Hari/tanggal : Rabu, 07-05-2025
Kelas : 2 A
Semangat pagi sholih sholiha bu guru kelas 2A 🙏 bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat dalam belajar dan beribadah.
Pada pelajaran B.Indonesia, kita telah selesai mempelajari kosakata baru pada teks cerita dan mengetahui teks prosedur cara membuat mobil. Hari ini kita akan mempelajari teks prosedur cara membuat layang-layang.
Pada pelajaran Matematika kita telah mempelajari piktogram.
Pada pelajaran Seni Rupa kita telah mempelajari teknik melipat kertas origami menjadi bentuk kupu-kupu. Hari ini kita akan melanjutkan belajar membuat bentuk hewan lainnya.
Sebelum belajar mari kita melaksanakan solat dhuha dan muroja'ah terlebih dahulu.
Analisis Data dan Peluang
Pada akhir fase A, peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data dari banyak benda dengan menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.
Metode Pembelajaran :
Metode ceramah, tanya jawab, latihan soal.
Media / Alat peraga
Buku Cetak Matematika Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.
Pengertian Piktogram
Menurut teori matematika, piktogram adalah diagram yang menggunakan gambar sebagai jumlah setiap kategori.
Piktogram ini biasanya disajikan dalam bentuk gambar atau lukisan untuk mewakili benda dengan banyak benda pada data.
Gambar yang digunakan juga harus disesuaikan dengan objek pada deskripsi untuk mewakili sejumlah objek.
Perhatikan contoh berikut ini!
Siswa kelas II SD Al Azhar 2 mendata warna kesukaan. Ibu Guru membuat piktogram dari data yang sudah diperoleh menjadi seperti di bawah ini !
Dari piktogram tersebut, kita menemukan data bahwa 4 siswa suka warna ungu, 2 siswa suka kuning, 1 siswa suka hitam, dan 5 siswa suka warna merah.
Dari piktogram di atas, kita mengetahui bahwa ikon orang mewakili jumlah 1 siswa.
BAHASA INDONESIA
Elemen
Membaca dan Memirsa
Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
Metode Pembelajaran :
Metode ceramah, tanya jawab, diskusi.
Media / Alat peraga
Buku Cetak B.Indonesia Kelas 2 SD Kemendikbud dan Mediatama serta internet.
Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna.
Tujuan Pembelajaran
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dasar dalam berkarya seperti kertas, alat menggambar, mewarnai, membentuk,memotong, dan merekat.
Metode Pembelajaran :
Cooperatif Learning
Materi:
Seni melipat origami
SENI MELIPAT ORIGAMI
Siapa yang suka melipat kertas?
Seni melipat dan membentuk kertas disebut juga sebagai Origami.
Origami adalah seni kuno dari jepang, dimana kita bisa membuat berbagai bentuk dengan hanya Melipat kertas.
Ayo kita belajar melipat dan membentuk kertas bersama-sama !
2). Lipatan Gunung atau Puncak, merupakan kebalikan dari lipatan lembah
4). Lipatan Flip terbalik internal dan eksternal adalah bertentangan kali lipatkeluar dan kedalam menjadi lambang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar