Hari/tanggal : Rabu, 07-08-2024
Kelas : 2 A
Sumber belajar : Buku Matematika, B.I dan Seni Rupa kelas 2 Masmedia serta internet
Selamat pagi sholih sholiha bu guru kelas 2A. bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat ya😊
Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.
Bilangan
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.
Peserta didik membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik dapat mengurutkan bilangan 3 angka, cara membaca, cara menulis dan memahami makna dari nilai tempat ratusan.
Mengurutkan Bilangan Ratusan
Dalam mengurutkan bilangan ratusan, kita juga harus melihat dari angka ratusan, puluhan, dan satuannya.
Namun, perhatikan pertanyaannya, ya. Jika kita diminta mengurutkan dari kecil ke besar atau sedikit ke banyak, maka bilangan diurutkan dari yang nilainya paling kecil ke bilangan yang nilainya paling besar.
Lihat contoh di bawah ini, ya!
1. Urutkan bilangan berikut dari yang terkecil ke terbesar
122, 102, 120
Jawabannya, urutan bilangan dari yang terkecil ke terbesar adalah 102, 120, 122
2. Urutkan bilangan berikut dari yang terbesar ke terkecil
234, 228, 245
Jawabannya, urutan bilangan dari yang terbesar ke terkecil adalah 245, 234, 228
Membaca dan Memirsa
Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.
Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta didik mampu berbicara dengan santun tentang beragam topik yang dikenali menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu merespons dengan bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan/atau orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Peserta didik mampu mengungkapkan perasaan dan gagasan secara lisan dengan atau tanpa bantuan gambar/ilustrasi. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu isi informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri, keluarga, dan/atau lingkungan.
Tujuan Pembelajaran
Menulis
Peserta didik dapat menuliskan penyebab rasa takut dan cara mengatasinya.
Alur Tujuan Pembelajaran
Menulis
Peserta didik dapat menuliskan penyebab rasa takut dan cara mengatasinya melalui membuat peta pikiran.
Materi Pembelajaran :
Takut adalah salah satu perasaan yang mungkin sering kita rasakan. Takut dapat disebabkan karena, benda, suara, ataupun keadaan. Kita harus dapat mengetahui penyebab dari rasa takut yang kita rasakan agar dapat menemukan cara untuk mengatasinya.
Elemen : Mengalami (Experiencing)
Peserta didik memahami unsur rupa di lingkungan sekitarnya dan menyimpulkan hasil pemahaman atas dua unsur rupa.
Tujuan Pembelajaran :
Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna.
Alur Tujuan Pembeelajaran :
1. Melalui kegiatan praktikum Peserta didik mampu mengetahui warna - warna yang berasal dari alam.
Materi ajar :
WARNA
Warna adalah salah satu unsur penting dalam seni rupa yang memberikan pengaruh besar pada sebuah karya.
Dengan adanya warna, sebuah karya akan memberikan kesan yang sangat berbeda.
Bahkan pewarnaan yang tepat akan membuat sebuah karya seni rupa terlihat seperti nyata, lo.
Pemberian warna juga akan menunjukan suasana hati dan menjadi media penyampai pesan seniman pada banyak orang.
Seperti sebuah warna biru cerah, hijau cerah, hingga kuning bisa menunjukkan perasaan bahagia.
Atau ada juga warna gelap, seperti merah, biru gelap, hingga hitam menjadi simbol dari emosi sedih atau rasa takut.
Jenis - Jenis warna alam
1. Kunyit
kegunaan kunyit ini untuk menghasilkan warna kuning untuk makanan
2. Daun Jati
bahan alami ini memiliki warna yg khas yaitu warna merah
3. Daun pandan
daun pandan ini bahan pewarna alami yg memberikan warna hijau pada makanan
4. Daun suji
memberikan warna hijau
5. Tomat yang sudah Matang
memberikan warna merah alami
6.Bunga Telang
memberikan warna alami yaitu biru
7. Buah Naga
memberikan warna alami yaitu merah muda.
Refleksi :
Berdasarkan pembelajaran hari ini sebagian besar peserta didik telah memahami cara mengurutkan bilangan namun ada beberapa yang masih kesulitan menjawab latihan soal.
Seluruh peserta didik telah memahami warna alam dan penyebab serta cara mengatasi perasaan.
Berikut dokumentasinya :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar