Hari/tanggal : Senin, 28-10-2024
Kelas : 2 A
Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2A. bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat ya😊
Alhamdulillah hari ini kita berjumpa kembali dalam keadaan sehat. Pada pertemuan sebelumnya pelajaran Bahasa Indonesia kita telah belajar menulis cerita berdasarkan gambar ilustrasi.
Lalu pada pelajaran Matematika kita telah mempelajari cara mengurai bangun datar, maka pada hari ini kita akan mempelajari cara menyusun bangun datar agar ananda dapat mengetahui bahwa bangun datar dapat disusun membentuk bangun lainnya.
B.Indonesia
CP
Menulis
Menulis paragraf sederhana menggunakan kata kunci pada bacaan.
TP
Menulis
Melalui latihan menulis, peserta didik dapat membuat paragraf sederhana dengan menggunakan kata kunci pada bacaan.
Sebuah cerita dapat dibuat dari mengamati sebuah gambar. Cerita juga dapat dibuat dari pengalaman yang kita miliki. Pada pembelajaran hari ini kita akan belajar menulis cerita menggunakan kata kunci yang disiapkan.
Latihan :
Tulislah sebuah cerita tentang keluarga masing-masing sebanyak lima kalimat menggunakan beberapa daftar kata kunci yang bisa dipakai berikut ini : orang tua, kakak, adik, diasuh, tradisi.
Matematika
- Peserta didik dapat mengidentifikasi bangun datar sederhana (persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran).
- Peserta didik dapat menguraikan bangun datar menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.
- Peserta didik dapat menyusun kembali bagian-bagian bangun datar menjadi bentuk semula.
- Menguraikan Bangun Datar:
- Menggunakan kertas atau gambar bangun datar untuk dipotong-potong menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.
- Menjelaskan bahwa bangun datar dapat diuraikan menjadi berbagai bentuk yang berbeda-beda.
- Menyusun Kembali Bangun Datar:
- Menyusun kembali potongan-potongan bangun datar menjadi bentuk semula.
- Menjelaskan bahwa bagian-bagian bangun datar dapat disusun kembali menjadi bentuk yang utuh.
C. Kegiatan Pembelajaran
1. Ayo Mencoba
- Kegiatan:
- Guru membagikan kertas berisi sketsa sebuah benda dan bangun datar penyusunnya kepada setiap Peserta didik.
- Peserta didik diminta untuk menggunting kertas tersebut menjadi beberapa bagian kemudian menyusunnya menjadi bentuk yang sesuai dengan sketsa gambar.
- Peserta didik diminta untuk bercerita tentang bentuk-bentuk yang mereka temukan pada sketsa.
- Tujuan: Peserta didik memahami bahwa bangun datar dapat disusun menjadi berbagai bentuk benda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar