Materi B.I & Matematika

Minggu, 20 Oktober 2024

 

Hari/tanggal       : Senin, 21-10-2024

Kelas : 2 A


Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2A. bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat dan semangat ya😊 

Alhamdulillah Sumatif Tengah Semester Ganjil telah kita lewati bersama, semoga ananda sekalian mendapatkan hasil yang memuaskan.

Hari ini kita akan melanjutkan pelajaran B.Indonesia dan Matematika.

Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.

Pada pembelajaran sebelumnya kita telah mempelajari kalimat fakta, masih ingatkah kalian apa yang dimaksud dengan kalimat fakta?

Kalimat Fakta adalah kalimat yang berisi peristiwa atau hal yang nyata, telah atau sedang terjadi dan dapat dibuktikan kebenarannya.

Hari ini kita akan mempelajari kalimat opini agar ananda mengetahui contoh kalimat opini dan dapat menemukan kalimat opini pada teks cerita.

BAHASA INDONESIA

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Membaca

Menjelaskan kata-kata baru pada cerita dengan menggunakan petunjuk visual. 

Bahas Bahasa 

Menuliskan kalimat opini


TUJUAN PEMBELAJARAN

Membaca

Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat menjelaskan kata-kata baru pada cerita dengan menggunakan petunjuk visual. 

Bahas Bahasa 

Melalui latihan berulang, peserta didik dapat mengetahui kalimat opini.

Metode Pembelajaran

Diskusi Kelompok

Media / Alat peraga

Gambar

Sumber Belajar

Buku Pendidikan Bahasa Indonesia kelas 2 SD Masmedia, internet.

Kalimat Fakta adalah kalimat yang berisi peristiwa atau hal yang nyata, telah atau sedang terjadi dan dapat dibuktikan kebenarannya.

Berikut adalah beberapa contoh kalimat fakta: 
1. Pak Prabowo adalah Presiden Republik Indonesia.
2. Bumi adalah planet yang ditinggali makhluk hidup. 
3. Manusia memerlukan makanan untuk hidup. 
4. Tanggal 17 Agustus 1945 merupakan hari kemerdekaan Indonesia. 
5. Bola berbentuk bulat. 

Setelah mempelajari kalimat fakta, selanjutnya kita akan mempelajari kalimat opini.
Kalimat opini adalah kalimat berisi pendapat, pandangan dan anggapan seseorang.
 Contoh kalimat opini dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari yang diutarakan individu/publik tetapi belum atau tidak ada bukti kebenaran dalam pernyataannya.

Matematika

Tujuan Pembelajaran:

  • Siswa dapat menyebutkan dan membedakan bentuk segi lima dan segi enam.
  • Siswa dapat menghitung jumlah sisi dan sudut pada segi lima dan segi enam.

Media :

  • Gambar berbagai bentuk segi lima dan segi enam 
  • Buku cetak Matematika kelas 2 Mediatama dan Kemendikbud

Kegiatan Pembelajaran:

1. Pengenalan

  • Guru memperlihatkan gambar-gambar segi lima dan segi enam.
  • Guru bertanya, "Apa yang kalian lihat pada gambar-gambar ini?"
  • Guru menjelaskan bahwa bentuk-bentuk tersebut dinamakan segi lima dan segi enam.

2. Mencari Benda di Sekitar

  • Siswa diminta mencari benda-benda di sekitar kelas yang memiliki bentuk segi lima atau segi enam.
  • Contoh: Pintu kelas, jendela, tutup botol, pensil warna, dll.

3. Menggambar Segi Lima dan Segi Enam

  • Guru memberikan kertas berwarna kepada setiap siswa.
  • Siswa diminta menggambar segi lima dan segi enam sebanyak yang mereka bisa.
  • Guru membimbing siswa dalam menggambar

4. Menghitung Sisi dan Sudut
  • Guru bersama siswa menghitung jumlah sisi dan sudut pada gambar-gambar yang telah dibuat.
  • Guru menjelaskan bahwa segi lima memiliki 5 sisi dan 5 sudut, sedangkan segi enam memiliki 6 sisi dan 6 sudut.

Latihan Soal:

1. Berapa jumlah sisi pada segi enam?
2. Berapa jumlah sudut pada segi lima?
3. Gambarkan sebuah bentuk segitiga !
4. Benda apa saja yang berbentuk segi empat?

Refleksi :
Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik telah mengetahui jumlah sisi dan sudut pada segilima dan segi enam.
Dokumentasi :




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS