Materi B.I & Matematika

Senin, 18 November 2024

 

Hari/tanggal       : Senin, 18-11-2024

Kelas : 2 A


Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2A. bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat dan semangat ya😊 

Alhamdulillah hari ini kita berjumpa kembali dalam keadaan sehat. Pada pertemuan sebelumnya pelajaran Bahasa Indonesia kita telah belajar pola suku kata kv-kv. Hari ini kita akan mengulang kembali materi kalimat tanya untuk persiapan SAS pekan depan.

Lalu pada pelajaran Matematika kita telah mempelajari alat ukur berat baku dan tidak baku. Hari ini kita akan mulai mempelajari satuan waktu dan alat ukurnya.

BAHASA INDONESIA

CP :

Membaca dan memirsa :
Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalnya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang diperiksa Peserta didik mampu memaknai kosakata baru.

Tujuan pembelajaran: 
  • Melalui membaca cerita, peserta didik dapat menuliskan contoh kalimat tanya apa, siapa, dimana, kapan, mengapa, bagaimana dan berapa.

Simaklah bacaan yang akan dibacakan guru.
Aturan 20-20–20
Berapa lama kalian melihat layar gawai 
setiap hari?
Terlalu lama menatap layar gawai bisa
membuat mata lelah.
Coba lakukan “Aturan 20–20–20”.
Berhentilah melihat gawai setiap 20 menit.
Carilah sesuatu yang berjarak 20 kaki dari
kalian.
Tatap benda tersebut selama 20 detik.
Dengan begitu, mata kalian bisa beristirahat.
Siapa mau mencoba?

Perhatikan bagian berwarna kuning pada bacaan
“Aturan 20-20-20” di atas.
Kalimat tanya memiliki kata tanya.
Kalimat tanya juga diakhiri dengan tanda tanya.

Berapa
Kata tanya untuk menanyakan banyak/jumlah
Berapa tahun umurmu?
Apa
Kata tanya untuk menanyakan benda/sesuatu
Apa makanan kesukaanmu?
Siapa
Kata tanya untuk menanyakan orang/pelaku 
Siapa yang mengantarmu ke sekolah?
Di mana
Kata tanya untuk menanyakan tempat
Di mana kamu tinggal?
Mengapa
Kata tanya untuk menanyakan alasan/sebab
Mengapa adikmu menangis?
Kapan
Kata tanya untuk menanyakan waktu
Kapan kamu akan naik ke kelas tiga?
Bagaimana
Kata tanya untuk menanyakan cara
Bagaimana cara membuat layang-layang?

MATEMATIKA 

CP

PENGUKURAN

Peserta didik dapat membandingkan panjang dan berat benda secara langsung, dan    membandingkan durasi waktu. Mereka dapat mengukur berat dan mengestimasi panjang benda  menggunakan satuan tidak baku. 

TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Peserta didik dapat membandingkan durasi waktu

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

1.Peserta didik dapat membandingkan durasi waktu

Metode Pembelajaran

Diskusi, tanya jawab

Media / Alat peraga

Gambar, video, jam dinding

Sumber Belajar

Buku Matematika Mediatama dan Kemendikbud kelas 2 SD, internet

Video Pembelajaran :

MATEMATIKA

Membaca dan Menentukan Tanda Waktu yang Ditunjukkan Jarum Jam 

Alat ukur baku untuk mengukur waktu adalah jam. Pada jam analog, terdapat tiga jarum jam. Jarum pendek menunjukkan jam. Jarum panjang menunjukkan menit. Jarum lainnya menunjukkan detik. Perhatikan cara membaca jam berikut! Perhatikan jarum 


Satu hari ada 24 jam. Bilangan pada jam analog hanya sampai 12. Satu jam setelah pukul dua belas dapat ditulis pukul 13.00, demikian seterusnya. Penulisan pukul 13.00 hingga pukul 24.00 menggunakan tanda waktu 24 jam. 

Perhatikan contoh berikut!

Perhatikan contoh soal berikut !
Lama Budi mandi yaitu...

Penyelesaian :
Setiap angka pada jam bernilai 5 menit. Budi masuk ke kamar mandi pukul 05.00, yaitu jarum pendek menunjuk ke angka 5 dan jarum panjang menunjuk ke angka 12.
Saat Budi selesai mandi, jarum panjang berada pada angka 3 maka dapat di hitung sebagai berikut :
3 x 5 = 5 +5 +5 = 15 menit.
05.00 + 15 menit = 05.15.
Jadi Budi selesai mandi pukul 05.15.

LATIHAN

Ceritakan empat kegiatan kalian hari ini !

kegiatan pada pagi, siang, sore, dan malam hari.

gambarkan jarum jam yang sesuai dengan cerita kalian.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS