Materi Ajar B.Indonesia & Matematika

Senin, 19 Agustus 2024

 

Hari/tanggal       : Senin, 19-08-2024

Kelas : 2 A


Tabik pun sholih sholiha bu guru kelas 2A. bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat dan semangat ya😊 

Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muraja'ah.

Bahasa Indonesia

Capaian Pembelajaran :


Menulis

Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mampu mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis berbagai teks tentang diri, keluarga, dan/atau lingkungan dengan beberapa kalimat sederhana.


Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik dapat menuliskan kalimat ajakan.


Pengertian Kalimat Ajakan

Kalimat ajakan merupakan sebuah kalimat yang menyatakan ajakan kepada seseorang untuk melakukan sesuatu secara bersama-sama.

Ciri-ciri Kalimat Ajakan

- Kalimat ajakan berisi ajakan dari penutur kepada orang lain atau orang yang diajak berbicara.

- Kalimat ajakan memiliki sifat mengajak atau membujuk.

- Kalimat ajakan akan diawali dengan beberapa kata khas, seperti 'mari', 'ayo', 'yuk', dan lain sebagainya.

- Jenis kalimat ajakan akan diakhiri dengan tanda seru.

- Kalimat ajakan yang diucapkan secara lisan akan memiliki intonasi tertentu, seperti menyerukan suatu ucapan.

Contoh Kalimat Ajakan

Kata 'Ayo'

- Ayo, bersama-sama kita bersihkan ruangan ini!

- Ayo beli makan di warung yang baru buka dekat rumahmu!

- Ayo, aku antar ke halte bus terdekat!

Kata 'Mari'

- Mari makan bersama di kantin siang nanti!

- Mari kita berikan sambutan yang hangat pada tuan rumah acara hari ini!

- Mari masuk ke dalam!

Kata 'Yuk'

- Yuk, kita siapkan bahan makanan sekarang!

- Yuk, budayakan mengenakan helm saat berkendara sepeda motor!

- Yuk, budayakan buang sampak pada tempatnya!

Video Pembelajaran :


Bilangan

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100.

Peserta didik membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan.

Tujuan Pembelajaran :

Peserta didik mampu memahami dan menghitung penjumlahan dengan menggunakan bentuk puluhan

Video Pembelajaran :


Misalnya, nih, Anton sedang bermain kelereng dengan teman-temannya. Sebelum bermain, Anton udah pegang 10 kelereng. Kemudian, Anton ingin beli kelereng dulu di toko sebanyak 5 kelereng.

Kira-kira berapa kelereng yang Anton pegang? 10 kelereng + 5 kelereng= 15 kelereng. Yap, Anton punya 15 kelereng saat ini.

Anton pun berangkat bermain kelereng bersama teman-temannya. Saat bermain, tampaknya Anton kalah dari temannya dan memberikan 7 kelereng kepadanya.

Nah  sekarang berapa jumlah kelereng yang Anton miliki? 15 kelereng – 7 kelereng= 8 kelereng. Supaya mudah, Bapak/Ibu juga bisa mempraktikkannya secara langsung dengan membeli 15 kelereng. Lalu, setelah itu ambil 7 kelereng dan minta siswa untuk menghitung sisa kelerengnya.

Tugas

Kerjakan soal berikut dengan cara bersusun ke bawah!


Refleksi :
Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan peserta didik kelas 2A seluruhnya telah memahami cara penjumlahan dan telah melaksanakan sumatif harian matematika.
Berikut dokumentasinya :



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS