Tema 7 sub 2 pb 5-6

Rabu, 18 Maret 2020

18 Maret 2020
KELAS 2 TEMA 7 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 5 & 6
MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : II
Tema : 7 / Kebersamaan
Subtema : II / Kebersamaan di Sekolah
Pembelajaran : 5 dan 6
KOMPETENSI DASAR
PPKn
3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.
Matematika
3.7 Menjelaskan menggunakan benda-benda
konkret
Bahasa Indonesia
3.8 Menggali informasi dari dongeng binatang (fabel) tentang sikap hidup rukun dari teks lisan
dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mencari informasi tentang kue kesukaan dan buah kesukaan,siswa dapat
mengelompokkan teman berdasarkan kegemaran.
2. Dengan mencari informasi tentang kue kesukaan dan buah kesukaan,siswa dapat
membuat daftar tentang kegemaran siswa.
3. Dengan mencari informasi tentang kue kesukaan, siswa dapat menyajikan hasil
pengamatan tentang jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.
4. Dengan mencermati gambar serta penjelasan guru, siswa dapat menuliskan cerita
berdasarkan gambar.
5. Dengan membaca cerita atau dongeng, siswa dapat memahami isi dongeng.
Dengan membuat kreasi hiasan dari dongeng, siswa mampu menyebutkan isi dongeng 
binatang yang menggambarkan sikap hidup rukun.
6. Dengan mencermati penjelasan guru, siswa mampu menuliskan kembali dongeng binatang 
yang menggambarkan sikap hidup rukun.
7. Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyatakan bagian suatudaerah terhadap 
keseluruhan dengan pecahan (1/3).
8. Dengan membuat kreasi hiasan, siswa mampu menyatakan pecahan(1/4 ). sebagai bagian 
dari keseluruhan.
9. Dengan membuat kreasi hiasan, siswa mampu menyajikan pecahan yang bersesuaian 
dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret.
10. Dengan membuat kreasi hiasan, siswa mampu menyajikan pecahan 1/3 yang bersesuaian 
dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret.
11. Dengan membuat kreasi hiasan, siswa mampu menyajikan pecahan ¼ yang bersesuaian 
dengan bagian dari keseluruhan suatu benda konkret.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PENDAHULUAN
1. Guru bersama siswa berdo’a membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib
Nasional dan Mars Al-Azhar.
2. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiaan 
pembelajaran dilaksanakan.
INTI
1. Mendengarkan pembacaan teks “Berbeda Kesukaan”.
2. Menemukan informasi keberagaman yang ada pada teks “Berbeda Kesukaan”.
3. Menemukan informasi sikap hidup rukun yang ada pada teks.
4. Berlatih melengkapi kalimat sesuai isi bacaan.
5. Mengamati gambar pecahan.
6. Menuliskan pecahan sesuai gambar.
PENUTUP
1. Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2. Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3. Guru bersama siswa berdo’a untuk menutup pembelajaran.
SUMBER PEMBELAJARAN
 Buku Guru Tema VII Kebersamaan
 Buku Siswa Tema VII Kebersamaan
MATERI PEMBELAJARAN
Fabel  adalah cerita yang menceritakan kehidupan hewan yang berperilaku menyerupai manusia. Fabel adalah cerita fiksi atau khayalan belaka (fantasi). Kadang kala fabel memasukkan karakter minoritas berupa manusia. Cerita fabel juga sering disebut cerita moral karena mengandung pesan yang berkaitan dengan moral. Tokoh-tokoh cerita di dalam fabel semuanya binatang. Binatang tersebut diceritakan mempunyai akal, tingkah laku, dan dapat berbicara seperti manusia. Watak dan budi manusia juga digambarkan sedemikian rupa melalui tokoh binatang tersebut. Tujuan fabel adalah memberikan ajaran moral dengan menunjukkan sifat-sifat jelek manusia melalui simbol binatang-binatang. Melalui tokoh binatang, pengarang ingin mempengaruhi pembaca agar mencontoh yang baik dan tidak mencontoh yang tidak baik.

MANFAAT KEBERSAMAAN DI SEKOLAH

1. Suasana menjadi nyaman dan tenang
2. Suasana menjadi sebuah suasana yang kondusif
3. Materi yang akan diberikan oleh guru akan menjadi lebih mudah untuk dipahami
4. Tidak akan terjadi banyak kegaduhan di sekolah
5. Musyawarah akan selalu tercapai di sekolah.

Didalam sekolah, apabila terdapat sebuah suasana yang dimana nyaman maka akan sangat dibutuhkan. Hal tersebut kemudian akan dapat menciptakan sebuah manfaat yang dimana sekolah akan menjadi tempat yang menyenangkan bagi murid dan juga guru sehingga akan dapat berdampingan untuk membiasakan diri hidup rukun. Hal tersebut akan membuat kehidupan bermasyarakat menjadi sangatlah nyaman

Dari suasana yang nyaman itu, munculah sebuah manfaat kehidupan yang rukun disekolah bagi siswa dan akan membawa suasana belajar yang kondusif yang dimana kemudian ilmu yang akan diterima akan menjadi lebih memiliki manfaat termasuk itu ilmu yang baik dan akan berguna bagi semua orang.

Dalam membuat pecahan, membagi gambar harus sama besar.

Tugas :
1. Mengapa kita harus rukun terhadap teman yang berbeda suku?
2.  Berikan contoh sikap yang mencerminkan persahabatan di sekolah!
3. Berikan contoh perbuatan yang bisa merusak kerukunan di sekolah!
4. Soal Tematik Kelas 2 SD Tema 7 Subtema 2 Kebersamaan di Sekolah dan Kunci Jawaban
Bagian permen yang berwana merah pada gambar di atas dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan yaitu ….
5. Arsirlah gambar di bawah ini sehingga membentuk arsiran yang bernilai seperempat!
Soal Tematik Kelas 2 SD Tema 7 Subtema 2 Kebersamaan di Sekolah dan Kunci Jawaban


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS