Materi Ajar Mtk, B.I dan Seni Rupa

Selasa, 06 Mei 2025

 


Hari/tanggal       : Rabu, 07-05-2025

Kelas : 2 A


Semangat pagi sholih sholiha bu guru kelas 2A 🙏 bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat dan semangat dalam belajar dan beribadah.

Pada pelajaran B.Indonesia, kita telah selesai mempelajari kosakata baru pada teks cerita dan mengetahui teks prosedur cara membuat mobil. Hari ini kita akan mempelajari teks prosedur cara membuat layang-layang.

Pada pelajaran Matematika kita telah mempelajari piktogram.

Pada pelajaran Seni Rupa kita telah mempelajari teknik melipat kertas origami menjadi bentuk kupu-kupu. Hari ini kita akan melanjutkan belajar membuat bentuk hewan lainnya.

Sebelum belajar mari kita melaksanakan solat dhuha dan muroja'ah terlebih dahulu.

Matematika
Elemen

Analisis Data dan Peluang

Pada akhir fase A, peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data dari banyak benda dengan menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.

TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui membaca cerita peserta didik dapat membaca dan menyajikan data menggunakan piktogram atau diagram gambar.

Metode Pembelajaran :

Metode ceramah, tanya jawab, latihan soal.

Media / Alat peraga

Buku Cetak Matematika Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.

Video pembelajaran 👇

Pengertian Piktogram

Menurut teori matematika, piktogram adalah diagram yang menggunakan gambar sebagai jumlah setiap kategori. 

Piktogram ini biasanya disajikan dalam bentuk gambar atau lukisan untuk mewakili benda dengan banyak benda pada data. 

Gambar yang digunakan juga harus disesuaikan dengan objek pada deskripsi untuk mewakili sejumlah objek. 

Perhatikan contoh berikut ini!

Siswa kelas II SD Al Azhar 2 mendata warna kesukaan. Ibu Guru membuat piktogram dari data yang sudah diperoleh menjadi seperti di bawah ini !


Dari piktogram tersebut, kita menemukan data bahwa 4 siswa suka warna ungu, 2 siswa suka kuning, 1 siswa suka hitam, dan 5 siswa suka warna merah. 

Dari piktogram di atas, kita mengetahui bahwa ikon orang mewakili jumlah 1 siswa. 

BAHASA INDONESIA

Elemen

Membaca dan Memirsa

Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.


TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik dapat mengetahui teks prosedur melalui mengamati gambar dan video.

Metode Pembelajaran :

Metode ceramah, tanya jawab, diskusi.

Media / Alat peraga

Buku Cetak B.Indonesia Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.

Video pembelajaran 👇

Teks prosedur adalah teks yang berisi langkah-langkah membuat sesuatu. Infografik pembuatan eco brick pada bab sebelumnya juga merupakan contoh teks prosedur.

Tugas :
Jawablah soal di buku cetak B.Indonesia mediatama halaman 197 (kerjakan di buku cetak saja) !

SENI RUPA

Elemen
Menciptakan (Making/ Creating)

Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna.

Tujuan Pembelajaran 

peserta didik dapat mengeksplorasi alat dan bahan dasar dalamberkarya seperti kertas, alat menggambar, mewarnai, membentuk,memotong, dan merekat.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dasar dalam berkarya seperti kertas, alat menggambar, mewarnai, membentuk,memotong, dan merekat.

Metode Pembelajaran :

Cooperatif Learning

Materi:

Seni melipat origami

SENI MELIPAT ORIGAMI

Siapa yang suka melipat kertas?

Seni melipat dan membentuk kertas disebut juga sebagai Origami.

Origami adalah seni kuno dari jepang, dimana kita bisa membuat berbagai bentuk dengan hanya Melipat kertas.

Ayo kita belajar melipat dan membentuk kertas bersama-sama !

TEKNIK MELIPAT DAN MEMBENTUK KERTAS

Sebelum membuat origami, kita perlu belajar.Kita harus belajar teknik melipat terlebih dahulu.Tujuannya supaya memudahkan kita untuk membuat karya membentuk dan melipat kertas atau yang bisa kita sebut dengan Origami.

Melipat kertas lebih mudah jika mengikuti petunjuk.Berikut beberapa teknik dalam petunjuk melipat kertas.

1). Lipatan Lembah flip

2). Lipatan Gunung atau Puncak, merupakan kebalikan dari lipatan lembah


3). Lipatan The Zig-zag Flip

4). Lipatan Flip terbalik internal dan eksternal adalah bertentangan kali lipatkeluar dan kedalam menjadi lambang


5). Lipatan Ganda Terbalik yaitu lipatan Ganda dalam puncak

6). Lipatan Ganda terbalik keluar yaitu luar lipatan Ganda puncak


Tugas :
Perhatikan video berikut lalu buatlah bentuk burung memakai kertas origami !


Refleksi :
Berdasarkan pembelajaran hari ini diketahui bahwa seluruh peserta didik mengikuti pembelajaran daring dengan baik dan telah mampu menyelesaikan soal terkait teks prosedur dan membuat bentuk burung dari kertas origami.
Dokumentasi :




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS