MATERI AJAR
Kelas : II
Semester : II
Tema : VII / Kebersamaan
Subtema : III / Kebersamaan di Tempat Bermain
Pembelajaran : 2
Kompetensi Dasar
PPKn
3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.
4.3 Mengelompokkan jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.
Bahasa Indonesia
3.9 Menentukan kata sapaan dalam dongeng secara lisan dan tulis.
4.9 Menirukan kata sapaan dalam dongeng secara lisan dan tulis.
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mencermati isi teks dongeng siswa dapat memahami kata sapaan yang terdapat pada dongeng.
2. Dengan mencermati isi teks dongeng siswa dapat menulis kata sapaan yang terdapat pada dongeng.
Materi Pembelajaran
Setiap anak mempunyai ciri fisik masing-masing.
Ada anak memiliko rambut keriting.
Ada juga anak berambut lurus.
Ada anak yang memiliki mata sipit.
Ada pula anak yant bermata lebar.
Ada anak yang memiliki tubuh tinggi.
Ada juga anak bertubuh pendek.
Semua itu karunia Tuhan.
Kita harus bersyukur atas karunia Tuhan itu.
Kita tidak boleh saling mengejek karena keadaan tubuh.
Setiap anak mempunyai kekurangan dan kelebihan.
Kata sapaan adalah kata yang digunakan untuk menegur sapa orang yang diajak bicara.
Berikut ini contoh kata sapaan.
1. Nama diri, misalnya Laras dan Ino.
Contoh : Kamu kelas berapa, Ino?
2. Kata dalam kekerabatan, misalnya Bapak Ibu, Adik, atau Kakak.
Contoh : Ke mana Ibu akan pergi?
3. Gelar jabatan atau profesi, misalnya kapten, jenderal, dan dokter.
Contoh : Sakit apa yang saya derita, Dokter?
4. Kata nama pelaku, misalnya penonton, peserta, pendengar, dan hadirin.
Contoh : Selamat malam Hadirin yang terhormat.
Tugas :
Kerjakan tugas di buku latihan tema. Tulis soal, tanggal, hari, dan bissmillah.
1. Apa contoh ciri fisik yang ada pada dirimu?
2. Bagaimana caramu bersyukur atas ciri fisik yang kamu miliki?
3. Apa yang harus kamu lakukan jika memiliki ciri fisik yang berbeda dengan temanmu?
4. Buatlah sebuah kalimat menggunakan kata sapaan 'Guru' !
5. Sebutkan jenis-jenis kata sapaan!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar