Selasa, 24 Maret 2020
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : II
Tema : VII / Kebersamaan
Subtema : III / Kebersamaan di Tempat Bermain
Pembelajaran : 5 dan 6
Kompetensi Dasar
PPKn
3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.
4.3 Mengelompokkan jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.
Bahasa Indonesia
3.9 Menentukan kata sapaan dalam dongeng secara lisan dan tulis.
4.9 Menirukan kata sapaan dalam dongeng secara lisan dan tulis.
Matematika
3.7 Menjelaskan pecahan 1/2, 1/3, dan 1/4 menggunakan benda-benda konkret dalam kehidupan sehari-hari.
4.7 Menyajikan pecahan 1/2, 1/3, dan 1/4 yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret dalam kehidupan sehari-hari.
SBdP
3.1 Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi.
4.1 Membuat karya imajinatif dua dan tiga dimensi.
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mencermati gambar dan isi teks, siswa dapat memahami karakteristik teman sekolah berdasarkan agama.
2. Dengan mencermati gambar dan isi teks, siswa dapat menentukan sikap terhadap teman sekolah yang berbeda agama.
3. Dengan mencermati isi teks, siswa dapat menemukan kata sapaan dalam dongeng.
4. Dengan mencermati isi teks, siswa dapat menjelaskan penggunaan kata sapaan dalam dongeng.
5. Dengan memperhatikan gambar, siswa mampu menyatakan pecahan 1/2, 1/3, dan 1/4 sebagai bagian dari keseluruhan.
6. Dengan memperhatikan gambar, siswa mampu menyajikan pecahan 1/2, 1/3, dan 1/4 yang bersesuaian dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret.
7. Dengan penjelasan guru dan memperhatikan gambar, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri karya patung imajinatif dengan bahan alami.
8. Dengan penjelasan guru dan memperhatikan gambar, siswa mampu mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya patung imajinatif dengan bahan alami.
Materi Pembelajaran
Bermain Bola Estafet
Siti bermain bola estafet bersama teman-teman. Sebelum bermain, mereka melakukan Gerakan melempar dan menangkap bola. Siti bersama teman-temannya berolahraga. Siti bermain dengan senang gembira. Ketika bermain, Dayu jatuh. Kaki kirinya berdarah. Siti dan teman-temannya membantu. Walaupun mereka berbeda agama, tetapi saling membantu.
Siti bersama teman-temannya membawa Dayu ke ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS). Siti disambut petugas dari dokter kecil dan didampingi Ibu guru. Dayu segera diobati, kemudian siswa sebagai dokter kecil berbincang dengan Siti.
Sikap yang baik dapat diungkapkan dengan sapaan yang baik.
Bermain di Halaman Rumah
Seusai sekolah teman-teman Siti pergi ke rumah Siti. Rumah teman-teman Siti saling berdekatan. Mereka bermain di halaman. Siti dan teman-temannya bermain berburu hewan. Siswa yang berperan sebagai hewan jika terkena lemparan harus keluar area. Siti melempar bola ke arah Dayu. Kaki Dayu terkena lemparan Siti. Mereka tetap rukun walaupun memiliki banyak perbedaan.
Ada banyak jenis hewan yang dapat kita perankan saat bermain berburu hewan. Kita bisa bermain sebagai rusa, ayam hutan, kelinci, dan lain-lain. Hewan-hewan tersebut dapat kita tiru bentuknya dengan membuat patung hewan.
Membuat Patung Hewan
Alat dan bahan:
1. Tanah liat atau plastisin
2. Air
3. Sketsa hewan yang akan dibuat menjadi patung
Proses pembuatan patung:
1. Siapkan tanah liat atau plastisin.
2. Siapkan alat bantu dan air.
3. Siapkan meja putar (jika ada).
4. Siapkan gambar rancangan patung (sketsa hewan yang akan dibuat menjadi patung).
5. Tempatkan tanah liat atau plastisin di atas meja, putar sedikit demi sedikit.
6. Pijat-pijat bahan hingga mendekati bentuk yang diinginkan secara global.
7. Jika bahan kurang bisa ditambah, sebaliknya bila berlebih bisa dikurangi.
8. Sempurnakan bentuk dengan alat bantu, lalu berikan sentuhan akhir dengan pembentukan detail patung dan dihaluskan.
Tugas
1. Berilah 3 contoh sikap kepada teman yang jatuh sementara teman tersebut berbeda agama!
2. Mengucapkan kata sapaan sebaiknya dengan kata yang ….
a. Aneh
b. Sopan
c. Lucu
3. Kata sapaan yang buruk bisa membuat hati seseorang menjadi ….
a. Sedih
b. Senang
c. Gembira
4. Pak Toni menangkap seekor rusa. Seekor rusa dari kumpulan di bawah dapat dinyatakan dengan pecahan _________.
5. a. Apa saja alat dan bahan untuk membuat patung hewan?
b. Buatlah sebuah sketsa patung hewan sesuai dengan imajinasimu!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar