Materi B.I & Matematika

Senin, 30 September 2024

 

Hari/tanggal       : Senin, 30-09-2024

Kelas : 2 A


Semangat pagi sholih sholiha bu guru kelas 2A. bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat dan semangat ya😊 

Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.

B.Indonesia

CP

Membaca

Menjelaskan kata-kata baru pada cerita dengan menggunakan petunjuk visual. 

Bahas Bahasa 

Menuliskan kalimat aktif dan pasif dengan kombinasi subjek, predikat, dan objek.

TP

Membaca

Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat menjelaskan kata-kata baru pada cerita dengan menggunakan petunjuk visual. 

Bahas Bahasa 

Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan kalimat aktif dan pasif dengan kombinasi subjek, predikat, dan objek.

Metode Pembelajaran

Tanya jawab

Media / Alat peraga

Tv, Video dan gambar 

Sumber Belajar

Buku Bahasa Indonesia Kelas 2 Kemendikbud dan Masmedia

Bacalah cerita "Noken Kebanggaan Kami" di buku cetakmu dan temukan kosakata baru yang belum kamu ketahui maknanya.



Amati ilustrasi cerita di setiap halaman.
Tahukah kalian arti kata merajut, mengurai, dan memilin ?
Dapatkah kalian menebak artinya hanya dengan mengamati ilustrasi cerita dan membaca kalimat pendukung?
Berikut makna kosakata tersebut menurut KBBI:
merajut: membuat rajut
mengurai: menjadikan lepas terbuka, melonggarkan
memilin: memintal dengan jari atau telapak tangan; menjepit dengan jari, lalu memutar




Ingat kembali awalan “di-” yang telah kita pelajari pada bab sebelumnya.

Kata kerja yang diberi awalan “di-” disebut kata kerja pasif dan digunakan untuk membentuk kalimat pasif.

Kata kerja yang biasanya diberi awalan “me-” disebut kata kerja aktif dan digunakan untuk membentuk kalimat aktif.

Bacalah kembali cerita Noken Kebanggaan Kami, lalu mencari satu kalimat aktif dan satu kalimat pasif.

Matematika

Metode Pembelajaran

Diskusi, tanya jawab

Media / Alat peraga

Tv, Video dan gambar 

Sumber Belajar

Buku cetak Matematika kelas 2 Kemendikbud dan Masmedia

Tujuan Pembelajaran:

  • Peserta didik dapat menyebutkan dan mengidentifikasi berbagai macam bentuk bangun datar sederhana (persegi, persegi panjang, lingkaran, segitiga).
  • Peserta didik dapat membandingkan ukuran dan bentuk benda-benda di sekitarnya.
  • Peserta didik dapat membuat pola sederhana dengan menggunakan bangun datar.
  • Peserta didik dapat mengetahui sisi pada bangun datar.
Alat peraga: video, TV,buku pendamping 

Materi Pokok:

  • Apa itu bangun datar?
    • Bangun datar adalah bentuk yang datar dan dibatasi oleh garis lurus atau lengkung.
    • Contoh bangun datar yang dibatasi garis lurus : persegi, persegi panjang, segitiga.
    • Contoh bangun datar yang dibatasi garis lengkung : lingkaran dan oval
  • Ciri-ciri bangun datar:
    • Persegi: memiliki 4 sisi yang sama panjang dan 4 sudut siku-siku.
    • Persegi panjang: memiliki 2 pasang sisi yang sama panjang dan 4 sudut siku-siku.
    • Lingkaran: tidak memiliki sisi, tetapi memiliki satu garis lengkung yang mengelilingi titik pusat.
    • Segitiga: memiliki 3 sisi dan 3 sudut.
  • Contoh benda berbentuk bangun datar di sekitar kita:
    • Persegi: buku, kotak pensil, papan tulis
    • Persegi panjang: pintu, jendela, meja
    • Lingkaran: roda, jam dinding, bola
    • Segitiga: atap rumah, potongan pizza, spanduk segitiga



Video Pembelajaran :

Tugas :


Refleksi/kesimpulan :
Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan, diketahui bahwa sebagian besar peserta didik telah dapat membuat kalimat aktif dan pasif serta telah mengetahui bangun datar segi banyak dan bentuk lengkung. Namun, beberapa peserta didik masih kesulitan dalam mengubah kalimat aktif menjadi pasif dan menentukan suatu jenis bangun. Untuk itu pada pertemuan berikutnya guru akan kembali mengulas materi tersebut.

Dokumentasi :













Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS