P5 & Mengulas Pelajaran B.Indonesia

Rabu, 09 Oktober 2024

 

Hari/tanggal       : Kamis, 10-10-2024

Kelas : 2 A


Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2A. bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat dan semangat ya😊 

Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.

Hari ini kita akan berlatih menari & menyanyi untuk pelajaran P5 lalu mengulas materi pelajaran B.Indonesia untuk persiapan STS.

P5

AKTIFITAS 7

Merancang Konsep Penampilan (Berlatih)

 

Kegiatan Awal

1. Menyiapkan bahan untuk latihan

2. Pemantauan kegiatan latihan

 

Kegiatan Inti

1. Pendidik memantau proses kegiatan berlatih peserta didik.

2. Pendidik memberikan contoh serta pendampingan jika terdapat pertanyaan.

3. Selama kegiatan, pendidik ikut serta mendampingi peserta didik.

Penutup

Pendidik memberikan penguatan untuk proses latihan tari tradisional dan lagu daerah yang akan di tampilkan pada tahap gelar karya.

MENGULAS MATERI BAHASA INDONESIA
Capaian Pembelajaran:
Menulis
Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis berbagai teks tentang diri, keluarga, dan/atau lingkungan dengan beberapa kalimat sederhana.

Tujuan Pembelajaran :

  • Menyimpulkan perasaan tokoh cerita.
  • Menyampaikan pendapat terhadap cerita dengan mengaitkan pesan pada cerita dengan pengalaman pribadinya.
Bacalah cerita berikut dengan cermat!

Mimi Marah










Kunci Jawaban
1. Memperbaiki
2. Mengalah
3. Lega
Lakukan kegiatan berikut ini!

Kunci Jawaban

1. Karena mereka sama-sama ingin bermain boneka.

2. Marah, sedih, menyesal, lega, senang.

3. Mimi masuk ke kamar, berteriak, lalu menangis.

4. Jawaban tergantung pendapat peserta didik.

Misal: Setuju, karena dia tidak memukul adiknya.

5. Jawaban tergantung pendapat peserta didik.

Misal: Aku akan minta maaf kepada kakakku.

dari menjawab pertanyaan di atas kita dapat menyimpulkan perasaan tokoh dari cerita di atas.

Perhatikan tabel berikut ini!

Pilihlah satu cara menenangkan diri dalam tabel di atas.  
Lalu, pilih satu cara yang tidak kalian setujui.   
Sampaikan alasan kalian.
Contoh:
Saya tidak setuju menenangkan diri dengan bersepeda karena jika 
bersepeda dengan perasaan marah, kita bisa jatuh.

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa.

TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik mampu memahami kata tanya

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
Mari kita simak video pembelajaran dibawah ini

Kata Tanya
Kalimat tanya digunakan untuk menanyakan sesuatu kepada orang lain dan mengharapkan jawaban. Kalimat tanya biasanya diawali dengan kata tanya dan diakhiri dengan tanda tanya (?). Bagaimana cara membuat kalimat tanya?

Ada beberapa kata tanya yang bisa digunakan untuk membuat sebuah kalimat tanya.
1 Siapa, digunakan untuk menanyakan nama.
Contoh:
Kalimat tanya: Siapa namamu?

2. Kapan, digunakan untuk menanyakan waktu.
Contoh:
Kalimat tanya: Kapan kamu berangkat ke sekolah?


3. Di mana, ke mana, dari mana, digunakan untuk menanyakan tempat.
Contoh:
Kalimat tanya: Di mana kamu tinggal?

4.Berapa, digunakan untuk menanyakan jumlah.
Contoh:
Kalimat tanya: Berapa jumlah kelerengmu?

5. Apa, digunakan untuk menanyakan benda atau suatu hal
Contoh:
Kalimat tanya: Apa yang kamu bawa?

6. Mengapa, digunakan untuk menanyakan sebab.
Contoh:
Kalimat tanya: Mengapa kamu terlambat ke sekolah?

Perhatikan gambar berikut!

Hari ini Dika merasa ...
A. bangga
B. kaget
C. sedih

Perhatikan gambar berikut!
Santi terlihat menangis. Dia merasa....
A. senang
B. malu
C. sedih

Perhatikan gambar berikut!
Yuri marah saat ....
A. bonekanya dirusak adik
B. menang dalam permainan.
C. mendengar suara kembang api

Perhatikan gambar berikut!
Tio senang saat....
A. kalah bermain bola
B. mendapat hadiah mainan
C. tangannya terkena batu

Soal Tentang tanda tanya

1. Kata tanya yang digunakan untuk menanyakan alasan maupun sebab dari kejadian yaitu…

A. Bagaimana
B. Apa
C. Siapa
D. Mengapa

2. Kalimat di bawah ini yang menanyakan jumlah yaitu…

A. Bagaimana caramu untuk merawat bunga agar tetap sehat?
B. Berapa ekor sapi yang ada di halaman rumahmu?
C. Mengapa kamu datang ke perpustakaan?
D. Di mana kamu menyimpan koleksi komikmu?

3. Kata tanya di bawah ini yang benar adalah ... .

A. Dimana, mengapa, mereka, siapa

B. Saya, berapa, siapa, apa

C. Apa, mengapa, siapa, dimana

4. Kata tanya selalu diakhiri dengan tanda ....

A. (.)

B. (?)

C. (!)

5. Kalimat tanya berguna untuk .... .

A. bertanya

B. berita

C. perintah











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS