Materi P5 & B.Indonesia

Rabu, 21 Agustus 2024

  

Hari/tanggal       : Kamis, 22-08-2024

Kelas : 2 A


Selamat pagi sholih sholiha bu guru kelas 2A. bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat dan semangat ya😊 

Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.

BAHASA INDONESIA

Capaian Pembelajaran :

Membaca dan memirsa :
Peserta didik mampu membaca kata-kata yang dikenalnya sehari-hari dengan fasih. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang diperiksa Peserta didik mampu memaknai kosakata baru.

Tujuan pembelajaran: 

  Peserta didik dapat membaca kata-kata yang sering ditemui sehari - hari. 
  Peserta didik dapat menuliskan kalimat dengan kombinasi subjek, predikat, dan objek.
  Peserta didikdapat menceritakan sebuah kejadian secara runtut dengan bantuan gambar.

Simaklah bacaan yang akan dibacakan guru.
Aturan 20-20–20
Berapa lama kalian melihat layar gawai 
setiap hari?
Terlalu lama menatap layar gawai bisa
membuat mata lelah.
Coba lakukan “Aturan 20–20–20”.
Berhentilah melihat gawai setiap 20 menit.
Carilah sesuatu yang berjarak 20 kaki dari
kalian.
Tatap benda tersebut selama 20 detik.
Dengan begitu, mata kalian bisa beristirahat.
Siapa mau mencoba?

Perhatikan bagian berwarna kuning pada bacaan
“Aturan 20-20-20” di atas.
Kalimat tanya memiliki kata tanya.
Kalimat tanya juga diakhiri dengan tanda tanya.

Berapa
Kata tanya untuk menanyakan banyak/jumlah
Berapa tahun umurmu?
Apa
Kata tanya untuk menanyakan benda/sesuatu
Apa makanan kesukaanmu?
Siapa
Kata tanya untuk menanyakan orang/pelaku 
Siapa yang mengantarmu ke sekolah?
Di mana
Kata tanya untuk menanyakan tempat
Di mana kamu tinggal?
Mengapa
Kata tanya untuk menanyakan alasan/sebab
Mengapa adikmu menangis?
Kapan
Kata tanya untuk menanyakan waktu
Kapan kamu akan naik ke kelas tiga?
Bagaimana
Kata tanya untuk menanyakan cara
Bagaimana cara membuat layang-layang?

Bacalah cerita berikut bersama guru.
Kacamata Kadek
Kemarin Kadek memeriksakan
matanya. Kata Dokter, Kadek
harus memakai kacamata.
Kadek tidak mau!


Namun, tulisan di papan tulis
jadi susah dibaca.
Kadek juga jadi sering
tersandung.
Bagaimana ini?
adek terpaksa memakai kacamatanya.
Wah, semua jadi terlihat lebih jelas!
Ternyata Kadek memang
perlu bantuan kacamata.

Vidio Pembelajaran👇


AKTIFITAS 4

Belajar tentang Sejarah Tarian Tradisional di Indonesia

 

Dimensi           : Berkebhinekaan Global

Tujuan            : Peserta didik mampu mengetahui Sejarah tarian tradisional yang ada di Indonesia

 

Kegiatan Awal

1.   1. Menentukan Sejarah tarian tradisional yang akan ditampilkan

2.   2. Menyiapkan materi ajar mengenai tayangan video Sejarah tarian tradisional

3. Tarian Tradisional Lampung https://youtu.be/TAa-SZHp7gI?feature=shared

4. Tarian Tradisional Sumatera Barat https://youtu.be/As5r4VxqEGQ?feature=shared

5. Tarian Tradisional Jawa Timur https://youtu.be/no1xmv-9bIU?feature=shared

6. Tarian Tradisional Bali https://youtu.be/4lkGZrjKM9E?feature=shared

7. Tarian Tradisional Sumatera Selatan https://youtu.be/fX0x7-azwpA?feature=shared

8. Tarian Tradisional Sumatera Utara https://youtu.be/MOR9bo51uXU?feature=shared

 

Kegiatan Inti

1.   1. Peserta didik dikondisikan duduk dengan rapi dan tertib selama mengikuti kegiatan penyampaian materi oleh narasumber (Menyesuaikan) tentang sejarah keberagaman Tarian tradisional yang ada di Indonesia.

2.    2. Peserta didik diperintahkan untuk menyaksikan tayangan video mengenai sejarah tarian daerah.

3.   3.  Sesi tanya jawab. Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya dan mengemukakan pendapatnya mengenai tayangan video tersebut.

4.   4   Selama kegiatan, pendidik ikut serta mendampingi peserta didik.

5.   5.  Peserta didik diperintahkan untuk menulis informasi yang ia dapatkan selama kegiatan pembelajaran berlangsung.

6.   6. Pendidik memberikan umpan balik setelah kegiatan penyampaian materi.

Penutup

Pendidik memberikan gambaran untuk kegiatan pada pertemuan yang akan datang, mengenai persiapan untuk menonton tarian daerah.

Berikut adalah video nama-nama tari di Indonesia


Mari kita menyaksikan video tari yang berasal dari Lampung


Tari Bedana merupakan tari yang berasal dari provinsi Lampung

Mari kita menyaksikan video tari yang berasal dari Sumatera Barat

Tari Indang merupakan tari yang berasal dari provinsi Sumatra Barat

Setelah mempelajari tari-tarian yang ada di Indonesia, sekarang ananda dapat mengerjakan LKPD

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)

NAMA :
KELAS :

Petunjuk pengisian lembar kerja!

Silahkan mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait sejarah tarian tradisional di indonesia berdasarkan video yang sudah kalian amati.

Refleksi/Kesimpulan :

Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan, seluruh peserta didik kelas 2A telah mengetahui tarian daerah serta menemukan keunikan atau keunggulan tarian daerah tersebut. Sedangkan untuk materi kalimat tanya pelajaran B.Indonesia beberapa peserta didik masi kesulitan dalam menentukan kegunaan dari sebuah kata tanya dan contoh kalimatnya oleh karena itu pada pertemuan berikutnya guru akan kembali menjelaskan kalimat tanya disertai contohnya.

Berikut dokumentasinya :












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS