Materi B.Indonesia & Matematika

Senin, 12 Agustus 2024

 

Hari/tanggal       : Senin, 12-08-2024

Kelas : 2 A

Sumber belajar : Buku Pendidikan Matematika dan B.Indonesia kelas 2 Masmedia serta internet

Selamat pagi sholih sholiha bu guru kelas 2A. bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat dan semangat ya😊 

Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.

Bahasa Indonesia

Capaian Pembelajaran :

Membaca dan Memirsa

Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pemirsa yang menunjukkan minat terhadap teks yang dibaca atau dipirsa. Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenali sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu memaknai kosakata baru dan/atau kosakata Bahasa Indonesia serapan dari bahasa daerah dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi.

Menulis

Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis berbagai teks tentang diri, keluarga, dan/atau lingkungan dengan beberapa kalimat sederhana.


Tujuan Pembelajaran :

Membaca

  • Membaca kata yang sering ditemui sehari-hari.

Menulis

  • Menuliskan huruf kapital pada unsur nama pada kalimat.
Alur Tujuan Pembelajaran :

Membaca

1.1    Melalui membaca bersama teman secara bergantian, peserta didik dapat menyebutkan kata yang sering ditemui sehari-hari.

Menulis

1.2     Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menulis huruf kapital pada unsur nama dalam penulisan kalimat.


Materi Pembelajaran:

Huruf kapital disebut juga huruf besar.



Berikut kegunaan huruf kapital, dan kerjakan latihan soal untuk hari ini !

Matematika

Bilangan

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.

Peserta didik membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.

Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat membandingkan bilangan 3 angka, cara membaca, cara menulis dan memahami makna dari nilai tempat ratusan.

Materi Ajar

Membandingkan Bilangan

Membandingkan bilangan adalah : menentukan mana jumlah yang lebih banyak dan mana jumlah yang lebisedikit (kecil).

Langkah-langkah di dalam membandingkan bilangan adalah :

1. Lihat angka ratusannya mana yang lebih besar.

2. Jika ratusannya masih sama lihat puluhannya.

3. Jika puluhannya masih sama lihat satuannya.

Lambang Perbandingan

> : lebih besar   < : lebih kecil    = : sama dengan

Contoh : Bandingkan bilangan di bawah ini dengan lebih besar (>) lebih kecil (<) atau sama dengan (=)

Jawab :

257             268

200 sama dengan 200

50 lebih kecil dari pada 60

7 lebih kecil daripada 8

Jadi : 257 lebih kecil daripada 268 atau 257 < 268.


Refleksi/kesimpulan :
Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan di kelas 2A, semua peserta didik telah memahami kegunaan huruf kapital namun pada dalam membandingkan bilangan ada beberapa peserta didik yang kesulitan dalam menjawab soal.

Berikut dokumentasinya :


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS