Materi Matematika, B.Indonesia dan Seni Rupa

Rabu, 28 Agustus 2024

 

Hari/tanggal       : Rabu, 28-08-2024

Kelas : 2 A


Selamat pagi sholih sholiha bu guru kelas 2A. bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat dan semangat ya😊 

Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.

Matematika 

BILANGAN
Capaian Pembelajaran
Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan pada bilangan cacah hingga 100 ,mereka dapat membaca menulis menentukan nilai tempat membandingkan mengurutkan serta melakukan komposisi ( menyusun) dan komposisi(mengurai) bilangan

ATP
Menyelesaikan pengurangan bilangan hingga 100 tanpa metode meminjam 
Menyelesaikan pengurangan bilangan hingga 100 dengan metode menyimpan 
TP
Peserta didik dapat menyelesaikan operasi pengurangan hingga 100 

Peserta didik dapat memahami pengurangan bersusun panjang 

Peserta didik dapat menyelesaikan pengurangan dengan cara bersusun pendek 

Peserta didik dapat menyelesaikan pengurangan dengan cara tanpa meminjam 

Peserta didik dapat menyelesaikan pengurangan dengan cara meminjam 

Peserta didik dapat berkreasi membuat karya berkaitan dengan pengurangan secara mandiri.

Setelah mempelajari penjumlahan, selanjutnya kita akan mempelajari pengurangan.
Pengurangan bilangan dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti pada gambar berikut ini :


B.Indonesia

Elemen CP :

Membaca dan memirsa :
Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalnya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang diperiksa Peserta didik mampu memaknai kosakata baru.

Tujuan pembelajaran: 
  1. Peserta didik dapat membaca kata-kata yang sering ditemui sehari - hari. 
  2. Peserta didik dapat menuliskan kalimat dengan kombinasi subjek, predikat, dan objek.
 
Alur Tujuan pembelajaran:
 1. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang sering ditemui sehari - hari. 
 2. Peserta didik mampu menuliskan kalimat dengan kombinasi subjek, predikat, dan objek.

Perhatikan video pembelajaran di bawah ini

Kacamata Kadek

Kemarin Kadek memeriksakan matanya. Kata Dokter, Kadek harus memakai kacamata.
Kadek tidak mau!

Bagaimana jika teman-teman mengejeknya?
Bagaimana jika dia tidak bisa bergerak bebas?
Kadek menyimpan kacamatanya.

Namun, tulisan di papan tulis jadi susah dibaca.

Kadek juga jadi sering tersandung.
Bagaimana ini?

Kadek terpaksa memakai kacamatanya.
Wah, semua jadi terlihat lebih jelas!
Ternyata Kadek memang perlu bantuan kacamata.


Kosa kata baru


Arti kosa kata baru

1. Terpaksa ; berbuat di luar kemauan sendiri karena terdesak oleh keadaan; mau tidak mau harus; tidak boleh tidak.

2. Tersandung : anak itu jatuh ~ batu, terhalang; mendapat rintangan.


Membuat Kalimat S-P-O

Perhatikan video di bawah ini


Kalimat S-P-O

Kalimat SPO adalah kalimat yang menggunakan pola Subject-Predicate-Object (SPO)SPO adalah singkatan dari subjek (subject), predikat (predicate), dan objek (object). Dalam kalimat SPO, subjek berperan sebagai pelaku, predikat merujuk pada tindakan, dan objek adalah penerimaan dari tindakan tersebut.

Perhatikan kalimat berikut.

1) Kadek menyimpan kacamatanya.

        S            P                 O

Kerjakan soal berikut :

Seni Rupa

CP
Pada akhir fase A peserta didik mampu mengamati elemen-elemen rupa di lingkungan kesehariannya dan mengangkat pengalaman kesehariannya secara visual dan menggunakan bentuk-bentuk dasar geometris.
Peserta didik mengeksplorasi alat dan bahan dasar dalam karya seperti kertas gambar mewarnai membentuk memotong dan merekat. 
Peserta didik mampu menciptakan karya dengan mengeksplorasi dan menggunakan elemen seni rupa berupa garis bentuk dan warna
TP
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian karya 2 dimensi. 
Peserta didik dapat mengidentifikasi unsur-unsur seni rupa pada karya 2 dimensi. 
Peserta didik mengidentifikasi fungsi media alat dan bahan dalam berkarya. 
Peserta didik dapat membuat contoh karya dua dimensi 
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian karya3 dimensi 
Peserta didik dapat menyebutkan contoh-contoh karya 3 dimensi 

Ringkasan Materi 
1. Mengenal karya 2 dimensi 
Karya 2 dimensi adalah karya seni yang memiliki dua sisi dua sisi itu adalah sisi panjang dan lebar karya seni dua dimensi hanya dapat diamati dari depan 
 Contoh karya dua dimensi 
2. Unsur-unsur seni rupa dalam karya dua dimensi
Unsur-unsur itu adalah: 
a.Titik
b. Garis
c.Bentuk
d.Warna

Latihan soal :
1. Karya seni 2 dimensi adalah..
2. Karya seni 2 dimensi hanya dapat dilihat dari...
3. Contoh karya seni 2 dimensi adalah ...
4. Tuliskan macam-macam garis !
5. Tuliskan macam-macam garis lurus !

Refleksi/kesimpulan :
Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan hari ini peserta didik kelas 2A seluruhnya telah memahami materi pola kalimat SPO. Untuk materi seni rupa karya 2 dimensi, sebagian peserta didik masih kesulitan dalam menjawab soal pengertian karya 2 dimensi dan contohnya. Oleh karena itu guru akan mengulang kembali penjelasan dan memberikan contoh pada pertemuan selanjutnya.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS