Hari/tanggal : Senin, 19-05-2025
Kelas : 2 A
Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2A 🙏 bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat dalam belajar serta beribadah.
BAHASA INDONESIA
Elemen
Membaca dan Memirsa
Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
Metode Pembelajaran :
Metode ceramah, tanya jawab, diskusi.
Media / Alat peraga
Buku Cetak B.Indonesia Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.
Analisis Data dan Peluang
Pada akhir fase A, peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data dari banyak benda dengan menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.
Metode Pembelajaran :
Metode ceramah, tanya jawab, latihan soal.
Media / Alat peraga
Buku Cetak Matematika Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.
Pengertian Piktogram
Menurut teori matematika, piktogram adalah diagram yang menggunakan gambar sebagai jumlah setiap kategori.
Piktogram ini biasanya disajikan dalam bentuk gambar atau lukisan untuk mewakili benda dengan banyak benda pada data.
Gambar yang digunakan juga harus disesuaikan dengan objek pada deskripsi untuk mewakili sejumlah objek.
Perhatikan contoh berikut ini!
Siswa kelas 2 membawa buah-buahan untuk acara makan bersama. Ada 7 buah pisang, 4 buah apel, dan 6 buah jeruk. Buatlah sebuah piktogram dari cerita ini !
Dari uraian tersebut kita dapat membuat piktogram sederhana.
Mula-mulai buatlah sebuah tabel dengan 2 kolom, kolom pertama diberi judul Nama Buah sedangkan kolom kedua diberi judul Banyak Buah.
Seperti ini hasilnya.
Latihan :
Dalam sebuah lomba mewarnai, peserta menggunakan tiga jenis warna krayon: 8 orang menggunakan krayon merah, 3 orang menggunakan krayon biru, dan 5 orang menggunakan krayon hijau.
Gambarlah sebuah piktogram dari cerita tersebut !
Refleksi :
Berdasarkan pembelajaran hari ini diketahui bahwa seluruh peserta didik telah mengetahui cara membuat diagram gambar atau piktogram dengan tepat.
Dokumentasi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar