery Learning

Media ajar: Video pembelajaran, buku cetak, gambar.

Capaian Pembelajaran (CP):

  1. Murid mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volum dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Peserta didik mampu mengungkapkan perasaan dan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan. 

  2. Murid dapat menunjukkan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar. Contoh:

    Peserta didik dapat mengenali, meniru, dan melanjutkan pola bukan bilangan (misalnya, gambar, warna, bunyi/suara).

    📌 Tujuan Pembelajaran (TP)

  1. Murid dapat berbicara dengan santun menggunakan intonasi dan volume suara yang tepat sesuai situasi.
  2. Menunjukkan pemahaman makna simbol matematika "=" dalam suatu kalimat matematika yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20 menggunakan gambar. Contoh:



Alur Tujuan Pembelajaran (ATP):

  1. Murid dapat dapat menunjukkan sikap santun saat berbicara kepada teman, guru, dan orang dewasa.
  2.          Murid dapat mengatur volume suara dan intonasi sesuai tempat dan lawan bicara.
    Peserta didik dapat mempraktikkan berbicara santun melalui dialog, permainan peran, atau kegiatan diskusi.
  3.        Murid dapat membedakan cara berbicara dalam situasi formal (misalnya: berbicara di kelas) dan informal (misalnya: berbicara dengan teman).
  4. Murid dapat dapat mengenal makna simbol "=" sebagai tanda kesamaan atau kesetaraan.
  5.            Murid dapat menyusun dan membaca kalimat matematika dengan simbol "=" berdasarkan gambar.
  6.            Murid dapat membuat sendiri kalimat matematika setara berdasarkan gambar atau cerita.
  7.            Murid dapat memahami bahwa "=" menunjukkan dua sisi kalimat matematika yang nilainya sama.
  8.            Murid dapat menuliskan kalimat matematika yang setara menggunakan simbol "=" (dengan penjumlahan dan pengurangan).
         Materi Bahasa Indonesia


Materi Inti: Mengenal Kata Depan dan Awalan “di”

1. Konsep Dasar Bahasa

Materi ini mengajarkan dua bentuk penggunaan kata “di” yang sering membingungkan siswa, yaitu:

  • Kata depan (preposisi) → menunjukkan tempat atau posisi.
  • Awalan (prefiks) → menunjukkan kata kerja pasif.

Tujuan utama bukan hanya mengenal bentuknya, tetapi memahami makna dan fungsi kata “di” dalam konteks kalimat.

2. Kata Depan “di” (Preposisi)

Ciri-ciri:

  • Menunjukkan tempat, arah, atau posisi.
  • Ditulis terpisah dari kata berikutnya.
  • Tidak bisa diikuti oleh kata kerja.

Contoh dan makna:

Kalimat

Makna

Buku ada di meja

Menunjukkan lokasi buku

Ibu memasak di dapur

Menunjukkan tempat aktivitas

Kucing tidur di bawah kursi

Menunjukkan posisi kucing

Pemahaman mendalam:
Siswa diajak memahami bahwa “di” pada kalimat tersebut tidak bisa disambung, karena berfungsi sebagai penanda tempat, bukan pembentuk kata kerja.

3. Awalan “di-” (Prefiks)

Ciri-ciri:

  • Digunakan untuk membentuk kata kerja pasif.
  • Ditulis sambung dengan kata dasarnya.
  • Dapat disertai kata “oleh” dalam kalimat pasif.

Contoh dan makna:

Kalimat

Makna

Pintu itu dibuka ayah

Menunjukkan tindakan yang diterima oleh pintu

Surat itu dikirim Dina

Menunjukkan kegiatan yang dilakukan orang lain

Lantai disapu setiap pagi

Latihan :

  1. Buatlah satu kalimat menggunakan kata berawalan di- dari kata dasar ambil!
    Contoh: ___________

  2. Buatlah kalimat menggunakan kata berawalan di- dari kata dasar buka
    Contoh: ___________

  3. Buatlah kalimat menggunakan kata berawalan di- dari kata dasar lihat
    Contoh: ___________

  4. Buatlah kalimat menggunakan kata berawalan di- dari kata dasar buat!
    Contoh: ___________

  5. Buatlah kalimat menggunakan kata berawalan di- dari kata dasar tulis!
    Contoh: ___________


Materi Matematika


  

1. Alat ukur panjang benda

Satuan tidak baku untuk mengukur panjang adalah jengkal dan depa.
Satuan baku untuk mengukur panjang adalah penggaris, meteran dan pita meter.
Satuan ukuran pada penggaris adalah sentimeter (cm).
Saturan ukuran pada meteran ada cm dan meter (m).
100 cm = 1 m

Latihan :
1. Sebuah pita merah panjangnya 35 cm, dan pita biru panjangnya 45 cm. Berapa panjang seluruh pita?

2. 
 2. Tali Laila panjangnya 90 cm. Ia memotong tali itu sepanjang 25 cm untuk membuat gantungan. Berapa panjang tali Laila yang tersisa?
3   
        3. 300 cm = ... m
        4. 5 m = ... cm

     Refleksi :
Berdasarkan pembelajaran hari ini diketahui bahwa seluruh peserta didik telah mampu memahami penggunaan di & pengukuran panjang benda dengan alat ukur baku.

     








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS