Bahan Ajar Dan Materi Pembelajaran
Tema 7 Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku
Sub 3 Tanaman di Sekitarku
Hari ini udara terasa segar sekali.Tanaman hijau beraneka ragam menyejukkan
suasana.
Rumput terhampar dan daun-daun melambai
tertiup angin.
Bunga-bunga bermekaran menambah indah
pemandangan.
Tuhan menganugerahkan alam yang indah bagi kita.
Kita wajib bersyukur atas karunia-Nya.
Aneka tanaman hidup berdampingan dengan
hewan dan manusia.
Tanaman termasuk benda hidup.
Mari mengenal berbagai tanaman di sekitar kita.
Hari/Tanggal :
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran :
1. Melalui kegiatan mewawancara, siswa dapat menggali informasi tentang aturan merawat
tanaman di rumah dengan baik.
2. Setelah mewawancarai, siswa dapat menyampaikan aturan merawat tanaman di rumah secara
tertulis dengan baik.
3. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan ungkapan pemberian pujian yang terdapat pada
teks/gambar dengan benar.
4. Setelah membaca teks, siswa dapat menulis ungkapan pemberian pujian dengan benar.
5. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya ekspresi tiga dimensi teknik
kolase dengan benar.
6. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan untuk membuat karya tiga
dimensi dengan benar.
7. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan untuk
membuat karya tiga dimensi dengan benar.
8. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya tiga
dimensi dengan benar.
9. Setelah mengamati, siswa dapat membuat karya tiga dimensi sesuai objek yang telah
ditentukan dengan benar.
Materi Ajar :
1. Membaca teks tentang cara merawat tanaman
2. Tata cara merawat tanaman Mewawancarai teman tentang cara merawat tanaman
3. Berlatih menyampaikan ungkapan pujian
4. Membuat karya tiga dimensi
Ayo Membaca
Merawat Tanaman
Udin sedang membantu Ibu merawat tanaman.
Setiap sore Udin bertugas menyiram tanaman.
Udin melaksanakan tugasnya dengan senang.
Udin merawat tanaman dengan baik.
Udin menyayangi tanamannya.
Tanaman di halaman rumah Udin tumbuh subur.
Tanaman tersebut berbunga warna-warni.
Halaman rumah Udin terlihat lebih indah.
Ayo Berlatih
Perhatikan kembali gambar dan teks di atas.
Udin selalu membantu Ibu merawat tanaman.
Ibu sangat senang dan bangga dengan Udin.
Ibu sering memberikan pujian kepada Udin.
Berikut ini contoh pujian yang diberikan Ibu.
Udin juga sangat bangga terhadap Ibunya.
Ibunya sangat rajin dan pintar dalam merawat
tanaman.
Udin sering memberikan pujian kepada ibu.
Tanaman hidup dapat menambah keindahan sekitar.
Tanaman buatan dapat dijadikan hiasan.
Mari berlatih membuat tanaman dari kertas
sebagai hiasan
Siapkan alat-alat berikut terlebih dahulu.
1. Gunting
2. Kertas atau karton berwarna
3. Lem
Lakukan langkah-langkah berikut ini.
1. Gunting kertas atau karton warna sesuai
kebutuhan.
2. Lipat karton sepeti contoh.
3. Jiplak pola tanaman seperti contoh.
4. Gunting sesuai pola.
5. Lipat bagian kertas sesuai garis.
6. Cobalah membuat gambar tanaman tersebut berdiri.
Setelah berhasil, cobalah membuat pola tanaman sesuai imajinasimu.
Hari/Tanggal :
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah mengamati, siswa dapat menunjukkan ungkapan pemberian pujian dengan benar.
2. Setelah mengamati, siswa dapat menulis ungkapan pujian dengan tepat.
3. Dengan kegiatan bermain peran, siswa dapat menyampaikan ungkapan pujian secara lisan
sesuai teks dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat menjelaskan gerak dasar menekuk dan meliuk sesuai irama
(ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
Materi Ajar :
1. Bermain peran
2. Berlatih menyampaikan ungkapan pujian
3. Mengenal bagian-bagian tanaman
4. Mengenal berbagai macam daun
Perhatikan percakapan di bawah ini.
Bacalah dan lakukan percakapan bersama temanmu.
Perhatikan kembali teks percakapan tersebut.
Temukan kalimat pujian yang ada pada teks.
1. Apa ungkapan pujian yang diberikan Siti kepada Dayu?
2. Apa ungkapan pujian yang diberikan Ibu Dayu kepada Siti?
3. Apa ungkapan pujian yang diberikan ibu Dayu kepada Dayu?
4. Apa yang sebaiknya kita katakan jika ada yang memuji kita?
Kita harus memelihara tanaman di sekitar kita.
Kita harus mengenal tanaman agar dapat merawat dengan baik.
Ayo Berdiskusi
Perhatikan kembali tanaman yang ada di sekitarmu.
Tunjukkan bagian-bagian tanaman yang kamu ketahui.
Perhatikan gambar di bawah ini.
Pasangkan gambar dan tulisan dengan cara
menarik garis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar