Hari/tanggal : Senin, 05-08-2024
Kelas : 2 A
Sumber belajar : Buku Pendidikan Matematika dan B.Indonesia kelas 2 Masmedia serta internet
Selamat pagi sholih sholiha bu guru kelas 2A. bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat ya😊
Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.
Membaca dan Memirsa
Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Peserta didik mampu mengungkapkan perasaan dan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Tujuan Pembelajaran
Membaca
Memahami kosakata baru pada tabel dengan menggunakan petunjuk visual.
Berbicara
Menjelaskan hubungan sebab akibat sederhana secara runtut.
Alur Tujuan Pembelajaran
Membaca
1.1 Melalui membaca bersama teman, peserta didik dapat mengenali kata-kata baru pada tabel dengan menggunakan petunjuk visual
Berbicara
1.2 Melalui pengamatan terhadap pengalaman diri sendiri, peserta didik dapat menyatakan pendapatnya tentang cara menenangkan diri dan memberikan argumentasi.
1.3 Melalui diskusi, peserta didik dapat menghubungkan cara menenangkan diri ketika marah dengan akibat yang akan terjadi.
Materi Pembelajaran :
Berbicara
Bilangan
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.
Peserta didik membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat mengurutkan bilangan 3 angka, cara membaca, cara menulis dan memahami makna dari nilai tempat ratusan.
Mengurutkan Bilangan Ratusan
Dalam mengurutkan bilangan ratusan, kita juga harus melihat dari angka ratusan, puluhan, dan satuannya.
Namun, perhatikan pertanyaannya, ya. Jika kita diminta mengurutkan dari kecil ke besar atau sedikit ke banyak, maka bilangan diurutkan dari yang nilainya paling kecil ke bilangan yang nilainya paling besar.
Lihat contoh di bawah ini, ya!
1. Urutkan bilangan berikut dari yang terkecil ke terbesar
122, 102, 120
Jawabannya, urutan bilangan dari yang terkecil ke terbesar adalah 102, 120, 122
2. Urutkan bilangan berikut dari yang terbesar ke terkecil
234, 228, 245
Jawabannya, urutan bilangan dari yang terbesar ke terkecil adalah 245, 234, 228
Refleksi :
Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan hari ini, kelas 2A telah memahami kosakata baru dalam teks cara menenangkan diri dan mengurutkan bangan 3 angka.
Berikut dokumentasinya :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar