Hari/tanggal : Rabu, 21-05-2025
Kelas : 2 A
Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2A 🙏 bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat dalam belajar serta beribadah.
BAHASA INDONESIA
Elemen
Membaca dan Memirsa
Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
Metode Pembelajaran :
Metode ceramah, tanya jawab, diskusi.
Media / Alat peraga
Buku Cetak B.Indonesia Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.
Analisis Data dan Peluang
Pada akhir fase A, peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data dari banyak benda dengan menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.
Metode Pembelajaran :
Metode ceramah, tanya jawab, latihan soal.
Media / Alat peraga
Buku Cetak Matematika Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.
Pengertian Piktogram
Menurut teori matematika, piktogram adalah diagram yang menggunakan gambar sebagai jumlah setiap kategori.
Piktogram ini biasanya disajikan dalam bentuk gambar atau lukisan untuk mewakili benda dengan banyak benda pada data.
Gambar yang digunakan juga harus disesuaikan dengan objek pada deskripsi untuk mewakili sejumlah objek.
Perhatikan contoh berikut ini!
Siswa kelas 2 membawa buah-buahan untuk acara makan bersama. Ada 7 buah pisang, 4 buah apel, dan 6 buah jeruk. Buatlah sebuah piktogram dari cerita ini !
Dari uraian tersebut kita dapat membuat piktogram sederhana.
Mula-mulai buatlah sebuah tabel dengan 2 kolom, kolom pertama diberi judul Nama Buah sedangkan kolom kedua diberi judul Banyak Buah.
Seperti ini hasilnya.
Latihan :
Dalam sebuah lomba mewarnai, peserta menggunakan tiga jenis warna krayon: 8 orang menggunakan krayon merah, 3 orang menggunakan krayon biru, dan 5 orang menggunakan krayon hijau.
Gambarlah sebuah piktogram dari cerita tersebut !
Seni Rupa
Tujuan Pembelajaran
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
Mengekspresikan pengalaman estetis dalam membentuk karya seni tiga dimensi
Menciptakan karya seni tiga dimensi
Metode Pembelajaran :
Cooperatif Learning
Materi:
Mengenal karya seni tiga dimensi
A. Mengenal karya seni tiga dimensi
Seni rupa 3 dimensi contohnya patung
Patung dapat kamu jumpai di sekitarmu
Patung dapat dilihat dari berbagai arah
Dari depan belakang dan samping
Bentuk patung ada bermacam-macam ada patung manusia hewan pohon dan benda lain
B. Alat dan bahan karya seni tiga dimensi
Bagaimana cara membuat karya 3 dimensi?
Ada alat dan bahan yang diperlukan misalnya alat pahat
Alat pahat digunakan untuk memahat kayu
Butsir
Butsir digunakan untuk mengolah tanah liat
Alat disesuaikan dengan bahan pembuatan karya menggunakan alat dan bahan perlu hati-hati.
C. Membuat karya seni tiga dimensi
Kamu dapat membuat karya dari berbagai bahan termasuk karya seni tiga dimensi kamu dapat memakai bahan yang ada di sekitar salah satunya memakai bahan plastisin
Salah satunya memakai bahan plastisin tekstur plastisin seperti tanah liat selain aman plastisin mudah dibentuk warna plastisin juga beragam
Refleksi :
Berdasarkan pembelajaran hari ini diketahui bahwa seluruh peserta didik telah dapat menyelesaikan soal terkait piktogram, brosur dan karya 3 dimensi.
Dokumentasi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar