Hari/tanggal : Senin, 11-11-2024
Kelas : 2 A
Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2A. bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat ya😊
Alhamdulillah hari ini kita berjumpa kembali dalam keadaan sehat. Pada pertemuan sebelumnya pelajaran Bahasa Indonesia kita telah belajar pola suku kata v-kv, hari ini kita akan mempelajari pola suku kata kv-kv.
Lalu pada pelajaran Matematika kita telah mempelajari cara mengurai bangun datar. Hari ini kita akan mulai mempelajari materi baru terkait pengukuran berat yang meliputi satuan berat dan alat ukur berat baku dan tidak baku.
B.Indonesia
CP
Membaca
Membaca kata-kata yang terdiri atas kombinasi v-kv, kv dan kvk yang sering ditemui.
TP
Membaca
Melalui latihan berulang, peserta didik dapat membaca kata yang terdiri atas kombinasi v-kv, kv dan kvk yang sering ditemui.
Video Pembelajaran :
Ringkasan Materi :
Pola Suku Kata Bahasa Indonesia
Kata dalam bahasa Indonesia ada yang hanya terdiri atas satu suku kata, seperti: ban, cat, bus, dam, fit, gir, hal, es, jas, jam, kas, las, mal, nus, ons, pos, ras, set, tas, tes, vas, wol, ya.
Kata yang terdiri atas dua suku, tiga suku, empat, bahkan tujuh suku kata pun ada, misalnya: mempertanggungjawabkan (mem-per-tang-gung-ja-wab-kan)
Satu suku kata bercirikan ada huruf vokal di dalam suku kata tersebut. Satu atau sebuah vokal dapat berdiri sebagai satu suku kata, misalnya: a-dik, su-a-tu, ma-u. Untuk memudahkan membuat "pola", huruf vokal diberi lambang (V) dan huruf konsonan diberi lambang (K). Dengan demikian pola suku kata a-dik adalah V-KVK; pola suku kata su-a-tu adalah KV-V-KV; pola suku kata ma-u adalah KV-V.
Dalam bahasa Indonesia ada sebelas pola suku kata, yaitu:
- V : a-kur, ti-a-da, di-a
- VK : an-cam, ber-is-tri
- KV : da-hi, ba-ju
- KVK : sak-si, bak-ti
- KKV : dra-ma, pra-kar-ya
- KKVK : prak-tik, kon-trak
- KVKK : teks-tur, teks-til
- KKKV : stra-ta, stra-te-gi
- KKKVK : struk-tur, in-struk-si
- KKVKK : tri-pleks, kom-pleks
- KVKKK : korps
CAPAIAN PEMBELAJARAN
PENGUKURAN
Peserta didik dapat membandingkan panjang dan berat benda secara langsung, dan membandingkan durasi waktu. Mereka dapat mengukur dan mengestimasi panjang benda menggunakan satuan tidak baku.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.Peserta didik dapat alat ukur berat baku dan tidak baku dan membandingkan berat benda secara langsung.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
1.Peserta didik dapat mengetahui alat ukur berat baku dan tidak baku
2. Peserta didik dapat membandingkan berat benda secara langsung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar