Materi Ajar B.I & P5

Kamis, 26 September 2024

 

Hari/tanggal       : Kamis, 26-09-2024

Kelas : 2 A

Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2A. bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat dan semangat ya😊 

Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.

B.Indonesia

CP

Membaca

Menjelaskan kata-kata baru pada cerita dengan menggunakan petunjuk visual. 

Bahas Bahasa 

Menuliskan kalimat aktif dan pasif dengan kombinasi subjek, predikat, dan objek.

TP

Membaca

Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat menjelaskan kata-kata baru pada cerita dengan menggunakan petunjuk visual. 

Bahas Bahasa 

Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan kalimat aktif dan pasif dengan kombinasi subjek, predikat, dan objek.

Bacalah cerita "Noken Kebanggaan Kami" di buku cetakmu dan temukan kosakata baru yang belum kamu ketahui maknanya.


Amati ilustrasi cerita di setiap halaman.
Tahukah kalian arti kata merajut, mengurai, dan memilin ?
Dapatkah kalian menebak artinya hanya dengan mengamati ilustrasi cerita dan membaca kalimat pendukung?
Berikut makna kosakata tersebut menurut KBBI:
merajut: membuat rajut
mengurai: menjadikan lepas terbuka, melonggarkan
memilin: memintal dengan jari atau telapak tangan; menjepit dengan jari, lalu memutar




Ingat kembali awalan “di-” yang telah kita pelajari pada bab sebelumnya.

Kata kerja yang diberi awalan “di-” disebut kata kerja pasif dan digunakan untuk membentuk kalimat pasif.

Kata kerja yang biasanya diberi awalan “me-” disebut kata kerja aktif dan digunakan untuk membentuk kalimat aktif.

Bacalah kembali cerita Noken Kebanggaan Kami, lalu mencari satu kalimat aktif dan satu kalimat pasif.

P5

AKTIFITAS 7

Merancang Konsep Penampilan (Berlatih)

 

Kegiatan Awal

1. Menyiapkan bahan untuk latihan

2. Pemantauan kegiatan latihan

 

Kegiatan Inti

1. Pendidik memantau proses kegiatan berlatih peserta didik.

2. Pendidik memberikan contoh serta pendampingan jika terdapat pertanyaan.

3. Selama kegiatan, pendidik ikut serta mendampingi peserta didik.

Penutup

Pendidik memberikan penguatan untuk proses latihan tari tradisional dan lagu daerah yang akan di tampilkan pada tahap gelar karya.

Refleksi/kesimpulan :

Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan hari ini, sebagian besar peserta didik telah mengetahui contoh kata aktif dan pasif sedangkan sebagian kecil peserta didik masih kesulitan dalam membedakan kata kerja dengan nama tempat. Untuk pertemuan selanjutnya peserta didik akan diajak untuk mengulas lagi kata kerja aktif dan pasif.

Dokumentasi :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS