Materi Matematika, B.I, dan Seni Rupa

Rabu, 04 September 2024

 

Hari/tanggal       : Rabu, 04-09-2024

Kelas : 2 A


Selamat pagi sholih sholiha bu guru kelas 2A. bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat dan semangat ya😊 

Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.

Matematika

Matematika 

BILANGAN
Capaian Pembelajaran
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan pada bilangan cacah hingga 100 ,mereka dapat membaca menulis menentukan nilai tempat membandingkan mengurutkan serta melakukan komposisi ( menyusun) dan komposisi(mengurai) bilangan

ATP
Menyelesaikan pengurangan bilangan hingga 100 tanpa metode meminjam 
Menyelesaikan pengurangan bilangan hingga 100 dengan metode menyimpan 
TP
Peserta didik dapat menyelesaikan operasi pengurangan hingga 100 

Peserta didik dapat memahami pengurangan bersusun panjang 

Peserta didik dapat menyelesaikan pengurangan dengan cara bersusun pendek 

Peserta didik dapat menyelesaikan pengurangan dengan cara tanpa meminjam 

Peserta didik dapat menyelesaikan pengurangan dengan cara meminjam 

Setelah mempelajari penjumlahan, selanjutnya kita akan mempelajari pengurangan.
Pengurangan bilangan dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti pada gambar berikut ini :



Video Pembelajaran :



B.Indonesia

Capaian Pembelajaran :

Mengamati

Menemukenali informasi dalam sebuah grafik.

Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat menemukenali informasi melalui mengamati grafik dengan tepat.

Mengenal Grafik

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), grafik adalah penyajian informasi dalam bentuk gambar, bukan dalam bentuk teks. Grafik dapat digunakan dalam beberapa hal, termasuk juga penelitian. Dalam konteks penelitian, bisa menjadi alat untuk menggambarkan ataupun menganalisis data.

Berdasarkan grafik di atas dapat diketahui bahwa ada 2 anak menyukai olahraga berlari, 4 anak menyukai bulu tangkis, 5 anak menyukai bersepeda, 4 anak menyukai berenang dan 2 anak menyukai senam.
Garis yang mendatar menunjukkan olahraga kesukaan, sedangkan angka yg di sebelah kiri menunjukkan jumlah anak yang menyukai olahraga tersebut.

Hal ini dapat diketahui dengan cara membaca garis berwarna biru. Dimana garis tersebut berada, lihatlah bagian sebelah kiri grafik tempat angka yang sejajar dengan tinggi garis berwarna biru.

Latihan :
Buatlah grafik buah kesukaan dari hasil wawancara teman di kelasmu !

SENI RUPA


Elemen : Mengalami (Experiencing)
Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa.

Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna.

Alur Tujuan Pembeelajaran :
Melalui kegiatan mengamati lingkungan sekitar Peserta didik dapat membedakan antara benda alam dan benda buatan


Benda Alam dan Benda Buatan


1. Benda Alam:
Definisi: Benda yang ada di alam dan terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia.

Contoh: Batu, pohon, bunga, daun, sungai, dan tanah.


2. Benda Buatan:
Definisi: Benda yang dibuat atau diubah oleh manusia dengan menggunakan bahan-bahan dari alam atau teknologi.

Contoh: 
Meja, kursi, mobil, buku, dan mainan.


Kerjakanlah latihan berikut !

Refleksi/kesimpulan :
Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan, peserta didik kelas 2A telah mampu membuat grafik tentang buah kesukaan dan untuk materi benda alam benda buatan beberapa peserta didik masih sering tertukar membedakan contoh benda alam dan buatan. Oleh karena itu pada pertemuan berikutnya, guru akan mengingatkan kembali contoh benda alam dan buatan.

Dokumentasi :








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS