Materi B.I dan P5

Rabu, 06 November 2024

 


Hari/tanggal       : Kamis, 07-11-2024

Kelas : 2 A

Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2A. bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat dan semangat ya😊 

Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah

B.Indonesia

CP

Membaca

Membaca kata-kata yang terdiri atas kombinasi v-kv, kv dan kvk yang sering ditemui.

TP

Membaca

Melalui latihan berulang, peserta didik dapat membaca kata yang terdiri atas kombinasi v-kv, kv dan kvk yang sering ditemui.

Metode Pembelajaran

Latihan soal, diskusi, tanya jawab

Media / Alat peraga

Televisi, gambar dan Video

Sumber Belajar

Buku B.Indonesia kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama

Video Pembelajaran :

Ringkasan Materi :

Pola Suku Kata Bahasa Indonesia

Kata dalam bahasa Indonesia ada yang hanya terdiri atas satu suku kata, seperti: ban, cat, bus, dam, fit, gir, hal, es, jas, jam, kas, las, mal, nus, ons, pos, ras, set, tas, tes, vas, wol, ya.

Kata yang terdiri atas dua suku, tiga suku, empat, bahkan tujuh suku kata pun ada, misalnya: mempertanggungjawabkan (mem-per-tang-gung-ja-wab-kan)

Satu suku kata bercirikan ada huruf vokal di dalam suku kata tersebut. Satu atau sebuah vokal dapat berdiri sebagai satu suku kata, misalnya: a-dik, su-a-tu, ma-u. Untuk memudahkan membuat "pola", huruf vokal diberi lambang (V) dan huruf konsonan diberi lambang (K). Dengan demikian pola suku kata a-dik adalah V-KVK; pola suku kata su-a-tu adalah KV-V-KV; pola suku kata ma-u adalah KV-V.

Dalam bahasa Indonesia ada sebelas pola suku kata, yaitu:

  • V                            : a-kur, ti-a-da, di-a
  • VK                         : an-cam, ber-is-tri
  •  KV                        : da-hi, ba-ju
  • KVK                      : sak-si, bak-ti
  • KKV                      : dra-ma, pra-kar-ya
  • KKVK                   : prak-tik, kon-trak
  • KVKK                   : teks-tur, teks-til
  • KKKV                   : stra-ta, stra-te-gi
  • KKKVK                : struk-tur, in-struk-si
  • KKVKK                : tri-pleks, kom-pleks
  • KVKKK                : korps

P5

AKTIFITAS 7

Merancang Konsep Penampilan (Berlatih)


Kegiatan Awal

1. Menyiapkan bahan untuk latihan

2. Pemantauan kegiatan latihan

 

Kegiatan Inti

1. Pendidik memantau proses kegiatan berlatih peserta didik.

2. Pendidik memberikan contoh serta pendampingan jika terdapat pertanyaan.

3. Selama kegiatan, pendidik ikut serta mendampingi peserta didik.

Penutup

Pendidik memberikan penguatan untuk proses latihan tari tradisional dan lagu daerah yang akan di tampilkan pada tahap gelar karya.

Refleksi :
Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan, diketahui bahwa seluruh peserta didik telah dapat mengetahui pola kalimat v-kv. Untuk pertemuan selanjutnya akan dipelajari pola kalimat kv-kv.

Dokumentasi :









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS