Materi B.I & Matematika

Senin, 26 Agustus 2024

  

Hari/tanggal       : Senin, 26-08-2024

Kelas : 2 A


Semangat pagi sholih sholiha bu guru kelas 2A. bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat dan semangat ya😊 

Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.

BAHASA INDONESIA 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa.

TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik mampu memahami kata tanya

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN


Mari kita simak video pembelajaran dibawah ini




Kata Tanya
Kalimat tanya digunakan untuk menanyakan sesuatu kepada orang lain dan mengharapkan jawaban. Kalimat tanya biasanya diawali dengan kata tanya dan diakhiri dengan tanda tanya (?). Bagaimana cara membuat kalimat tanya?

Ada beberapa kata tanya yang bisa digunakan untuk membuat sebuah kalimat tanya.
1.      Siapa, digunakan untuk menanyakan nama.
Contoh:
Kalimat tanya: Siapa namamu?
2.      Kapan, digunakan untuk menanyakan waktu.

Contoh:
Kalimat tanya: Kapan kamu berangkat ke sekolah?


3.     Di mana, ke mana, dari mana, digunakan untuk menanyakan tempat.
Contoh:
Kalimat tanya: Di mana kamu tinggal?

4. Berapa, digunakan untuk menanyakan jumlah.
Contoh:
Kalimat tanya: Berapa jumlah kelerengmu?

5. Apa, digunakan untuk menanyakan benda atau suatu hal
Contoh:
Kalimat tanya: Apa yang kamu bawa?
6.      Mengapa, digunakan untuk menanyakan sebab.
Contoh:
Kalimat tanya: Mengapa kamu terlambat ke sekolah?

Matematika

Bilangan

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.

Peserta didik membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.

Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik mampu memahami dan menghitung penjumlahan dengan menggunakan bentuk puluhan

Video Pembelajaran :

penjumlahan susun panjang

Penjumlahan dapat dilakukan dengan cara pendek dan cara bersusun panjang. Dalam penjumlahan bersusun panjang, kita harus memisahkan angka berdasarkan nilai tempatnya seperti contoh di bawah ini, kemudian kita jumlahkan ke bawah sesuai dengan nilai tempatnya.

Kerjakan soal berikut :

Refleksi/asesmen :
Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan hari ini, sebagian besar peserta didik kelas 2A telah memahami cara menyelesaikan soal penjumlahan bersusun panjang namun beberapa peserta didik lainnya masih kesulitan menjawab oleh karena itu pada pertemuan selanjutnya guru akan kembali menjelaskan dan memberikan latihan soal.
Untuk pelajaran B.Indonesia hampir seluruh peserta didik telah mampu menentukan kata tanya yang tepat pada kalimat tanya, hanya
sebagian kecil peserta didik saja yang masih keliru untuk itu guru akan mengingatkan kembali materi ini pada pertemuan berikutnya.

Dokumentasi :








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS