Materi B.Indonesia & Matematika

Senin, 02 September 2024

  

Hari/tanggal       : Senin, 02-09-2024

Kelas : 2 A


Semangat pagi sholih sholiha bu guru kelas 2A. bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat dan semangat ya😊 

Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.

B.Indonesia

Capaian Pembelajaran :

Mengamati

Menemukenali informasi dalam sebuah grafik.

Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat menemukenali informasi melalui mengamati grafik dengan tepat.

Mengenal Grafik

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), grafik adalah penyajian informasi dalam bentuk gambar, bukan dalam bentuk teks. Grafik dapat digunakan dalam beberapa hal, termasuk juga penelitian. Dalam konteks penelitian, bisa menjadi alat untuk menggambarkan ataupun menganalisis data.

Berdasarkan grafik di atas dapat diketahui bahwa ada 2 anak menyukai olahraga berlari, 4 anak menyukai bulu tangkis, 5 anak menyukai bersepeda, 4 anak menyukai berenang dan 2 anak menyukai senam.
Garis yang mendatar menunjukkan olahraga kesukaan, sedangkan angka yg di sebelah kiri menunjukkan jumlah anak yang menyukai olahraga tersebut.
Hal ini dapat diketahui dengan cara membaca garis berwarna biru. Dimana garis tersebut berada, lihatlah bagian sebelah kiri grafik tempat angka yang sejajar dengan tinggi garis berwarna biru.


Latihan :


Matematika 

BILANGAN
Capaian Pembelajaran
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan pada bilangan cacah hingga 100 ,mereka dapat membaca menulis menentukan nilai tempat membandingkan mengurutkan serta melakukan komposisi ( menyusun) dan komposisi(mengurai) bilangan

ATP
Menyelesaikan pengurangan bilangan hingga 100 tanpa metode meminjam 
Menyelesaikan pengurangan bilangan hingga 100 dengan metode menyimpan 
TP
Peserta didik dapat menyelesaikan operasi pengurangan hingga 100 

Peserta didik dapat memahami pengurangan bersusun panjang 

Peserta didik dapat menyelesaikan pengurangan dengan cara bersusun pendek 

Peserta didik dapat menyelesaikan pengurangan dengan cara tanpa meminjam 

Peserta didik dapat menyelesaikan pengurangan dengan cara meminjam 

Setelah mempelajari penjumlahan, selanjutnya kita akan mempelajari pengurangan.
Pengurangan bilangan dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti pada gambar berikut ini :



Video Pembelajaran :


Latihan :


Refleksi/kesimpulan :
Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan hari ini, diketahui bahwa seluruh peserta didik kelas 2A telah mampu mendapatkan informasi dari grafik. Untuk pelajaran matematika, beberapa peserta didik masih kesulitan dalam mengerjakan soal pengurangan dengan cara meminjam. Oleh karena itu pada pertemuan berikutnya guru akan memberikan kembali penjelasan dan contoh soal.

Dokumentasi :













Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS